Tempat Wisata di Bogor Puncak yang Best Vacation dan Murah

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 30 Desember 2019 10:24
Tempat Wisata di Bogor Puncak yang Best Vacation dan Murah
Menghabiskan liburan di Bogor memang asyik. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di Bogor dan puncak yang murah dan pastinya menarik.

Selain Bandung, Bogor juga menjadi salah satu destinasi wisata populer bagi wisatawan yang ingin berlibur di wilayah Jawa Barat. Udaranya yang sejuk dan berbagai tempat wisata yang tak kalah menarik dengan lainnya menjadikan Bogor destinasi wisata yang ramai saat liburan maupun akhir pekan. Banyak tempat wisata di Bogor yang bisa kamu kunjungi seperti wisata alam, situs bersejarah, situs budaya, dan masih banyak lagi.

Kamu memiliki rencana untuk menghabiskan liburan di Bogor dan masih belum menentukan destinasi wisata mana yang akan kamu kunjungi? Tenang saja, kamu bisa simak 18 tempat wisata di Bogor yang telah dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini. Gulir ke bawah ya untuk mengetahui destinasi wisata apa saja yang ada di kota hujan ini.

1 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Kota Bogor yang Murah

Banyak berbagai tempat wisata di Bogor yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget kamu. Kamu ingin liburan di Bogor dengan budget seminim mungkin? Bisa, kok. Ini dia beberapa tempat wisata di kota Bogor yang murah.

1. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu, Bogor

Tempat wisata di Bogor yang satu ini sangat pas jika kamu ingin berlibur bersama keluarga dan anak. Di penangkaran rusa Giri Jaya, kamu bisa menjumpai berbagai jenis rusa seperti Rusa Bawean, Rusa Jawa, dan Rusa Cheetal. Buat kamu yang suka berfoto, di tempat ini juga terdapat jembatan gantung indah yang terbentang di atas Sungai Cibeet yang bisa kamu jadikan spot foto menarik. Untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 2.500 saja untuk menikmati pengalaman seru bersama rusa ini.

2. Taman Wisata Gunung Pancar

Wisata Gunung Pancar © Diadona

Kamu ingin mencoba sensasi berkemah dengan dikelilingi pohon pinus? Kamu bisa nih berkunjung sekaligus berkemah di Taman Wisata Gunung Pancar. Tak hanya deretan pohon pinus yang indah, pemandangan tempat wisata di Bogor yang satu ini juga tak kalah cantik. Selain itu, kamu juga bisa berhemat karena tarif masuk untuk menikmati keindahan Taman Wisata Gunung Pancar sangat terjangkau yakni sebesar Rp. 5 ribu saja di weekdays dan Rp. 7.500 di weekend.

3. Kebun Raya Bogor

Seperti yang kita tahu, Kebun Raya Bogor menjadi salah satu tempat wisata populer dan terkenal di kota Bogor. Kebun Raya Bogor sendiri memiliki sekitar 15.000 jenis koleksi berbagai macam flora dan salah satu bunga yang pastinya sangat terkenal yaitu bunga bangkai raksasa. Tak hanya flora, di Kebun Raya Bogor juga terdapat fauna salah satunya rusa. Untuk tiket masuknya, kamu tidak perlu khawatir karena masih sangat terjangkau yakni sekitar Rp. 15 ribu saja per orangnya.

4. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseng

Tempat wisata di Bogor yang cukup terjangkau berikutnya yakni pemandian air panas Tirta Sanita Cisaeng. Di tempat wisata yang berlokasi di daerah Parung ini akan memberikanmu pengalaman berendam air panas di infinity pool alami. Tak hanya itu, air dari pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu karena mengandung garam dan belerang.

Ada kolam rendam privat dan berbagai jenis terapi yang tersedia di tempat ini seperti terapi lintah dan fish pedicure. Jika kamu tidak ingin berendam, salah satu tempat wisata di Bogor ini juga menyediakan area outbond dan permainana seperti becak mini dan perahu. Untuk biaya masuk, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp. 8 ribu untuk anak-anak dan Rp. 12 ribu untuk dewasa.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Bogor Best Vacation

Selain berbagai tempat wisata di atas, kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di bawah ini untuk mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda dan menjadikannya best vacation ever. Dimana saja tempatnya? Mari kita simak berikut di bawah ini ya.

