Ini Deretan Kontroversi Game College Brawl, Permainan yang Viral di Tiktok

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 21 November 2023 11:56
Ini Deretan Kontroversi Game College Brawl, Permainan yang Viral di Tiktok
College Brawl Game, kamu harus hati-hati!

Belakangan ini, netizen media sosial sedang ramai dengan permainan bernama College Brawl yang menuai banyak kontroversi. College Brawl Games ini panas dibicarakan di TikTok karena dinilai mengandung unsur-unsur dewasa 18 tahun ke atas. Kamu udah tahu belum nih, Diazens?

Setelah ada salah satu akun yang memposting terkait game ini, College Brawl Game pun viral dimana-mana. Banyak netizen yang merasa terganggu dan resah dengan tampilan kurang senonoh di game tersebut. Hal-hal tidak senonoh ini mencakup kekerasan bahkan adegan seksual tertentu.

Nah, kalau kamu belum tahu terkait College Brawl Game, berikut Diadona telah mengulas lengkap informasinya, mulai dari kontroversi, bahaya, serta fakta-fakta lain yang perlu kamu tahu tentang permainan ini.

1 dari 7 halaman

Apa Itu College Brawl Game?

College Brawl © Diadona

Dilansir dari berbagai sumber, College Brawl Game merupakan aplikasi permainan yang dikembangkan oleh Supercell. Di game ini, pemain akan melakukan petualangan sebagai seorang mahasiswa bernama  Ken yang memiliki misi untuk melawan berbagai serangan dari musuh atau karakter lain. Ken disini salah satunya akan melawan sekelompok gangster untuk mengambil barang-barang curian.

College Brawl Game memiliki berbagai tombol yang digunakan untuk memainkan game tersebut. Mulai dari toggle kanan dan kiri, heal, punch, jump, point, dan lain sebagainya. Tombol-tombol ini digunakan pemain untuk mempertahankan hidup atau darah Ken pada game.

 

2 dari 7 halaman

Nah, College Brawl Game sampai saat ini tidak tersedia secara resmi di toko aplikasi seperti Google Playstore atau Appstore. Kamu hanya bisa menemukan game ini dalam versi MOD atau yang sudah dimodifikasi. Beberapa versi MOD membuat Ken bisa melakukan tindakan tak terbatas, beberapa juga bisa meningkatkan agresifitas karakter.

Game ini viral karena terdapat berbagai tampilan atau adegan yang dianggap tidak senonoh. Salah satunya adalah saat karakter ingin mengisi HP atau darah, Ken akan memaksa musuh wanita untuk berhubungan seksual. Selain itu, sebagian besar adegan Ken pada College Brawl Game menunjukkan unsur kekerasan, mulai dari menendang, menonjok, dan sebagainya.

Seperti yang sudah disebutkan, College Brawl Game mengundang banyak kontroversi karena dianggap memiliki bahaya dan berbagai pengaruh buruk terhadap beberapa kalangan, khususnya anak kecil. Unsur kekerasan dan tampilan-tampilan tertentu dalam game tersebut dikecam banyak pihak. 

Berikut adalah penjelasan beberapa kontroversi College Brawl Game:

3 dari 7 halaman

Mengandung Unsur Kekerasan Seksual

College Brawl Game © Diadona

Salah satu hal yang cukup kontroversial dan viral adalah unsur kekerasan seksual pada College Brawl Game. Karakter utama dalam game ini memang diceritakan melakukan petualangan melawan musuh perempuan. Musuh perempuan juga ditampilkan menggunakan pakaian yang vulgar, seperti celana pendek dan bikini. 

Lebih parahnya lagi, netizen menganggap bahwa cara karakter utama dalam College Brawl Game tersebut melanggengkan kekerasan seksual. Dimana, saat ingin menambah HP atau darah (melakukan heal), karakter tersebut akan berhubungan seksual dengan salah satu karakter wanita di game tersebut.

Banyak netizen yang mengecam game ini karena dinilai kurang pantas untuk ditayangkan di TikTok. Apalagi, banyak anak-anak yang memiliki akses menggunakan TikTok dan kurang bisa untuk memfilter konten yang ada di TikTok.

4 dari 7 halaman

Penuh Dengan Adegan Kekerasan

College Brawl Game © Diadona

Hampir seluruh gameplay College Brawl Game adalah untuk melawan gangster. Sehingga, game ini penuh dengan adegan kekerasan saat dimainkan. Sang karakter utama punya misi untuk menghabiskan seluruh musuh yang ia temui.

Beberapa orang menganggap bahwa adegan kekerasan yang ada di game ini bisa merusak pengetahuan anak-anak di bawah umur. Game ini memang dikhususkan untuk pemain berusia di atas 18 tahun. Namun, saking viralnya, game ini bisa didownload dengan bebas melalui berbagai situs tertentu.

5 dari 7 halaman

Diizinin Oleh TikTok

tiktok © Diadona

Selain dua hal di atas, netizen juga cukup geram dengan platform TikTok yang mengizinkan konten-konten terkait College Brawl Game diunggah ke TikTok. Hal ini memunculkan kontroversi karena muncul protes bahwa TikTok dinilai melanggengkan konten-konten tidak senonoh di platform tersebut.

Dengan ini, banyak netizen berkomentar dan mendorong pihak TikTok untuk memblokir konten-konten terkait College Brawl Game ini. Banyak juga kreator yang melakukan live-streaming memainkan game ini. Hal ini untuk mencegah banyak anak di bawah umur terpengaruh atau terpapar konten TikTok tentang game ini dan mulai memainkannya.

6 dari 7 halaman

Bahaya College Brawl Game

Ilustrasi Bahaya © Diadona

Nah, selain kontroversial, College Brawl Game sebenarnya punya beberapa bahaya tertentu apabila kamu mendownloadnya. Apalagi, game ini tidak tersedia secara resmi di toko aplikasi Playstore dan Appstore.

Berikut adalah beberapa bahaya College Brawl Game yang bisa jadi risiko bagi perangkat kamu. Pertama, game ini sangat mungkin mengandung virus dan malware berbahaya yang bisa merusak perangkat kamu. Apalagi, game ini tersedia dalam berbagai versi mod dan sudah dimodifikasi sedemikian rupa. 

Sulit membedakan mana versi mod yang aman dan tidak mengandung software berbahaya. Selain itu, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang bisa saja memanfaatkan keviralan game ini untuk menipu pengguna dan memasukkan virus ke perangkatmu.

Kedua, College Brawl Game sangat berbahaya apabila dimainkan oleh anak di bawah umur yang belum bisa bertanggung jawab dengan tindakan yang mereka lakukan. Anak di bawah umur yang menonton konten dewasa bisa saja memengaruhi kepribadian mereka.

Demikian ulasan terkait College Brawl Game, faktanya adalah sebenarnya permainan ini memang dikhususkan untuk orang dewasa di atas 18 tahun. Namun, karena menjadi viral, maka sangat berisiko dan berbahaya bagi anak di bawah umur karena mengandung unsur kekerasan dan seksual.

Penulis: Starky

Beri Komentar