11 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Flek Hitam

Reporter : Sofi
Rabu, 29 Januari 2020 10:57
11 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Flek Hitam
Tahukah kamu manfaat apa saja ketika kamu menggunakan manfaat jeruk nipis untuk wajah kamu? Berikut manfaat jeruk nipis untuk wajah yang harus kamu ketahui.

Jeruk nipis dengan rasa asam, berbentuk bulan dan berwarna hijau ini mengandung banyak vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya yang bagus untuk kencantikan kulit wajah kamu. Dari berbagai produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar jeruk nipis ini, kebanyakan dari mereka bermanfaat untuk mengurangi jerawat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat jeruk nipis untuk wajah yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Madu dan Jeruk Nipis untuk Wajah

madu © Diadona

Madu dipercaya memiliki banyak manfaat yang digunakan untuk menutrisi kulit. Berikut adalah manfaat madu dan jeruk nipis untuk wajah.

Mengatasi wajah berminyak

Dengan perawatan yang salah juga malah akan menimbulkan jerawat serta wajah yang kusam. Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang di dalamnya juga terkandung asam alpha hidroksida yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Gunakan ramuan jeruk nipis dan madu ini untuk masker.

Dengan 1 sendok makan perasan jeruk nipis ditambah dengan 2 sendok madu murni yang dicampur hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah didiamkan beberapa saat bilas dengan air bersih. Selain mengurangi minyak berlebih, penggunaan ramuan ini bisa untuk mengecilkan pori-pori.

Mencegah penuaan dini

Bagi kamu yang kurang menjaga kesehatan kulit, tanpa disadari penuaan dini pun dapat terjadi. Dalam kehidupan penuh stres seperti sekarang ini, masalah penuaan dini harus diperhatikan banyak orang. Karena efek penuaan dini sangat tidak menyenangkan bagi tubuh.

Dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu dan kemudian dioleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Setelah itu keringkan dan bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan usap dengan handuk bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengusir kulit kusam

Kulit kusam dapat disebabkan karena polusi udara, bersentuhan dengan sinar matahari begitu lama, kelelahan hingga kurang istirahat atau kurang tidur. Untuk mengatasi masalah ini selain rajin cuci muka kamu juga bisa menggunakan bahan jeruk nipis dan madu. Manfaat jeruk nipis untuk wajah dan madu bisa dijadikan salah satu nutrisi kulit, agar kembali sehat dan cerah. Selain itu kandungan vitamin C pada jeruk nipis mampu dijadikan sebagai antioksidan alami sehingga tidak mudah terkena radikal bebas.

Lakukan perawatan dengan bahan ini untuk masker. Cara menggunakan kedua bahan jeruk nipis dan madu yaitu, campur 1 sendok teh perasaan jeruk nipis dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dengan lembut. Biarkan 10 menit, setelah melakukan treatment ini bilas dengan air bersih.

Menyamarkan flek hitam

Nutrisi yang terkandung dalam madu bukan hanya membuat kulit wajah bebas dari flek hitam saja. Bisa juga membuat kulit menjadi lembut. Sedangkan kandungan pada jeruk nipis dapat membuat sel kulit mati terangkat dengan baik dan flek hitam secara perlahan jadi samar.

Cara memanfaatkan jeruk nipis dan madu yakni, siapkan 3 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Campur kedua bahan hingga rata dan oleskan pada wajah. Oleskan perlahan menggunakan tangan dan diamkan sekitar 10-15 menit agar lebih meresap dalam kulit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Kamu bisa menggunakan masker ini satu kali dalam seminggu.

Untuk mengatasi jerawat

Jerawat memang sering mengganggu penampilan dan percaya diri kita, apalagi jika munculnya jerawat tersebut tak hanya satu. Nah, manfaat jeruk nipis untuk wajah yang bisa dicampur dengan madu ini untuk mengatasi jerawat. Penambahan madu pada pembuatan masker jeruk nipis ini bermaksud untuk membuat peradangan pada jerawat mereda. Madu sebagai bahan antiseptik dapat menghilangkan bakteri pada jerawat.

Cara penggunaannya yakni dua sendok perasan jeruk nipis dicampur denagan 4 sendok makan madu murni. Aduk dua bahan hingga tercampur rata kemudian oleskan pada wajah untuk masker. Tunggu hingga sekitar 30 menit agar hasil maksimal.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Flek Hitam

Ilustrasi Bintik Hitam © Diadona

Flek hitam yang ada pada wajah kita, sering kali membuat kita merasa tidak percaya diri. Dengan perawatan alami, tentunya dapat kamu dapatkan dengan mudah dan mengurangi risiko bahan kimia yang akan terjadi pada kulitmu jika digunakan. Salah satu cara alami yaitu dengan menggunakan manfaat jeruk nipis untuk wajah. Dilansir dari fimela.com yang mengutip dari laman stylecraze.com, memanfaatkan madu dan jeruk nipis sangat mudah.

Caranya, kamu hanya memerlukan 3 sdm madu murni dan 1 sdm air jeruk nipis. Campur kedua bahan sampai rata lalu oleskan sebagai masker kulit. Oleskan secara perlahan menggunakan jari tangan. Diamkan kira-kira selama 10 - 15 menit lalu bilas kulit wajah pakai air hangat. Jika sudah, keringkan kulit dengan menepuk-nepuknya pakai handuk kering.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu. Nutrisi yang terkandung dalam madu bukan hanya membuat kulit wajah bebas dari flek hitam saja. Lebih jauh, kulit wajah pun akan semakin halus dan lembut. Sementara itu, nutrisi pada jeruk nipis akan membuat sel mati pada kulit terangkat dengan baik dan flek hitam pun perlahan tersamarkan.

Tapi ingat, beberapa kulit sensitif mungkin akan merasa panas dan gatal atau iritasi dengan perawatan ini. Kandungan zat asam yang tinggi pada jeruk nipis bisa membuat kulit mengalami iritasi atau alergi. Jika terjadi alergi selama perawatan ini, hentikan perawatan dan segera cuci kulit wajah pakai air es atau kompres dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air es.

3 dari 3 halaman

Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Wajah

Ilustrasi Jeruk Nipis © Diadona

Air jeruk nipis ini berguna untuk kecantikan wajah kamu. Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang paling sering diketahui adalah untuk mencerahkan wajah kamu. Berikut adalah manfaat jeruk nipis untuk wajah yang harus kamu ketahui.

Menghilangkan dan mengobati jerawat

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang pertama adalah menghilangkan dan mengobati jerawat. Sifat antibiotik jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencampurnya dengan madu, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.

Membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam

Manfaat jeruk nipis untuk wajah lainnya adalah untuk membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam.

Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Bagi kamu yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yakni karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga, kamu bisa mengaplikasikan jeruk nipis unuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Hal ini karena manfaat jeruk nipis untuk wajah dapat menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam.

Mengencangkan kulit

Selain mencerahkan wajah, manfaat jeruk nipis untuk wajah juga dapat digunakan sebagai cara mengencangkan wajah yang alami.

Mencerahkan wajah

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaat jeruk nipis untuk wajah ini dapat mengangkat sel kulit mati inilah, dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami.

Apakah kamu sudah sering dalam menggunakan manfaat jeruk nipis untuk wajah ini? Semoga bermanfaat! 

Beri Komentar