16 Destinasi Tempat Wisata Malang dan Kota Batu yang Murah

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 30 Desember 2019 09:40
16 Destinasi Tempat Wisata Malang dan Kota Batu yang Murah
Berikut ini berbagai destinasi wisata yang murah di Malang dan Batu buat kamu yang ingin menghabiskan liburan atau akhir pekan.

Jika kamu sedang merencanakan liburan atau berakhir pekan, Malang bisa menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang patut kamu coba. Kota yang berlokasi di Jawa Timur ini memang memiliki berbagai pilihan tempat wisata seru mulai dari alam hingga berbagai tempat yang menawarkan spot-spot foto keren yang bisa kamu kunjungi. Udara yang sejuk juga menjadi salah satu daya tarik kota apel ini.

Tak hanya berkunjung ke Malang, kamu juga bisa meneruskan perjalanan ke Kota Batu. Kadang kita sering kan menganggap Kota Batu bagian dari Malang? Tapi faktanya, kota Batu bukan lagi bagian dari Malang lho.

Seperti halnya Malang, tempat wisata di kota Batu juga nggak kalah menarik. Lalu, apa saja destinasi wisata kota Malang dan Batu yang bisa kamu jadikan pilihan liburan? Yuk, gulir ke bawah untuk mengetahui selengkapnya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Malang

Memang, daerah kota maupun kabupaten Malang memiliki berbagai destinasi yang seru dan sangat pas untuk liburan. Kamu bisa nih mengunjungi beberapa tempat berikut ini. Dimana saja tempatnya?

1. Masjid Tiban Malang

Berwisata religi sekaligus liburan, kenapa enggak! Kamu bisa mengunjungi Masjid Tiban yang berlokasi di Turen, Malang. Tempat wisata Malang ini memang terkenal dengan arsitektur khas timur tengahnya yang unik sekaligus mewah. Selain itu, kamu juga tidak harus merogoh kocek lho untuk dapat mengunjungi masjid yang memeiliki 9 lantai ini alias gratis. Tapi, tetap saja ya fungsi utama masjid ini adalah sebagai tempat ibadah.

 2. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang © Diadona

Kamu pasti udah sering kan mendengar kecantikan dan keunikan Pantai Tanah Lot di Bali? Di Malang, kamu juga bisa menemukan keunikan yang serupa yakni di Pantai Balekambang. Pantai yang terletak di sebelah selatan Malang ini sering disebut juga dengan Tanah Lotnya Jawa Timur.

Hal ini karena adanya kesamaaan Pantai Balekambang dengan Tanah Lot yaitu adanya bangunan pura di atas pulau yang dibangun di tengah laut. Tak hanya itu, pantainya yang biru dan indah juga akan membuatmu betah berlama-lama di salah satu tempat wisata Malang ini.

3. Air Terjun Sumber Pitu

Jika kamu lebih tertarik dengan wisata alam, air terjun Sumber Pitu wajib kamu coba. Tempat wisata Malang yang berlokasi di kecamatan Tumpang ini sangat unik. Seperti namanya yakni sumber pitu yang berarti 7 sumber, air terjun ini memiliki 7 sumber mata air.

4. Museum Kesehatan Jiwa Malang

Destinasi tempat wisata malang yang menarik lainnya yaitu museum kesehatan jiwa Malang. Disini, kamu bisa berlibur sekaligus menambah wawasan. Di dalam museum yang berlokasi di Lawang ini terdapat berbagai macam peninggalan alat-alat kedokteran kesehatan jiwa. Museum ini juga salah satu museum tua di Malang yang berusia sekitar 110 tahun.

2 dari 4 halaman

Wisata Batu Malang

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang berbagai destinasi wisata di kota maupun kabupaten Malang, sekarang saatnya bergulir sedikit menuju kota Batu. Banyak berbagai destinasi wisata menarik yang sangat sayang jika kamu lewati saat berlibur di Malang. Berikut ini berbagai tempat wisata Batu yang telah dirangkum dari berbagi sumber. Yuk, simak di bawah.

