Cara Terbaik untuk Mendapatkan Tidur Nyenyak di Pesawat

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 28 Desember 2019 22:22
Cara Terbaik untuk Mendapatkan Tidur Nyenyak di Pesawat
Perjalanan jauh yang ditempuh menggunakan pesawat, biasanya dihabiskan untuk menghemat energi dengan tidur. Yuk, simak caranya agar bisa tidur nyenyak selama penerbangan.

Untuk menempuh perjalanan yang jauh seringkali kamu harus menaiki pesawat dan menghabiskan waktu berjam-jam di dalamnya. Mau tidak mau, kamu pun harus bisa memanfaatkan waktu di pesawat untuk beristirahat. Hal ini semata-mata agar kamu tetap fresh saat mendarat di tempat tujuan.

Sayangnya beberapa orang mengaku tidak bisa tidur ketika berada di dalam pesawat, tentu saja dilatarbelakangi oleh berbagai penyebab. Salah satunya akibat kursi penumpang yang kurang nyaman untuk menjadi sandaran.

Sikap berbaring ataupun bersandar ke samping justru tidak membuatmu lantas mudah tertidur. Kadangkala justru bersandar ke depan dan meletakkan kepala di atas meja baki jutru lebih cepat membuatmu tertidur. Seperti yang dilansir oleh Asia One (03/12), berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak selama perjalanan.

1 dari 6 halaman

Pilih Posisi Duduk yang Tepat

Seat yang berdampingan dengan jendela rasanya lebih mudah membantumu untuk tertidur. Kamu bisa tidur kapan saja, tanpa harus diganggu penumpang lain. Jika kamu duduk di tengah, kamu bisa terganggu aktivitas orang-orang yang ada di sekitarmu.

Sedangkan jika berada di bagian yang berdampingan dengan lorong, mau tidak mau kamu harus tetap terjaga jika sewaktu-waktu penumpang di sebelahmu ingin ke kamar kecil. Duduk di bagian belakang juga tidak membuatmu mudah tidur, karena suara bising yang ditimbulkan oleh mesin pesawat.

2 dari 6 halaman

Hindari Alkohol

Jika kamu berencana untuk tidur selama perjalanan, sebaiknya hindarilah mengonsumsi alkohol. Alkohol hanya akan mengacaukan siklus tidur yang sudah kamu rencanakan. Kamu bisa minum air mineral secukupnya, untuk membuat tubuhmu tetap terhidrasi.

3 dari 6 halaman

Kenakan Pakaian yang Nyaman

Agar kamu mendapatkan tidur yang nyenyak selama perjalanan, sebaiknya kamu menghindari menggunakan pakaian yang ketat. Sebisa mungkin gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Siapkan pakaian hangat untuk berjaga-jaga saat kamu kedinginan.

4 dari 6 halaman

Bawalah Barang yang Membantumu Tidur dengan Cepat

Beberapa orang tidak dapat tidur jika tidak membawa barang favoritnya. Jika kamu termasuk kumpulan orang tersebut, sebaiknya kamu tidak meninggalkan barang-barang tersebut. Kamu bisa membawa bantal tambahan untuk menyangga leher atau punggung, bisa juga membawa masker mata untuk menghalangi cahaya yang sekiranya mengganggu.

5 dari 6 halaman

Dengarkan Musik yang Santai

Untuk memudahkanmu tertidur, kamu bisa mencoba mendengarkan musik yang tenang dan santai sebelum tidur.

6 dari 6 halaman

Pertimbangkan Minum Pil

Jika berbagai cara sudah kamu coba namun kamu tak kunjung tidur, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengonsumsi pil tidur. Selain membantumu untuk tertidur, pil ini akan meredakan kecemasan yang kamu rasakan. Ingat, sebelumnya kamu perlu meminta rekomendasi dari dokter ya.

Beri Komentar