1. Highland Park Resort

Ingin merasakan kemah ala hotel berbintang? Highland Park Resort wajib kamu coba. Tempat wisata di Bogor yang satu ini mengusung konsep glamping (glamour camping) ala hotel berbintang. Tak hanya itu, Highland Park Resort juga menyediakan berbagai wahana permainan serta tenda-tenda ala Mongolia lengkap dengan fasilitasnya. Untuk menikmatinya, kamu perlu menyiapkan kocek yang lumayan dalam yakni sekitar Rp. 1.500.000 untuk tarif minimal menginap per malamnya.

2. Little Venice Kota Bunga

Little Venice © Diadona

Menaiki gondola bersama pasangan di kanal Venesia memang sangat romantis. Tak perlu jauh-jauh ke Italia, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu di Little Venice yang ada di Bogor. Dengan konsep yang menyerupai Kota Venesia asli, Little Venice menyuguhkan pengalaman menaiki gondola di kanal-kanal buatan dengan latar menyerupai kota Venesia di sekelilingnya. Menarik kan? Untuk menikmati pengalaman seru dan romantis ini kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 25 ribu saja atau kamu bisa memilih tiket paket Fun sebesar Rp. 35 ribu/orang untuk bisa menaiki gondola dan kapal Missisipi tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi.

3. Bukit Alesano

Jika sebelumnya berkemah dengan konsep glamping ala bintang lima, kali ini kamu bisa nih mencoba sensasi berkemah di ketinggian bukit dengan suguhan pemandangan Kota Bogor yang indah. Bukit Alesano sering juga disebut sebagai Bukit Bintang-nya Bogor karena pada malam hari pemandangan kota Bogor di bawahnya nampak seperti taburan bintang. Tempat ini sangat pas buat kamu yang ingin berkemah sekaligus menghabiskan malam tahun baru di kota Bogor karena pemandangan pesta kembang api akan sangat cantik dilihat dari bukit ini.

4. Agro Gunung Mas

Menikmati pemandangan alam yang hijau memang bisa menyegarkan mata sekaligus membuat pikiran menjadi rileks. Hal inilah yang ditawarkan tempat wisata yang terlatak di Cisarua Bogor ini. Di Agro Gunung Mas, kamu bisa merasakan sensasi berjalan di tengah perkebunan teh (tea walk) yang sangat memanjakan mata. Tak hanya itu, banyak fasilitas lain yang bisa kamu coba seperti berkuda, memancing, dan flying fox.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Baru di Bogor

Jangan salah, tempat wisata di Bogor yang terbaru juga tidak kalah menarik dan seru. Banyak destinasi wisata yang bisa kamu jadikan alternatif menghabiskan liburan. Ini dia beberapa tempat wisata baru di Bogor yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. The Illusion Bogor

Jika Jogja memiliki Upside Down, Bogor juga punya tempat wisata dengan konsep foto unik yakni The Illusion. Disini, kamu bisa berfoto dengan sentuhan ilusi dari lukisan-lukisan 3D dan juga berbagai properti serba terbalik. Sangat menarik, kan?

2. Leuwi Lieuk

Salah satu wisata alam yang baru di wilayah Bogor yakni Leuwi Lieuk. Untuk mencapainya, memang kamu harus sedikit mengeluarkan ekstra tenaga karena kamu harus berenang terlebih dulu dari Leuwi Cepet kemudian trekking sekitar 5 menit. Tapi, hal itu sepadan dengan pemandangan sungai hijau yang menantimu di Leuwi Lieuk.

3. Patung Buddha Tidur

Patung Buddha Tidur © Diadona

Saat berkunjung ke Bogor, sebaiknya jangan melewatkan untuk mengunjungi tempat menarik yang satu ini. Patung Buddha Tidur atau Sleeping Buddha sendiri merupakan patung budha raksasa yang memiliki panjang 18 meter dengan tingggi 5 meter. Tempat wisata di Bogor ini terletak di dalam Vihara Buddha Dharma & 8 Po Sat Bogor daerah Tonjong, Bogor.

Ada satu hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin berfoto yakni jangan membelakangi patung Buddha. Hal ini dikarenakan menurut kepercayaan tidak sopan jika membelakangi sang Buddha.