1. Wisata Jatim Park 1

Saat berkunjung ke Malang, belum lengkap jika kamu belum mengunjungi Jatim Park. Destinasi wisata Batu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer baik bagi masyarakat Malang maupun wisatawan luar kota. Di Jatim Park 1 sendiri tak hanya menyuguhkan berbagai wahana permainana seru, tapi juga wahana edukasi seperti area edukasi sejarah, edukasi kebudayaan, dan sains.

2. Batu Might Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular © Diadona

BNS merupakan taman hiburan malam yang sangat seru dan pas buat kamu yang menyukai wisata malam. BNS sendiri dibuka mulai dari sore hingga tengah malam. Di tempat wisata yang terletak di Batu ini kamu akan disuguhkan berbagai wahana permainan yang seru selain juga area lampion yang sangat cocok buat kamu yang hobi berfoto. Jika kamu lapar, tak usah khawatir karena di dalam BNS sendiri tersedia berbagai kafe dan tempat makan lengkap dengan live musicnya.

3. Museum Angkut

Berbeda dengan museum-museum pada umumnya, museum yang satu ini memiliki konsep kekinian yang sangat cocok bagi anak muda. Di dalam museum angkut sendiri terdapat berbagai macam tema di masing-masing zona yang akan membuat kamu betah berlama-lama. Selain itu, koleksi alat transportasi di dalam museum ini sangat lengkap baik dari segi tahun maupun asal. Menariknya, kamu juga bisa lho berfoto sambil menaiki beberapa alat transportasi di museum yang berlokasi di Batu ini.

4. Taman Labirin

Kamu ingin merasakan bagaimana serunya berjalan di dalam labirin? Taman labirin di Coban Rondo sangat pas buat kamu yang menyukai petualangan. Taman ini masih satu area dengan Coban Rondo yang terletak di daerah Pujon, Kota Batu.

Taman labirin ini sendiri terbuat dari tanaman asli dengan tinggi 2 meter. Nah, jika kamu khawatir tidak bisa keluar dari labirin yang membingungkan, kamu bisa meminta tolong teman atau keluargamu untuk berjaga di menara pemantau yang tersedia. Seru kan?

3 dari 4 halaman

Wisata Kota Malang yang Murah

Jika sebelumnya kita telah membahas berbagai destinasi wisata menarik yang ada di Batu, yuk sekarang kita kembali lagi ke Malang. Kamu hanya memiliki sedikit budget untuk berlibur? Jangan khawatir, masih banyak tempat wisata menarik yang berada di Kota Malang yang murah dan pas di kantong. Untuk mengetahui selengkapnya, gulir ke bawah ya.

1. Alun-Alun Kota Malang

Kamu ingin berwisata tanpa mengeluarkan biaya? Kamu bisa nih mengunjungi alun-alun kota malang yang terletak di daerah Klojen, Malang. Di taman ini, kamu bisa bermain dengan puluhan merpati yang berterbangan bebas. Cocok banget kan jika kamu ingin memperkenalkan binatang dengan si kecil? Selain itu, akses ke tempat wisata Malang inipun juga sangat mudah dan terjangkau.

2. Kebun Teh Wonosari

Suasana yang segar dan menenangkan dari perkebunan teh sangat cocok jika kamu ingin refreshing dan relaksasi sejenak. Kebun teh yang berlokasi di Kecamatan Singosari ini tak hanya menawarkan keindahan hamparan perkebunan teh, tapi juga menyediakan berbagai wahana seperti flying fox, wall climbing hingga berkuda. Selain itu, kamu juga bisa lho mengikuti petani teh dan juga minum teh langsung dari perkebunan. Untuk menikmati tempat wisata ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 8.000 di hari biasa dan Rp. 10 ribu di hari libur. Tentu ada biaya tambahan lain jika kamu ingin mencoba wahana permainan di kebun Teh Wonosari.

3. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna © Diadona

Di Malang sendiri banyak pantai menarik yang bisa kamu kunjungi, salah satunya Pantai Tiga Warna yang terletak di Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Seperti namanya, pantai ini memiliki pemandangan air laut unik yang seolah memiliki tiga warna yang berbeda yakni biru, hijau dan bening. Pemandangan berupa hamparan tebing yang asri di sekitar pantai ini juga sangat indah. Soal biaya, kamu tak perlu khawatir. Harga tiket masuk di pantai ini sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 5 ribu rupiah saja.

4. Agro Tawon Rimba Raya, Malang

Agro Tawon Rimba Raya menawarkan pengalaman unik yang sayang jika kamu lewatkan. Disini, kamu bisa melihat langsung sekaligus merasakan bagaimana rasanya memamen madu. Setiap sarang dengan ukuran 4cm x 4cm yang siap panen di tempat ini dihargai sebesar Rp. 10 ribu. Cukup terjangkau, kan?

Jika kamu belum cukup tertarik untuk memanen madu, kamu juga bisa lho menyantap makanan, minuman, dan juga produk yang berhubungan dengan lebah lainnya yang ada di tempat wisata Malang ini. Selain itu, Agro Tawon Rimba Raya juga menyediakan jasa terapi lebah yang bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit.

4 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Malang

Destinasi wisata di Malang maupun Batu memang sangat banyak dan beragam. Beberapa tempat wisata Malang di bawah ini juga bisa kamu jadikan pilihan tempat liburan atau berakhir pekan lainnya. Dilansir dalam beberapa sumber, yuk simak dimana saja tempatnya.

1. Hawai Waterpark

Bermain air memang seru, terutama jika bersama keluarga dan si kecil. Untuk itu, kamu bisa mengunjungi tempat wisata Hawai Waterpark yang berlokasi di Perumahan Graha Kencana Jl Raya Karanglo, Malang. Banyak permainana air seru yang bisa kamu coba disini seperti Ekolu Slide, Twister Xtreme Slide, Ombak Tsunami dan masih banyak lagi. Tak hanya wahana air, tempat wisata Malang ini juga menyediakan area permainan non-air salah satunya area outbond.

2. Museum D'Topeng Malang

Jika kamu berkunjung ke museum angkut, kamu bisa nih sekalian mampir ke museum D'Topeng Malang yang tak kalah menarik karena lokasi kedua museum tersebut berdekatan. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai macam koleksi topeng khas berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa Timur, Kalimantan, hingga Papua.

Tak hanya topeng, di tempat wisata Malang ini juga terdapat berbagai benda pra sejarah hingga zaman Majapahit. Untuk tiket masuknya sendiri, Museum D'Topeng Malang mematok harga sebesar Rp. 25 ribu. Tapi kamu juga bisa membeli tiket terusan Museum Angkut dan Museum D'Topeng seharga Rp. 60 ribu di weekdays dan Rp. 85 ribu di weekend.

3. Wisata Petik Apel

Seperti yang kita tahu, Malang maupun Batu terkenal dengan apelnya. Nah, kamu juga bisa mencoba sensasi memetik buah apel langsung dari pohonnya di tempat wisata petik apel. Tempat wisata Malang ini berlokasi di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Disini, kamu bisa memetik buah apel sekaligus menikmatinya sepuasnya. Untuk menikmati wisata ini, kamu cukup membayar Rp. 20 ribu saja. Menarik, kan?

4. Taman Selecta

Taman Selecta © Diadona

Terakhir, tempat wisata populer di Malang maupun Batu yakni Taman Selecta. Taman yang berlokasi di Batu ini memiliki banyak koleksi tanaman asli baik dari Indonesia maupun mancanegara. Tak hanya itu, banyak spot-spot menarik yang bisa kamu jadikan latar untuk berfoto ria. Untuk menikmati keindahan taman ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 25 ribu saja. Jika kamu datang bersama rombongan, ada potongan khusus yakni kamu hanya perlu membayar Rp. 20 ribu saja per orangnya.

Menarik kan berbagai destinasi wisata di atas? Ada nggak nih yang jadi favorit kamu?

Beri Komentar