Tiket Wisata ke Borobudur Naik Menjadi Rp750 Ribu, Dapat Fasilitas Apa Aja?

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 6 Juni 2022 15:00
Tiket Wisata ke Borobudur Naik Menjadi Rp750 Ribu, Dapat Fasilitas Apa Aja?
Tiket naik jadi Rp750 ribu, dapat apa aja ya di Candi Borobudur?

Baru-baru ini, masyarakat Indonesia kembali dikejutkan dengan kabar bahwa tiket masuk ke Candi Borobudur meningkat tajam. Kabarnya, untuk menikmati kemegahan candi yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, masyarakat diharuskan untuk membayar uang sebesar Rp750 ribu. Padahal, sebelumnya masyarakat hanya membayar Rp50 ribu saja untuk bisa menikmati keindahan Candi Borobudur.

Lalu, apa yang kita dapat dari membayar Rp750 ribu? Sebelum itu, kita lihat dulu yuk tarif terbaru wisata Borobudur!

1 dari 3 halaman

Tarif Terbaru Candi Borobudur

Potret Candi BorobudurPotret Candi Borobudur © unsplash.com/Herry Sutanto

Beberapa waktu lalu, pemerintah menaikkan harga tiket masuk Borobudur menjadi Rp750 ribu. Rinciannya adalah Rp750 ribu untuk wisatawan domestik, dan 100 US Dolar untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk pelajar study tour Rp5.000.

Ternyata tarif ini adalah tarif untuk naik ke bangunan Candi Borobudur. Sedangkan, ada tarif sendiri untuk pengunjung yang ingin menikmati Candi Borobudur dari luar saja tanpa harus naik ke bangunan Candi. Tarifnya adalah Rp50 ribu untuk wisatawan dalam negeri. Rp 25.000 untuk anak dan pelajar, 25 US Dolar untuk wisatawan mancanegara, dan 15 US Dolar untuk wisatawan pelajar dan anak mancanegara.

2 dari 3 halaman

Fasilitas di Candi Borobudur

Potret Candi BorobudurPotret Candi Borobudur © unsplash.com/Mario La Pergola

Dengan tarif mencapai Rp750 ribu, wisatawan akan mendapat sejumlah fasilitas. Pengunjung bisa langsung menaiki Candi dan menikmati keindahan Candi Borobudur dari dalam. Tak hanya itu, pengunjung mendapat alas kaki dan juga akan didampingi oleh pemandu wisata.

Pemandu wisata yang akan memandu pengunjung adalah pemandu wisata yang bersertifikat kompetensi dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan serta sertifikat hospitality dari Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dan, rencananya jumlah pengunjung yang bisa naik ke candi akan dibatasi hanya 1.200 orang saja perhari.

3 dari 3 halaman
Beri Komentar