Napak Tilas ke Goa Kiskendo, Tempat Bertapa yang Disukai Para Pencari Ketenangan Batin

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 31 Mei 2021 17:33
Napak Tilas ke Goa Kiskendo, Tempat Bertapa yang Disukai Para Pencari Ketenangan Batin
Bahkan, artis cantik Nia Ramadhani sempat melakukan meditasi di tempat ini!

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang selalu memanjakan mata. Mulai dari pantai, gunung, air terjun, hutan, semua memiliki keindahan yang tak ada di tempat lain. Bahkan, goa bisa jadi salah satu destinasi wisata yang menarik.

Salah satu goa yang biasa jadi tempat wisata adalah Goa Kiskendo. Selain sebagai tempat wisata Goa Kiskendo juga biasa dijadikan tempat untuk meditasi. Bahkan, artis cantik Nia Ramadhani juga sempat bermeditasi di tempat ini, loh! seperti apa goa ini? Yuk kita telusuri!

1 dari 3 halaman

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo © Diadona

Goa Kiskendo berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Grimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Goa Kiskendo ini punya kisah-kisah masa lalu yang jadi daya tarik terbesar objek wisata ini.

Kabarnya, Goa Kiskendo ini sudah dtemukan sejak 2 abad silam. Para leluhur terdahulu memanfaatkan goa ini untuk mencari ketenangan batin dan pencerahan dengan cara bertapa.

Karena melihat adanya potensi wisata di Goa ini, Pemerintah Daerah DI Yogyakarta mengelolanya pada 1979. Lalu, Dinas Pariwisata Kulonprogo juga mengelolanya sejak 2005 lalu hingga saat ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Goa Kiskendo

Goa Kiskendo © Diadona

Goa ini memiliki panjang hingga 1,5 kilometer di dalam bumi Bukit Menoreh. Terdapat dua percabangan besar di dalamnya yang mengarahkan pengunjung ke bekas tempat banyak orang di masa lalu bertapa.

Melansir dari kompas, ada 9 ruang kecil di dalamnya yang dulu dibuat tempat bertapa.

Saat ini, Goa Kiskendo menjelma jadi salah satu objek wisata andalan Kulonprogo. Di tahun 2018, dalam satu hari, pengunjung yang datang bisa mencapai 100-150 orang.

Untuk harga tiketnya cukup murah. Kamu hanya cukup membayar sekitar Rp 5000 saja. Parkih Rp 2000 untuk roda dua sedangkan Rp 5000 untuk mobil.

3 dari 3 halaman

Rute Menuju Goa Kiskendo

Untuk mencapai lokasi, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Atau kamu juga bisa naik trans Jogja hanya dengan tarif sekitar Rp 3.500.

Lokasinya cukup populer dan banyak dikunjungi orang Sehingga kamu gak perlu khawatier nyasar karena bisa bertanya ke penduduk setempat.

Papan petunjuk pun terpasang mulai dari pusat kota Jogja hingga lokasi wisata. Kamu juga bisa menggunakan Google Maps untuk menunjukkan jalan.

Medan jalan sangat layak dan nyaman. Hanya saja, lokasinya cukup jauh dari pusat kota.

Sesampainya di lokasi, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Setelah berjalan beberapa puluh kilometer, kamu akan sampai ke Goa Kiskendo.

tertarik untuk menjejakinya?

Beri Komentar