Wadah Kreatif Anak Indonesia untuk Tumbuhkan Generasi Percaya Diri

Family | Senin, 20 Oktober 2025 19:21

Reporter : Hevy Zil Umami

Setiap anak memiliki cara unik dalam mengekspresikan diri — ada yang gemar berimajinasi, suka bereksperimen, hingga berani tampil di depan banyak orang.

DIADONA.ID - Setiap anak memiliki cara unik dalam mengekspresikan diri — ada yang gemar berimajinasi, suka bereksperimen, hingga berani tampil di depan banyak orang. Namun di balik semua potensi itu, ada satu hal penting yang perlu terus diasah: kepercayaan diri. Tanpa dukungan lingkungan dan ruang eksplorasi yang tepat, kemampuan anak sering kali terpendam begitu saja.

Advertisement

Di era digital saat ini, tantangan dalam mendampingi tumbuh kembang anak menjadi lebih besar. Anak-anak dengan mudah menyerap informasi dari mana saja, tapi tanpa arahan, mereka bisa kehilangan fokus dalam mengenali jati diri. Padahal, rasa percaya diri adalah pondasi penting untuk membentuk karakter yang kuat, berani, dan siap menghadapi masa depan.

2 dari 4 halaman

Sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengungkapkan bahwa anak yang memiliki kepercayaan diri tinggi cenderung lebih mudah beradaptasi dan mampu memaksimalkan potensi diri. Sementara itu, buku Membantu Anak Percaya Diri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menekankan pentingnya memberi ruang bagi anak untuk menunjukkan kemampuan mereka agar merasa dihargai.

Berangkat dari pemahaman ini, MY BABY Kids, merek perawatan anak dari Tempo Scan Group, menghadirkan Kidsversity 2025 dengan tema Extraordinary Generations. Program ini dirancang sebagai wadah bagi anak-anak Indonesia untuk mencoba hal baru, bereksperimen, dan menumbuhkan keberanian dalam mengekspresikan diri.

© 2025 Extraordinary Generations by My Baby

“Melalui semangat Extraordinary Generations, kami ingin menginspirasi orang tua untuk memberikan ruang tumbuh yang mendorong anak berani menunjukkan potensi terbaiknya. Kami ingin mendampingi para orang tua menumbuhkan generasi masa depan yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter kuat, empati, dan kepercayaan diri untuk menghadapi dunia yang terus berkembang,” ujar Tiffany Pratiwi Suwandi, Deputy GM Brand Communication & Content MY BABY.

3 dari 4 halaman

Sementara itu, Rachmat Dhany, Senior Head Brand Consumer Marketing MY BABY Kids, menambahkan bahwa produk-produk yang dihadirkan tidak hanya fokus pada perawatan kulit, tetapi juga mendukung anak untuk bebas bereksplorasi. “Kami ingin mengajak lebih banyak orang tua untuk menciptakan momen kebersamaan yang bermakna bersama anak. Karena dukungan dan kepercayaan dari orang tua adalah fondasi penting untuk membentuk anak yang tangguh dan berani,” ungkapnya.

Program Kidsversity 2025 berlangsung sejak Mei dan berhasil menarik perhatian belasan ribu anak berusia 4–9 tahun dari berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Semarang, dan Surabaya. Melalui kegiatan school-to-school roadshow, anak-anak diajak mengikuti berbagai aktivitas seperti lomba mewarnai, coding challenge, dan ajang adu bakat yang mendorong kreativitas serta rasa percaya diri mereka.

Selain kegiatan di sekolah, Kidsversity juga hadir di dunia digital lewat kompetisi di Instagram. Anak-anak dari seluruh Indonesia bisa menunjukkan bakat dan minat mereka melalui berbagai konten kreatif yang dibagikan secara daring.

4 dari 4 halaman

Keseruan acara ini ditutup dengan Big Bang Kidsversity, yang digelar pada 18 Oktober 2025 di Piazza Gandaria City, Jakarta. Grand final ini menjadi ajang inspiratif bagi anak-anak untuk tampil percaya diri di atas panggung. Dimeriahkan oleh penampilan Kidos Band dan Quinn Salman, acara ini juga menghadirkan salah satu pemeran Magic 5 sebagai MC.

Tiga peserta terbaik berkesempatan memenangkan hadiah jutaan rupiah, hampers eksklusif, dan tampil di acara TV. Tapi lebih dari itu, pengalaman berharga yang mereka dapat menjadi bekal penting dalam membangun keberanian dan rasa percaya diri.

Melalui kegiatan ini, MY BABY Kids menegaskan komitmennya untuk terus hadir sebagai sahabat keluarga Indonesia—mendukung anak-anak agar bisa tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, kreatif, dan siap menghadapi masa depan yang penuh kemungkinan.

Terkait
Join Diadona.id