Wisata Luar Angkasa Ini Patok Tarif Ratusan Miliar, Apa Aja Fasilitasnya?

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 22 Juni 2021 17:20
Wisata Luar Angkasa Ini Patok Tarif Ratusan Miliar, Apa Aja Fasilitasnya?
Tertarik untuk mencobanya?

Seiring berjalannya waktu, industri pariwisata juga semakin berkembang menjadi lebih baik. Tak hanya menawarkan wisata alam ataupun wisata perjalanan di bumi, kini industri pariwisata berkembang dan bakal menawarkan wisata luar angkasa.

Beberapa perusahaan bahkan telah menyiapkan dibukanya wisata luar angkasa untuk umum untuk beberapa tahun ke depan.

Harganya pun gak main-main, bisa mencapai ratusan miliar, loh. Apa aja fasilitasnya?

1 dari 2 halaman

Bukan Hal yang Pertama

Ilustrasi Wisata Luar Angkasa © Diadona

Sebenarnya, trip ke luar angkasa ini bukan hal yang pertama dilakukan di dunia ini. Melansir dari The Conversation, mengutip dari liputan 6, pada 28 April 2001, seseorang bernama Dennis Tito berhasil mewujudkan mimpinya sebagai masyarakat umum pertama yang menjelajah angkasa atau wisata luar angkasa.

Tito menyewa satu kursi di pesawat ruang angkasa Rusia bernama Soyuz dan berkesempatan berkunjung ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Bahkan, ia rela merogoh kocek sebesar USD 20 juta atau sekitar Rp 290 miliar.

Sejak saat itu, beberapa perusahaan penerbangan luar angkasa swasta mulai gencar mengembeangkan paket wisata luar angkasa. Seperti Blue Origin, Virgin Galactic dan SpaceX.

Terbukanya akses ini dan banyaknya oran gyang rela mengucurkan uang untuk menjelajah di luar angkasa, ketiga perusahaan tersebut akhirnya berlomba-lomba menawarkan paket wisata luar angkasa.

2 dari 2 halaman

Deretan Orang yang Siap Berwisata Ke Luar Angkasa

Blue Origin © Diadona

Tentu saja tak semua orang bisa berwisata ke luar angkasa. Namun, beberapa orang orang sudah siap mengambil kesempatan untuk menikmati terbang ke luar angkasa.

Salah satunya adalah miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa. Yusaku kabarnya bakal mengambil paket perjalanan pribadi mengelilingi bulan dan kembali ke Bumi dengan SpaceX. Yusaku rencananya bakal ke luar angkasa pada 2023.

Terbaru, Seseorang mengeluarkan USD 28 juta atau Rp 404 miliar untuk terbang dengan pesawat New Shepard Blue Origin bersama dengna pemilik perusaahan penerbangan luar angkasa tersebut.

Sementara itu, SpaceX telah berencana meluncurkan dua penerbangan wisata antariksa. Yang pertama dijadwalkan pada awal September 2021 dan didanai oleh pengusaha miliarder Jared Issacman.

Perjalanan lainnya direncanakan untuk 2022, diselenggarakan oleh Axiom Space. Perjalanan ini nantinya bakal memakan biaya sebesar USD 55 juta atau sekitar Rp 793 miliar untuk penerbangan dan menginap di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Tertarik untuk ikut, Diazens?

Beri Komentar