8 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dan Flek Hitam secara Alami dengan Minyak Zaitun

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 13 Februari 2020 16:11
8 Cara Menghilangkan Minyak di Wajah dan Flek Hitam secara Alami dengan Minyak Zaitun
Kulit yang berminyak tipis terlihat glowing, tapi kalau jumlahnya berlebih malah juga nggak oke kan sist. Belum lagi masalah dengan jerawat dan komeda yang ikutan nongol.


Kulit berminyak merupakan hasil dari produksi berlebihan sebum dari kelenjar sebaceous. Kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit.

Dari healthline.com, sebum tersebut nggak buruk karena membantu melindungi kulit, plus menjaga rambut biar tetap berkilau nan sehat. Tapi jumlahnya yang berlebih bikin wajah jadi berminyak.

Minyak ini lah yang bikin kulit jadi berminyak, dan lebih lanjut bikin wajah jadi tersumbat dan jerawat. Genetika, perubahan hormon, atau bahkan stres dapat meningkatkan produksi sebum.

Biar nggak jadi masalah, kenali dulu gimana cara menghilangkan minyak di wajah berikut.

1 dari 3 halaman

Cara Alami Menghilangkan Minyak di Wajah

Ilustrasi Cuci Muka © Diadona

Kamu nggak bisa mengatur sebum untuk memproduksi minyak seberapa banyak. Tapi ad banyak cara menghilangkan minyak di wajah secara alami yang bisa kamu lakukan tanpa perlu perawatan yang mahal. Apa sjaa? Yuk simak rekomendasi cara menghilangkan minyak di wajah dari Diadona di bawah ini

Cuci Muka

Terdengar sederhana? Ya, padahal memang itulah yang penting untuk dasar cara menghilangkan minyak di wajah. Untuk kamu yang punya wajah berminyak, wajib banget mencuci wajah miniaml dua kali sehari dengan pembersih yang memang dikhususkan untuk tipe wajah kamu.

Tapi, jangan berlebihan yaa. Pakai sabun yang lembut seperti sabun gliserin.

Kertas MinyakKamu pasti tahu deh bagaimana bentuk dan fungsi kertas ini. Memang sih meski sebagai cara menghilangkan minyak di wajah, kertas ini nggak bisa mencegah kelenjar sebaceous untuk menghasilkan minyak. Kertas ini banyak terdapat di toko, murah,d an kamu bsia mendapatkannya tanpa harus melalui resep dokter.

Madu

Karena sifat antibiotik dan antibakterinya, madu bisa sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Nggak cuman bikin minyak hilang, madu ini juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak. Ini karena humektan menarik kelembapan dari kulit tanpa menggantinya.

Untuk menggunakan madu sebagai cara menghilangkan minyak di wajah, kamu cukup menggunakannya sebagai masker, biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

ilustrasi masker wajah © Diadona

Clay Mask

Nah, produk kecantikan ini memang udah terkenal banget sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Ini karena masker ini bisa sangat menyerap minyak.

Kamu bisa mendapatkan masker ini di banyak toko kosmetik. Untuk membuatas clay mask ini, lakukan langkah berikut:

  • Tambahkan air yang disaring atau air mawar ke sekitar satu sendok teh masker hingga membentuk konsistensi seperti puding.
  • Oleskan campuran tanah liat ke wajah Anda dan biarkan sampai kering.
  • Buang tanah liat dengan air hangat dan keringkan.

Oatmeal

Inget nggak visualisasi iklan oatmeal yang dapat menyerap minyak? Meski itu bukan menggambarkan cara kerjanya di tubuh kita, namun oatmeal memang bisa sebagai cara menghilangkan minyak di wajah.

Nggak cuman itu, oatmeal juga membantu menenangkan kulit yang meradang dan pengelupasan kulit mati. Saat digunakan dalam masker wajah sebagai cara menghilangkan minyak di wajah, oatmeal biasanya ditumbuk.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah secara Alami

Ilustrasi Aspirin Dan Jus Lemon © Diadona

Cara menghilangkan minyak di wajah dengan bahan-bahan alami emang penyelamat banget saat kamu sedang bokek atau yangpunyakulit sensitif.