4. Devoyage

Tak hanya Little Venice saja yang mengusung tema tempat wisata ala Erope, Devoyage juga tak jauh beda. Tempat wisata yang terletak di Bogor Selatan ini juga menawarkan wisata yang akan membuatmu seakan berada di Eropa. Di Devoyage, kamu bisa menjumpai menara Eiffel, Bryggen Mini dan juga kanal-kanal berkelok ala Venesia. Jika kamu ingin menikmati suasana Eropa di salah satu tempat wisata di Bogor ini, kamu perlu mempersiapkan uang sebesar Rp. 25 ribu saat weekdays dan Rp. 35 ribu saat weekend.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Alam di Bogor

Wisata alam memang menjadi salah satu daya tarik dari kota Bogor. Mulai dari air terjun hingga penangkaran binatang. Apa saja tempat wisata alam yang seru di kota Bogor?

1. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung Bandung © Diadona

Berbeda dengan kebanyakan air terjun lainnya yang tinggi, Curug Cibaliung memiliki air terjun yang tidak terlalu tinggi. Hal inilah yang malah membuat Curug Cibaliung menarik karena membuat kita serasa seperti di kolam renang pribadi. Saat berkunjung ke curug ini, kamu akan disambut dengan bebatuan dan pepohonan yang masih alami di sekeliling curug. Perpaduan pemandangan yang cantik dan air yang jernih membuat salah satu tempat wisata di Bogor ini populer di kalangan wisatawan.

2. Curug Lembah Pelangi

Tempat wisata alam lainnya yang tak kalah menarik adalah Curug Lembah Pelangi. Berbeda dengan Curug Cibaliung yang unik karena ketinggiannya, curug yang satu ini dikenal unik karena lokasinya. Lokasi tempat wisata di Bogor yang satu ini memang tidak biasa karena berada di dataran rendah, tidak seperti kebanyakn curug lainnya yang berada di dataran tinggi.

Nama pelangi sendiri tentu ada alasannya. Curug ini dinamai pelangi karena adanya cahaya yang memantul dan menimbulkan pelangi akibat dari udara panas dan lembab yang dimiliki Curug ini.

3. Penangkaran Elang Loji

Jika sebelumnya ada penangkaran rusa, kali ini di wilayah Cijeruk, Bogor ada penangkaran Elang Loji yang juga tidak boleh kamu lewatkan. Di salah satu tempat wisata di Bogor ini, kamu bisa menyaksikan koleksi Elang Loji. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan hijau di sekitar penangkaran.

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Bogor Puncak

Daerah puncak Bogor memang sangat terkenal dan populer sebagai salah satu destinasi wisata jika ingin berlibur ke Bogor. Udaranya yang sejuk dan pemandangan yang indah memang bisa menjadi sarana relaksasi sejenak bagi kamu yang penat dengan pekerjaan. Untuk itu, kami merangkum beberapa tempat wisata di puncak Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Ada apa saja?

1. Wisata Agro kapol Puncak Bogor

Kamu penyuka strawberry? Kalau seperti itu, kamu tidak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini. Wisata Agro Kapol menawarkan pengalaman memetik strawberry sekaligus menikmatinya langsung dari pohonnya. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cijeruk, Cigombong.

2. Telaga Warna

Telaga Warna © Diadona

Buat kamu yang ingin refreshing sejenak, Telaga Warna merupakan destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Keindahan alam yang indah dan hijau disekeliling danau yang konon dapat berubah warna ini sangat memanjakan mata dan menghilangkan stress. Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa mencoba berbagai jenis permainan air seperti sepeda air dan perahu rakit yang tersedia di telaga ini.

3. Desa Wisata Pancawati

Ingin merasakan suasana desa yang damai dan tentram? Kamu bisa mengunjungi dan menginap di Desa Wisata Pancawati yang terletak di Keacamatan Caringin ini. Selain merasakan langsung suasana desa, disini kamu juga bisa menikmati tarian sunda, masakan khas dan tradisional juga melihat wayang golek. Bagaimana, seru kan?

Cukup beragam kan destinasi tempat wisata di Bogor yang menarik? Sekarang, kamu bisa nih mulai merencanakan tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi bersama keluarga.

Beri Komentar