Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu, Sejarah Hingga Detail Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di 202

Reporter : Nasa
Kamis, 18 Februari 2021 13:07
Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu, Sejarah Hingga Detail Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi di 202
Yuk simak info detail tiket masuk wisata Tangkuban Perahu berikut ini.

Wisata Tangkuban Perahu sudha lama dikenal sebagai salah satu destinasi kunjungan favorit di Jawa Barat, bahkan salah satu yang terbaik di Indonesia nih. Lokasi wisata ini terkenal dengan pemandangan pegunungan indah yang memiliki kawah indah dengan panorama unik.

Belum lagi, lokasinya yang cukup tinggi, membuat suhu atau hawa di sekitar sana jadi sangat sejuk loh guys. Makanya gak heran deh kalau banyak yang rela jauh-jauh bertandang ke wisata Tangkuban Perahu untuk menikmati keindahan pemandangan sekaligus melepas penat.

Kalau kamu berkunjung ke wisata Tangkuban Perahu, kamu gak hanya akan mendapatkan pemandangan alam yang indah loh. Soalnya di sekitar sana juga terdiri dari pusat oleh-oleh yang pas banget buat kamu yang suka belanja atau ingin mencari pernak-pernik khas wisata Tangkuban Perahu.

Nah berikut ini Diadona hadirkan info lengkap tiket masuk wisata Tangkuban Perahu beserta informasi terkait lainnya yang sudah dihimpun dari berbahai sumber :

1 dari 3 halaman

Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu © Diadona

Wisata Tangkuban Perahu ini tergolong salah satu destinasi wisata yang paling terjangkau loh dibanding yang lainnya. Untuk bisa menikmati pemandangan indah Tangkuban Perahu, kamu tak perlu merogoh kocek yang cukup dalam kok guys.

Jam Buka : 07.00-17.00 WIB
Tiket Masuk : Rp. 22.000 (Wisatawan Domestik, Anak-Anak hingga Dewasa)- Rp.301.000 (Wisatawan Mancanegara)/orang
Nomor yang Bisa Dihubungi : 0821 2005 20011
Waktu Terbaik : 10.00-14.00 WIB
Larangan : Tidak boleh bersandar pada pagar pembatas, tidak boleh terlalu dekat dengan bibir kawah
Fasilitas Umum : Akses jalan mudah, toko-toko souvenir, mushola, toilet, area parkir luas, tempat istirahat, destinasi kuliner.

2 dari 3 halaman

Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bermula

Wisata Gunung Tangkuban Perahu © Diadona

Legenda Tangkuban Perahu untuk sebagian orang Indoneai memang sudah tak asing lagi. Namun buat kamu yang belum mengetahuinya, Diadona mau mengulasnya sedikit nih. Keindahan pemandangan sekitar Gunung Tangkuban Perahu berpusat di danau kawah yang aestetik.

Konon katanya, danau tersebut dibuat oleh seorang pria gagah nan sakti bernama Sangkuriang. Ia membuat danau beserta bahtera atau perahu kayu berukuran besar semata-mata untuk meminang seorang perempuan cantik bernama Dayang Sumbi.

Sayangnya, belakangan ia ketahui bahwa Dayang Sumbi ternyata adalah ibu kandungnya sendiri. Semasa kecil, Sangkuriang pernah kabur dari rumah setelah ketahuan ibunya membunuh anjing peliharaan mereka, Tumang.

Faktanya, Tumang ternyata adalah anjing jelmaan Dewa yang merupakan suami dari Dayang Sumbi, atau ayah kandung dari Sangkuriang sendiri. Saat Sangkuriang memutuskan untuk meninggalkan rumah, Dayang Sumbi pergi bertapa dan membuatnya jadi tetap cantik dan awet muda.

Hingga Dayang Sumbi bertemu dengan Sangkuriang dan sempat jatuh cinta. Namun dia akhirnya menyadari bahwa Sangkuriang adalah anak kandungnya. Akhirnya Dayang Sumbi ingin menolak Sangkuriang secara halus dengan memberi syarat tak masuk akal.

Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk membuat danau dan perahu. Mulanya, Sangkuriang hampir berhasil mewujudkan permintaan Dayang Sumbi. Tak tinggal diam, Dayang Sumbi akhirnya meminta bantuan Sang Hyang untuk menggagalkan usaha Sangkuriang.

Permohonan tersebu ternyata dikabulkan, Sangkuriang akhirnya gagal memenuhi keinginan Dayang Sumbi. Saking marahnya, Sangkuriang membuat kapal kayu buatannya yang belum sepenuhnya jadi hingga menelungkup. Perahu tersebut yang dipercaya menjadi Gunung Tangkuban Perahu saat ini.

3 dari 3 halaman

Wisata Tangkuban Perahu Bandung - Akses dan Rute Termudah

Wisata Gunung Tangkuban Perahu © Diadona

Perlu kamu ketahui nih ya, wisata Gunung Tangkuban Perahu berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Cikahuripan, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Untuk mengakses kawasan wisata ini bisa dibilang cukup mudah, mengingat kawasan ini sudah jadi jujugan wisata favorit masyarakat Indonesia sejak lama.

Banyak loh agen travel yang menyediakan jasa perjalanan dari berbagai daerah menuju Tangkuban Perahu. Tapi kalau kamu ingin ke sana dengan kendaraan pribadi juga bisa kok. Kalau kamu dari Jakarta, kamu bisa memulainya dari tol Pasteur, lalu lanjut ke Jalan. Dr. Djunjunan hingga menuju kawasan Lembang.

Selain itu, kamu juga bisa mengaksesnya lewat Tol Padalarang lewat Cipularang dan langsung menuju Cimahi. Nah kalau pakai kendaraan pribadi, kamu sekalian bisa mampir tuh ke beragam lokasi sebelum menuju wisata Tangkuban Perahu.

Beri Komentar