Tips Menghindari Overpacking saat Travelling

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 30 Desember 2019 09:55
Tips Menghindari Overpacking saat Travelling
Jangan sampai kelebihan muatan, agar tidak menyusahkan saat liburan.

Sebelum memulai perjalanan, kadangkala kita akan disibukkan dengan packing barang-barang keperluan selama perjalanan. Momen ini menjadi salah satu momen penting yang tidak boleh sembarangan dilakukan. Beberapa barang penting harus terbawa dan tidak boleh sampai ketinggalan. Namun seringkali karena ingin berjaga-jaga, kita justru membawa barang yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan. Untuk menghindari overpacking saat travelling, berikut adalah tips yang dapat kamu ikuti sebagaimana yang diulas oleh The Blonde Abroad (21/12).

1 dari 11 halaman

Membuat Checklist

Checklist sepertinya akan memudahkanmu ketika sedang packing. Dengan menuliskan semua hal yang benar-benar diperlukan, kamu bisa lebih selektif dan dan terhindari dari overpacking. Sebisa mungkin pisahkan checklist dalam berbagai kategori, untuk memudahkanmu memilah-milah barang yang akan dibawa.

2 dari 11 halaman

Pilihlah Koper yang Tepat

Pemilihan koper sebaiknya dilakukan berdasarkan tujuan serta lama tidaknya perjalanan yang akan dilakukan. Jika kamu hanya pergi sebentar, tak ada salahnya mengenakan ransel. Sebaliknya untuk perjalanan yang lebih lama dan jauh, gunakan koper berukuran sedang. Hal ini akan menghindarkanmu dari overpacking, karena koper yang terlalu besar biasanya membuatmu ingin memasukkan barang ke dalamnya.

3 dari 11 halaman

Mix n Match

Yang satu ini mungkin bisa kamu coba, yakni menggunakan pakaian yang bisa dikenakan beberapa kali. Misalnya kamu bisa mengenakan cardigan berwarna solid, untuk memadukannya dengan berbagai jenis pakaian.

4 dari 11 halaman

Gulung Pakaian

Trik yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui. Untuk menghemat ruang di dalam kopermu, kamu bisa menggulung pakaianmu. Selain membuatnya lebih kecil, kamu bisa membuatnya bebas dari lipatan.

5 dari 11 halaman

Kemas Makeup Seminimal Mungkin

Untuk menghindari overpacking bisa dicoba dengan meminimalkan makeup yang dibawa. Tidak perlu membawa keseluruhan makeup, namun kamu bisa membawanya dalam kemasan yang lebih kecil. 

6 dari 11 halaman

Alas Kaki

Sebisa mungkin jangan membawa terlalu banyak membawa alas kaki. Dengan jadwal perjalanan yang sudah kamu rencanakan, tentunya memudahkanmu untuk membawa sepatu yang diperlukan. Jangan lupa membawa sandal, ya!

7 dari 11 halaman

Membawa Setengah Bagian

Tips yang satu ini merupakan rahasia seorang musafir. Setelah packing selesai, biasanya mereka akan membawa setengah dari apa yang sudah dipersiapkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari beberapa barang yang nantinya tidak terpakai.

8 dari 11 halaman

Gunakan Skala Bagasi

Sebelum memulai packing tak ada salahnya memperhatikan skala bagasi sebagai dasar untuk menghitung berat tas yang akan kamu bawa. Dengan mengetahui skala bagasi, kamu bisa mengatur barang bawaan agar tidak melebihi batas yang sudah ditetapkan.

9 dari 11 halaman

Gunakan Kotak Pil

Tidak hanya berfungi untuk menyimpan obat-obatan, kamu bisa menggunakan kotak pil untuk menyimpan keperluan lainnya, seperti aksesori maupun headset.

10 dari 11 halaman

Jangan Menyimpan Barang yang Besar di Dalam Koper

Tips yang satu ini bisa juga digunakan agar kamu tidak mengalami overpacking. Misalnya dengan memakai jaket yang akan dipakai, alih-alih menyimpannya dalam koper.


Nah, apakah kamu memiliki tips lain yang bisa digunakan untuk menghindari overpacking? Jangan lupa bagikan di kolom komentar, ya!

11 dari 11 halaman

Beri Komentar