Dikabarkan Bubar karena Rugi, JKT48 Beri Penjelasan

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 11 November 2020 14:58
Dikabarkan Bubar karena Rugi, JKT48 Beri Penjelasan
Apakah ini akhir dari karir JKT48?

Pandemi corona nggak hanya memberikan dampak besar pada bidang kesehatan saja, tetapi juga pada banyak bidang dalam kehidupan masyarakat. Bahkan hal itu juga memberikan pengaruh cukup besar pada dunia hiburan tanah air.

Hal itu sepertinya benar-benar dirasakan oleh grup JKT48. Grup musik yang dibentuk pada tahun 2011 dan bekerjasama dengan pihak Jepang ini harus merasakan secara langsung dampak dari pandemi.

Dalam video yang diunggah di channel Youtube JKT48, Melody Nurramdhani, mantan anggota JKT48 yang kini menjabat sebagai General Manajer Theater JKT48, mengumumkan sebuah perubahan yang harus dihadapi oleh grup tersebut. Tentunya pengumuman ini cukup mengejutkan bagi para penggemar JKT48.

1 dari 4 halaman

Kegiatan JKT48 sulit dijalankan

Melody © Diadona

Melalui video tersebut, Melody menjelaskan bahwa pandemi membuat banyak kegiatan sulit dijalankan. Banyak acara JKT48 yang terpaksa dibatalkan.

" Ada sebuah pengumuman penting mengenai JKT48 yang harus disampaikan. Oleh karena efek pandemi covid-19 di Indonesia kegiatan JKT48 jadi sulit dijalankan sejak akhir Bulan Maret. Pertunjukan theater sempat dihentikan, handshake event dibatalkan dan banyak lagi hal yang membuat kegiatan JKT48 jadi sangat terbatas. Saat ini kami menemukan cara untuk tetap melanjutkan kegiatan, yaitu melalui live streaming pertunjukan JKT48 theater dan video call with JKT48," ungkap Melody.

2 dari 4 halaman

Berterima kasih atas dukungan yang diberikan

Lirik Lagu JKT48 - Sekarang Sedang Jatuh Cinta © Diadona

Melody juga berterima kasih atas dukungan masyarakat pada JKT48. Dia juga membeberkan jumlah pekerja yang terus berusaha untuk kesuksesan JKT48 hingga saat ini.

" Terima kasih banyak karena telah terus mendukung kami di tengah waktu yang sulit ini. Dari lubuk hati yang terdalam kami sangat bersyukur memiliki para fans yang menyokong kami. Saat ini JKT48 memiliki sekitar 70 orang member termasuk siswi akademi dan kurang lebih 50 orang staff yang terus bekerja dan berusaha setiap harinya agar kami bisa memberikan energi positif kepada semua orang di Indonesia," kata Melody.

3 dari 4 halaman

Mengalami kerugian

Terkenal karena Iklan Saat Kecil, Ini 10 Potret Terbaru Afiqah yang Kini Jadi Anggota JKT48 © Diadona

Secara terang-terangan, Melody mengatakan bahwa kini JKT48 mengalami kerugian. Bahkan hal itu membuat mereka sulit untuk beroperasi.

" Sampai Bulan November ini, JKT48 telah melakukan semua hal yang bisa dilakukan agar tetap bertahan hidup. Akan tetapi sejujurnya dengan dihentikannya pertunjukan teater, handshake dan konser, kami merasa bahwa tujuan sebenarnya dari JKT48 tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Walaupun semuanya telah berusaha dengan sekuat tenaga, faktanya secara bisnis, grup ini mengalami kerugian yang sangat menyakitkan, sehingga kami ada di posisi yang sangat-sangat sulit untuk terus beroperasi," ujar Melody.

4 dari 4 halaman

JKT48 akan bubar?

JKT48 © Diadona

Melody kemudian menjelaskan bahwa jika kondisi tetap sama, kemungkinan besar mereka akan membubarkan JKT48. Namun di akhir video, Melody mengungkapkan bahwa solusi yang mereka ambil adalah dengan mengurangi jumlah anggota secara besar-besaran.

" Setelah berdiskusi secara terus-menerus, hanya ada 1 cara agar JKT48 bisa bertahan. Cara itu adalah pengurangan jumlah member dan staff JKT48 agar grup ini tidak bubar hanya itu satu-satunya cara. Kami memutuskan untuk melakukan perubahan skala besar atau restrukturisasi dalam grup ini. Dan ini adalah keputusan yang sangat berat, tapi kami sudah tidak punya pilihan lagi selain membangun semuanya dari awal. Mengenai member dan rencana selanjutnya terkait hal ini akan kami umumkan lebih lanjut," tutup Melody dalam video itu.

Gimana menurut kamu?

Beri Komentar