Yuk Mengenal Gunung Anak Krakatau, Pesona Indonesia dengan Letusan Terdahsyat di Dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 11 April 2020 14:16
Yuk Mengenal Gunung Anak Krakatau, Pesona Indonesia dengan Letusan Terdahsyat di Dunia
Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pada 10 April 2020 pukul 22.35 WIB.

Gunung Anak Krakatau kembali erupsi pada 10 April 2020 kemarin. Letusan ini terjadi pukul 22.35 WIB. Bahkan dentumannya dikabarkan terdengar hingga Depok. Meskipun begitu, ternyata ini bukan pertama kalinya Gunung Anak Krakatau Meletus.

Gunung Anak Krakatau memang sudah terkenal hingga mancanegara. Selain terkenal karena keindahannya, gunung ini juga terkenal dengan letusan terdahsyatnya yang pernah terjadi pada 1883. Seperti apa sih gunung ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Gunung Anak Krakatau dikenal dunia sejak letusan terbesarnya ada 1883. Dilansir dari berbagai sumber, letusan ini bisa dibilang merupakan yang terkuat dalam sejarah dengan lebel 6 skala Volcanic Explosivity Index (VEI).

Bahkan dilansir dari De Neve, letusan Krakatau berkekuatan 21.574 kali daya ledak bom atom yang meleburkan Hiroshima. Selain melenyapkan Pulau Krakatau, letusan ini bahkan menghancurkan kehidupan di pesisir Banten maupun Lampung. Bahkan letusan ini mengakibatkan gangguan cuaca dunia beberapa tahun kemudian.

Bahkan sinar matahari tak mampu menembus abu gunung api yang menutupi langit. Sehingga mengakibatkan Pulau Sumatera dan Jawa menjadi gelap gulita.

2 dari 2 halaman

Wisata Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau © Diadona

Namun, meskipun mempunyai sejarah letusan yang dahsyat, Gunung Anak Krakatau menyimpan petualangan seru yang asyik buat para traveler. Gunung Anak Krakatau selalu terlihat megah dan memukau meskipun sering mengeluarkan abu vulkanik.

Tapi kamu bisa mengunjungi tempat-tempat ini jika ingin melihat keindahan Gunung Anak Krakatau ini.

1. Pulau Sebuku Besar

Pulau Sebuku Besar berada di kawasan Lampung Selatan. Tempat ini menawarkan keindahan biota laut yang menyegarkan mata wisatawan. Banyak wisatawan yang ingin snorkeling di tempat ini. Kamu akan melihat karang-karang dan berbagai ikan laut di tempat ini.

2. Pulau Sebesi

Pulau Sebesi merupakan pulau yang memiliki jarak terdekat dengan Gunung Anak Krakatau. Wisatawan biasanya menginap di Pulau Sebesi. Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan Gunung Anak Krakatau. Namun tidak hanya itu saja, kamu juga akan disuguhkan dengan pantai yang indah. Kamu juga bisa trekking di bukit sambil menikmati keindahan alam khas pegunungan.

Beri Komentar