Padahal Jarang Terpapar Sinar Matahari, Kenapa Muncul Flek Hitam ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 6 Juni 2020 14:25
Padahal Jarang Terpapar Sinar Matahari, Kenapa Muncul Flek Hitam ya?
Nggak cuma sinar uv dari matahari, flek hitam juga bisa disebabkan karena faktor lain lho.

Memiliki wajah yang sehat dan bersih merupakan idaman setiap orang. Namun tentu saja, ada berbagai permasalahan kulit yang datang silih berganti. Salah satunya adalah flek hitam atau hiperpigmentasi.

Secara umum, flek hitam muncul karena adanya paparan sinar matahari berlebih dan kulit tidak diberi perlindungan berupa sunscreen. Namun ternyata, matahari bukan satu-satunya penyebab munculnya flek hitam ini lho.

Bagi kamu yang tidak banyak terpapar sinar matahari pasti bertanya-tanya, kenapa muncul flek hitam sih?

Dilansir dari halodoc.com, sebenarnya munculnya flek hitam ini terjadi akibat kulit menghasilkan lebih banyak melanin dibanding biasanya. Melanin sendiri berfungsi untuk memberi warna pada are mata, kulit serta rambut. Nah adanya peningkatan produksi melanin ini bisa disebabkan beberapa hal, selain dari sinar matahari.

1 dari 6 halaman

1. Usia

Flek Hitam pada KulitFlek Hitam pada Kulit © healthline.com


Semakin bertambahnya usia, ini akan membuat produksi kolagen yang ada di kulit jadi berkurang. Akibatnya, kekenyalan dan elastisitas dari kulit jadi berkurang.

Kondisi ini membuat kulit rentan terhadap munculnya bintik-bintik gelap dan sel-sel rusak. Munculnya flek hitam di usia lanjut disebut juga lentigine merupakan hal yang terbilang normal.

2 dari 6 halaman

Peradangan


Adanya cedera pada kulit seperti jerawat, eksim, reaksi alergi atau kondisi kulit lainnya juga dapat menyisakan bintik hitam. Akibatnya hal ini akan meninggalkan noda pada kulit seperti flek hitam.

 

3 dari 6 halaman

Faktor Genetik

Ilustrasi Perawatan Wajah WanitaIlustrasi Perawatan Wajah Wanita © 2020 https://www.diadona.id


Pigmentasi yang ada pada kulit juga dapat disebebkan karena faktorgenetik. Menurut penelitian, faktor keturunan ini mempengaruhi sebanyak 20 hingga 70 % kondisi kulit.

4 dari 6 halaman

Ketidakseimbangan Hormon


Beberapa hormon juga dapat menjadi penyebab flek hitam, misalnya seperti hormon esterogen, progesteron dan juga melanin. Adanya ketidakseimbangan hprmon ini biasanya terjadi pada ibu hamil terutama ketika memasuki trimester ketiga dalam kehamilan.

5 dari 6 halaman

Kurang Asupan Vitamin

Ilustrasi Makanan Vitamin B12Ilustrasi Makanan Vitamin B12 © 2020 https://www.diadona.id


Vitamin jadi salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan kulit. Ketika tubuh kekurangan vitamin, maka lebih memungkinkan munculnya flek hitam di kulit. 
Pastikan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12, vitamin K, dan vitamin E agar menghindarkan kulit dari flek hitam.

6 dari 6 halaman

Kosmetik


Penggunaan kosmetik secara terus menerus tanpa istirahat juga bisa meningkatkan resiko munculnya flek hitam di kulit. Bahan kimia tertentu yang ada pada kosmetik dapat memicu adanya melanocyte. Hal ini memicu adanya produksi melanin berebihan.

Nggak cuma itu, beberapa bahan kosmetik juga dapat memicu adanya fotosensitivitas, yang dapat membuat kulit wajah jadi lebih sensitif terhadap sinarmatahari meskipun berada dalam ruangan.

Karena itu, segera hapus makeup jika sudah tidak diperlukan ya. Untuk menjaga kesehatan kulit, ia juga perlu bernafas tanpa adanya makeup.

Nah jadi, hal-hal diatas dapat menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah selain sinar matahari. Rawat kulitmu dengan baik-baik ya!

Beri Komentar