18 Cara Membersihkan Wajah dan Menghilangkan Flek Hitam dengan Benar secara Alami

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 23 Januari 2020 13:50
18 Cara Membersihkan Wajah dan Menghilangkan Flek Hitam dengan Benar secara Alami
Mengubah sedikit cara membersihkan wajah mungkin akan merubah banyak penampilanmu.

Sebagian orang mungkin masih mengira kalau cara membersihan wajah hanya sesederhana : memercikkan air ke wajah, menggosoknya dengan sabun, membilasnya, dan selesai. Padahal, lebih dari itu lho!

Membersihkan wajah memerlukan usaha yang lebih dari itu, baik dari sisi produk maupun caranya. Pun akan spesifik tergantunng kondisi kulit setiap orang. Namun, usaha yang kamu lakukan untuk membersihkan wajah akan sebanding dengan hasil yang kamu dapatkan. Kamu nggak bakalan percaya deh wajah kamu jadi lebih kinclong cuman karena kamu mengganti produk, atau menambah beberapa langkah dalam pembersihan wajah harian kamu.

1 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

Ilustrasi Cuci Muka © Diadona

Membersihkan wajah dilakukan sebanyak dua kali sehari. Tapi yang terpenting bukan pada berapa jumlah kamu mencuci wajah, namun pada seberapa benar kamu melakukannya.

Hapus Semua Make Up Terlebih Dulu

Yang penting dan harus digaris bawahi dalam cara membersihkan wajah, yakni penghapusan make up terlebih dahulu, terutama di malam hari. Mengapa? Karena pori-pori berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh di malam hari. Stt tersumbat, maka kotoran tersebut akan ada di kulit dan menyebabkan masalah

Metode Double Cleansing

Untuk pori-pori yang tersumbat, gunakan metode double cleansing dalam cara membersihkan wajah. Sebagai langkah awal, gunakan minyak alami seperti grappesed oil, misalnya. Sesuai dengan prinsip minyak  akan menarik minyak, maka minyak di wajah kamu akan tertarik juga oleh minyak pembersih. Selain sebagai cara membersihkan wajah, pemberian minyak dan memijatnya bakalan memberikan vitamin tambahan untuk kulit.

Selain minyak tersebut, cara membersihkan wajah juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan miccellar water kok. Hapus dengan bantuan kapas yang akan dengan lembut membersihkan kotoran tanpa menarik-narik kulit.

Micellar Water

Micellar water kini telah banyak digunakan dalam salah satu tahapan cara membersihkan wajah. Merupakan air dengan molekul minyak yang bertugas menempel pada make up dan memecahkannya. Cara membersihkan wajah dengan micellar water bisa digunakan untuk mereka yang sedang tanpa make up, dan kadang cukup ampuh walau tanpa dibilas.

Jangan Gunakan Sabun Batang

Kecuali sabun batang yang memang diformulasikan khusus sebagai cara membersihkan wajah, ya! Sabun batang yang hanya untuk mandi bisa mengubah keseimbangan pH, sehingga membuat ragi dan bakteri lebih mungkin cepat tumbuh di wajah.

Selain karena ketidak tahuan, banyak orang mencuci wajah dengan sabun batang karena suka dengan sabun yang berbusa. Padahal, cara membersihkan wajah dengan sabun yang terlalu berbusa dapat menghilangkan minyak alami pada kulit.

Membuka Pori-Pori

Padahal, pori-pori bukanlah pintu dan nggak punya otot yang dapat membuka maupun menutup. Air hangat nggak bakalan bisa membuka pori-pori dan air dingin nggak bisa menutupnya kembali. Yang benar adalah, air hangat akan membantu melonggarkan semua bintik hitam yang menyumbatnya. Dan hal yang sama juga berlaku untuk penguapan wajah.

Jangan Menggosok dengan Kasar

Saat kamu menggosok kulit dengan kasar maka akan merusakan pelindung alami kulit kamu. Cara membersihkan wajah yang terbaik, yakni dengan menggunakan ujung jari, menekannya dengan lembut selama satu atau dua menit. 

Bila kamu ingin melakukan chemical peeling dalam cara membersihkan wajah dan menghapus sel-sel kulit mati, gunakan produk yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, asam laktat atau enzim buah. Usapkan di wajah dan diamkan selama kurang lebih 60- 90 menit.

Bersihkan Leher dan Rahang

Seberapa banyak kamu ingat kalau leher dan rahang juga perlu dibersihan? Kedua area tersebut juga kerap terkena kotoran atau bekas make up lho!

Akhiri dengan Penggunaan Toner

Tutup cara membersihkan wajah yang kamu lakukan dengan memberikan toner untuk menyeimbangkan kembali kondisi kulit kamu. Toner merupakan cairan berformula ringan yang akan mengatur kembali pH setelah mencuci wajah, sehingga melindungi wajah dan bakteri, dan jerawat.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Wajah secara Alami

5 Langkah Benar Untuk Membersihkan Make Up Agar Kulit Tampak Awet Muda © Diadona

Beragam produk pembersih wajah menggunakan bahan kimia yang telah disesuaikan untuk kulit kamu. Selain memilih produk yang tepat sesuai dengan kondisi kulit, gimana cara membersihkan wajah bisa kamu atur secara alami untuk memberikan hasil yang optimal.

