Unik, 10 Perpustakaan Ini Dibangun di Tempat yang Nggak Biasa! Ada yang di Kuburan

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 7 September 2020 16:20
Unik, 10 Perpustakaan Ini Dibangun di Tempat yang Nggak Biasa! Ada yang di Kuburan
Perpustakaan biasanya berada di sebuah gedung dalam ruangan tertutup. Tapi kamu akan tercengang melihat perpustakaan-perpustakaan yang nggak biasa ini!

Perpustakaan memang tempat yang identik dengan buku untuk dibaca oleh masyarakat umum. Buku-buku yang banyak itu biasanya tertata rapi dalam sebuah rak dalam ruangan perpustakaan.

Perpustakaan juga identik dengan ruangan aula besar yang berisi puluhan rak buku. Selain itu dalam ruangan juga masyarakat tidak boleh gaduh karena bisa mengganggu pengunjung lain.

Namun, bagaimana jika ada perpustakaan yang justru dibangun di tempat-tempat yang nggak biasa? Seperti telepon umum, taman, atau bahkan kuburan? Pasti terdengar aneh ya.

Tapi, tempat-tempat itu beneran ada, lho. Di mana aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 10 halaman

1. Perpustakaan di Taman Outdoor

Perpustakaan Taman Outdoor © Diadona

Kalau tadi ada perpustakaan di pinggir pantai, perpustakaan ini juga nggak kalah unik. Pasalnya perpustakaan ini ada di taman, lho. Melansir dari Toxel perpustakaan yang ada di Belgia ini dibangun oleh seorang seniman Italia Massimo Bartolini.

2 dari 10 halaman

2. Perpustakaan di Tank

Perpustakaan Tank © Diadona

Tank memang identik dengan kendaraan perang yang punya sifat menghancurkan. Namun di Argentina, mobil tank diarak keliling kota dengan banyak buku di sekitarnya. Maknanya adalah menebar kedamaian melalui literatur.

3 dari 10 halaman

3. Perpustakaan di Kuburan

Perpustakaan Kuburan © Diadona

Sebuah tempat di Austria ini menyulap kuburan menjadi perpustakaan. Iya sih perpustakaan memang identik dengan kesunyian, tapi ya nggak di kuburan juga, dong!

4 dari 10 halaman

4. Perpustakaan di Pinggir Pantai

Perpustakaan Pinggir Pantai © Diadona

Perpustakaan di pantai mungkin sedikit aneh. Namun sebuah pantai di Albena, Bulgaria ini justru membuat perpustakaan di pinggir pantai.

5 dari 10 halaman

5. Perpustakaan Berbentuk Buku

Perpustakaan Berbentuk Buku © Diadona

Di Kansas, Amerika Serikat, Ada perpustakaan yang bangunanya dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai buku. Mirip di film-film kartun.

6 dari 10 halaman

6. Perpustakaan di Bus Umum

Perpustakaan dalam Bus © Diadona

Kali ini ada perpustakaan unik yang ada dalam Bus Umum. Ya, ini diterapkan di Brasil. Tujuannya cukup mulia, yakni agar para penumpang membiasakan untuk membaca  buku.

7 dari 10 halaman

7. Perpustakaan dalam Kotak Surat

Perpustakaan Kotak Surat © Diadona

Sebuah organisasi non-profit bernama The Little Free Library yang berbasis di Amerika Serikat ini membuat sebuah kegiatan yang cukup unik. Yakni membangun sendiri perpustakaan mini dalam kotak. Ukurannya pun sangat kecil dan hanya sebesar kotak surat.

8 dari 10 halaman

8. Perpustakaan di dalam Telepon Umum

Perpustakaan Telepon Umum © Diadona

Telepon umum mungkin udah jarang digunakan. Untuk itu, di Inggris, kotak telepon umum disulap menjadi perpustakaan oleh para relawan.

9 dari 10 halaman

9. Perpustakaan di Punggung Keledai

Perpustakaan Keledai © Diadona

Perpustakaan keliling menggunakan mobil emang udah biasa. Tapi kalau yang satu ini malah menggunakan punggung Keledai atau Bagal sebagai perpustakaan keliling.

Beri Komentar