Uniknya Kliluk Lake, Danau 'Totol' yang Ada di Kanada

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 1 September 2020 00:01
Uniknya Kliluk Lake, Danau 'Totol' yang Ada di Kanada
Tidak hanya keindahan bentuknya, khasiat dari danau Kliluk juga sangat banyak.

Danau Kliluk ini memang terbilang unik. Kalau danau biasanya hanya berbentuk kubangan yang berisi air, lain halnya dengan Danau Kliluk. Yang menjadikannya unik adalah bentuknya yang bertotol-totol. Ngaak heran kalau namanya juga disebut Danau Totol atau Spotted Lake.

Seperti apa sih keindahan dan uniknya Danau Kliluk ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Danau Kliluk

Danau Kliluk © Diadona

Danau Kliluk terletak dekat kota Osoyoos di British Columbia, Kanada. Danau Kliluk ini memiliki konsentrasi yang sangat tinggi dari mineral yang berbeda-beda. Kandungannya antara lain sulfat, natrium sulfat dan kalsium.

Sebagian besar air di danau menguap selama musim panas dan meninggalkan titik-titik besar mineral. Ada totol yang berwarna putih, kuning pucat, hijau, biru. Warna ini tergantung pada komposisi mineral yang tersisa.

2 dari 2 halaman

Danau Kliluk © Diadona

Ternyata, tempat ini dulunya memang digunakan saat perang Dunia Pertama. Selama Perang Dunia itu, mineral dari danau dipanen untuk pembuatan amunisi.

Danau ini juga dijadikan situs suci dari budaya signifikan yang berpotensi menjadi lahan komersial baru. Kualitas air dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Orang Indian menggunakan lumpur dan air danau untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Saat ini, danau dikelilingi pagar untuk mencegah orang masuk. Namun, orang-orang masih bisa memandanginya dari jauh. Pemandangan totol-totol ini yang menjadikannya salah satu danau unik di dunia.

Tertarik untuk mengunjunginya?

Beri Komentar