Walau Ramadan di Depan Mata, 5 Masjid Terbesar Dunia Ini Sunyi Karena Corona

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Kamis, 23 April 2020 20:55
Walau Ramadan di Depan Mata, 5 Masjid Terbesar Dunia Ini Sunyi Karena Corona
Kemegahan masjid tanpa ada orang beribadah di dalamnya.

Memasuki hari pertama bulan Suci Ramadan, tentu merupakan hari bahagia bagi seluruh umat muslim di dunia. Biasanya hari-hari awal, suasana Ramadan sangat terasa di masjid-masjid terutama masjid besar di seluruh dunia.

Namun, pandemi corona yang masih menyerang negara-negara di dunia tentu berimbas kepada ritual peribadatan yang dilakukan oleh umat beragama, tak terkecuali Islam. Beberapa masjid menjadi tempat untuk dilarang berkumpul bahkan sangat kosong.

Masjid-masjid terbesar dunia juga mengumumkan utnuk memerangi virus mematikan ini. Ramadan tahun ini, masjid-masjid besar ditutup untuk menyelamatkan umat. Dilansir dari berbagi sumber, berikut masjid besar dunia yang masih sepi selama pandemi corona.

1 dari 5 halaman

Masjidil Haram

Masjidil Haram © Diadona

Pusat peribadatan umat muslim yang biasanya sangat ramai dan penuh kali ini kedapatan kosong total. hal ini berkaitan dengan peraaturan pemerintah Arab Saudi yang menetapkan sosiacl distancing dan menutup Masjidil Haram untuk sementara.

Hanya karyawan yang diijinkan untuk masuk ke tempat suci ini. Namun dilansir dari TheNewYorkTimes.com (22/04) pelaksaaan taraweh tetap akan dilaksanakan di Masjidil Haram. Hanya, masyarakat yang bisa mengikuti tarawih di masjid suci ini harus dibatasi.

2 dari 5 halaman

Masjid Al-Aqsa

      Lihat postingan ini di Instagram

Salam Isra’ Mi’raj ????

Sebuah kiriman dibagikan oleh Hisyam Hamid (@hisyamhamid7) pada

Masjid Al-Aqsa di Yerusalem sudah ditutup sejak tanggak 23 Maret 2020 lalu hingga waktu yang belum ditentukan. Pintu masjid dan Dome of the Rock sudah ditutup seminggu sebelum ada larangan penuh dari pemerintahan.

Seperti Masjidil Haram, komplek Al-Aqsa juga 'bersih' dari pengunjung.

"Ini menyakitkan (penutupan masjid), tapi perlu," ujar Zeinat Abusbeih, kepala Keamanan di Markas Wanita Al-Aqsa.

Khotbah Jum'at di masjid ini yang selalu dinantikan juga ditiadakan sementara. Walaupun bgitu pengurus Masjd Al-Aqsha menayangkan siaran langsung salat dan juga

khutbah Jum'at sehingga masyarakat bisa terhubung dengn Masjid Al-Aqsa.

3 dari 5 halaman

Masjid Fatih Turki

      Lihat postingan ini di Instagram

Çok güzel

Sebuah kiriman dibagikan oleh . (@iharamu) pada

Pemerintahan Turki sudah melarang semua kegiatan beribadah di masjid sejak tanggal 16 Maret 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Di Turki sendiri, lafadz adzan dikumandangkan sepeti biasa tanpa perubahan. Pebacaan Al-Quran secara berkelmpok juga masih dilakukan secara online.

Larangan beribadah di masjid tentu tak menyurutkan semangat warga Istanbul. Di balik kesunyian malam, ada banyak doa dan bacaan Al-Quran yang dikumandangkan lewat pengeras suara.

4 dari 5 halaman

Masjid Agung Syekh Zayed

Masjid Agung Syekh Zayed © Diadona

Masjid yang terletak di Abu Dhabi ini merupakan ikon terbesar yang ada di UEA. Gak mau memperburuk keadaan karena corona, Abu Dhabi menutup semua tempat ibadah termasuk masjid.

Kompleks masjid Agung Sheikh Zayed ini sepenuhnya ditutup, tak ada peribahadan maupun kunjungan wisata.

" Hanya adzan yang masi diperbolehkan di masjid. Di tiap akhirnya semua orang diminta untuk shalat di rumah," ujar salah satu warga Abu Dhabi, Amr Salah.

5 dari 5 halaman

Masjid East London

      Lihat postingan ini di Instagram

- The Masjid's are free, but empty. The clubs are paid, and full. It's free to enter Heaven, but costly to enter Hell. - And your Lord says, "Call upon Me ; I will respond to you." - The Quran 40:60. #eastlondonmosque #london #streetphotographylondon #streetphotography #mobilephotographylondon #londoncity #london_city_photo #london4all #visitlondon #london_vacations #streetlife #mobilephotograph #londonstreets #londonstreetlife #capturelondon #londonphotography #mobilephotographer #londontravel #travellondon #LondonGuru #londonneversleeps #londoncityworld @londoncityworld @allaboutlondon.uk @london_gurus @all_about_london @all_about_londonn @visitlondon

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????? ????????????????????????????????????????????.???????????????????????? (@jmphotography.mobile) pada

Untuk memutuskan ranai penyebaran virus corona, Inggris mengambil kebijakan lockdown. Sedangkan Masjid terbesarnya Masjid East London terpaksa juga harus ditutup.

Sebelum menutup masjid, asosiasi muslim di Inggris dan juga Muslim Council Britain (MVC) sudah memeprsiapkan video doa dan khotbah agar bisa diakses secara online.

Kini East London Mosque (ELM) sudah kosong, tak ada kegiatan shalat berjamaah. Sampai-sampai polisi juga turun untuk menjaga masjid. Namun pemerintah masih mengiziankn kumandang adzan di masjid ini. Fakta unik lainnya cuma masjid ini loh yang boleh mengumandangkan adzan dari minaret saat lockdown.

Beri Komentar