Mencuci Tangan

Kegiatan ini masuk dalam cara membersihkan wajah yang paling awal. Ini penting karena jika tangan kamu kotor, maka bakteri dan debu akan menempel di kulit kamu. Terlebih bila kulit kamu berminyak, debu dan kotoran tersebut sangat berpotensi menimbulkan jerawat.

Mengikat Rambut

Mengikat rambut penting sebagai cara membersihkan wajah. Rambut yang menjuntai sangat mungkin membuat wajah jadi terkena bakteri atau kuman yang menempel di rambut. Gunakan ikat rambut atau bando untuk menghalangi poni menempel di area jidat atau pelipis.

Keringkan dengan Handuk Lembut

Cara membersihkan wajah nggak berhenti saat membilasnya, karena kamu harus mengeringkan wajah denagn benar. Ingat, meninggalkan air di wajah setelah membersihakkannya, nggak bikin wajah kamu jadi terhidraasi. Malahan ketika air tersebut menguap, akan membuat kulit wajah kamu jadi semakin kering.

Dalam cara membersihkan wajah, gunakan handuk yanglembut dan hati-hati waktu mengeringkan area bawah mata yang sensitif.

Jangan Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Frekuensi membersihkan wajah tergantung pada kondisi kulit masing-masing. Untuk kulit berminyak, misalnya, cara mencuci wajah yang benar yakni dengan melakukannya sebanyak dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Sedangkan dalam cara membersihkan wajah, lakukan mencuci wajah hanya satu kali sehari untuk kamu yang berkulit sensitif atau kering.

Saat kamu terallu sering membersihkan wajah, bukan nggak mungkin minyak alami akan ikut hilang. Minyak inilah yang dibutuhkan kulit bair tetap kenyal, lembab dan bersinar.

Jangan Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi memang memberikan efek halus di permukaan kulit, tapi tanpa kamu sadari juga akan bisa membuatnya jadi rentan iritasi bila dilakukan berlebihan. Cara membersihkan wajah bisa kamu lakukan dengan crub yang lembut dengan waktu tertentu, atau bila kamu melakukan peeling kimia, gunakan sesuai dengan petunjuk dan kondisi kulit kamu.

 

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Jeruk nipis kerap masuk dalam bahan-bahan yang dipercaya untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya didapat dari kandungan asam sebagai antibakteri dan vitamin C untuk agen pencerah, dan penghambat penuaan dini.

Menghilangkan Kulit Mati

Keseluruhan cara membersihkan wajah ditujukan untuk menghilangkan kotoran, minyak, sekaligus mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Dikutip dari livestrong.com, asam akan mengelupas sel kulit mati

Menghilangkan Jerawat

Sebagai cara membersihkan wajah dari jerawat, jeruk nipis memiliki kualitas seperti antisepstik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, seperti P.acnes

Untuk menggunakan jeruk nipis sebagai cara membersihkan wajah, larutkan satu bagian dengan air jeruk nipis dengan satu bagian air. Lalu, celupkan kapas ke larutan tersebut dan sapukan ke wajah yang berjerawat. Lakukan cara membersihkan wajah dengan jeruk nipis ini sebanyak dua kali sehari sampai noda jerawat menghilang.

Cara membersihkan wajah dengan jeruk nipis seringa dianggap ampuh karena alami, dan menghindari kondisi basa pada produk kecantikan. Namun sama seperti basa, jeruk nipis punya sifat sangat asam dan rentan membuat kulit teriritasi.

Jadi, dalam cara membersihkan wajah dengan jeruk nipis, usahakan untuk mengencerkannya agar tidak terlalu asam untuk kulit, gunakan sesekali dan hentikan saat kulit mulai teriritasi.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Flek Hitam di Wajah

Flek hitam bekas jerawat munculk akibat peradangan selama proses jerawat terbentuk. Flek tersebut biasanya susah dihilangkan dan membaut warna kulit tidak merata. Cara membersihkan flek hitam di wajah yang harus kamu lakukan dengan konsisten untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Vitamin C

Dalam cara membersihakn flek hitam di wajah, vitamin C telah terbukti dapat menurunkan pembentukan melanin yang jadi pemicu flek hitam. Kamu nggak pelru ribet mengambil ekstrak dari buah alami. Cukup gunakan kosmetik yang memang telah diformulasikan dengan bahan ini.

Chemical Peeling

Saat melakukan peeling sebagai cara membersihkan flek hitam bekas jerawat, kamu akan mengangkat sel-sel kulit lapisan luar yang sudah mati atau rusak dan menggantinya dengan lapisan kulit baru yang sehat dan bersih. Metode ini dianggap lebih baik daripada peeling fisik karena tidak lebih rentan terjadi iritasi.

Laser

Mau cara membersihkan flek hitam di wajah dengan cepat? Kamu bisa menggunakan metode laser wajah. Dengan perawatan laser, flek hitam di wajah akan langsung 'dibakar' tepat di titik, tanpa harus merusak kulit sehat di sekelilingnya. 

 

   

Beri Komentar