Putih Telur atau Lemon

Putih telur dan lemon bisa banget sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Nggak cuman itu, kedua bahan tersebut dianggap mengencangkan pori-pori. Ditambah, asam dalam lemon dan buah jeruk lainnya dapat membantu menyerap minyak.

Untuk membuat masker lemon dan putih telur sebagai cara menghilangkan minyak di wajah, lakukan langkah berikut:

  • Campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh jus lemon segar.
  • Oleskan ke wajah, dan biarkan sampai masker mengering.
  • Angkat dengan air hangat, dan keringkan.

Almond

Enak dibikin camilan, kacang almond juga sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Selain itu kacang almond juga bekerja untuk pengelupasan kulit.

Untuk menggunakan almond sebagai cara menghilangkan minyak di wajah, lakukan langkah berikut:
Giling almond mentah hingga menjadi 3 sendok teh.
Tambahkan 2 sendok makan madu mentah.
Oleskan ke wajah Anda dengan lembut, dalam gerakan memutar.
Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Ilustrasi Lidah Buaya © Diadona

Lidah Buaya

Seperti biasa, tanaman satu ini memang banyak sekali gunanya. Ada bukti ilmiah yang mendukung lidah buaya sebagai cara menghilangkan minyak di wajah, juga merawat kulit yang bersisik karena minyak.

Tomat

Karena sifat astrigennya, tomat membantu mengurangi kelebihan sebum pada permukaan kulit sehingga bisa banget sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Kulit akan terhindar dari komedo dan masalah lainnya.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Minyak Zaitun

Ilustrasi Minyak Zaitun © Diadona

Budaya kuno telah menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan kecantikan, misalnya untuk pelembab dan pelindung rambut dan juga kulit. Sebagai obat tradisional. Sampai hari ini pun prakterk tardisional ini masih berlangsung, dan banyak ditemukan kandungannya dalam berbagai produk kecantikan komersil terkini.

Manfaatnya nggak cuman didapat dari sifat dasar sebagai minyak, namun juga kandungan antioksidan dan vitamin yang baik untuk kulit. Masalahnya, belum diketahui secara pasti gimana tersedianya komponen tersebut untuk kulit.

Lalu bisa nggak sih minyak zaitun sebagai cara menghilangkan minyak di wajah dan flek hitam?

Realitanya, nggak bisa demikian. Perubahan warna akibat hiperpigmentasi pasca inflamai nggak bsia pudar cuman dengan menggosokkan minyak zaitun. Mengapa? Karena minyak zaitun tidak mudah diserap oleh kulit.

Hal yang sama juga berlaku untuk bekas luka bopeng. Minyak zaitun nggak bisa merombak kulit dan tidak dapat menyebabkannya merombak dan membangun kembali sendiri ketika ada jaringan kulit yang hilang. Ingat yah, minyak zaitun tidak diserap dengan baik.

Beberapa penelian menyebut, minyak dapat secara cara menghilangkan minyak di wajah karena prinsip kepolaritasannya. Ingat kan kalau minyak nggak bsia hilang dengan air dan akan menempel dengan minyak itu sendiri. Makanya, digunakan minyak untuk mengangkat minyak, dan zaitun lah salahs atunya.

Sayangny, fakta nggak seindah itu. Kadang minyak zaitun bisa mengambil seluruh minyak di wajah yang pada akhirnya membuat kulit lebih banyak memproduksi minyak. Sedangkan ini berbeda dengan penggunaan cleansing oil sebagai cara menghilangkan minyak di wajah. Mengapa? Karena bahan ini mencapai keseimbangan yang lebih baik pada kulit karena terkunci dalam hidrasi dan tidak terlalu kering.

Beri Komentar