Sudah Bersepeda Selama 4 Tahun ke Mekah, Pemuda Ini Gagal Tunaikan Ibadah Haji karena Pandemi

Reporter : Nasa
Sabtu, 1 Agustus 2020 09:34
Sudah Bersepeda Selama 4 Tahun ke Mekah, Pemuda Ini Gagal Tunaikan Ibadah Haji karena Pandemi
Kisahnya bikin sedih.

Seorang pemuda asal Maroko menghabiskan waktu 4 tahun untuk bersepeda menuju Mekah, Arab Saudi, untuk beribadah haji. Adalah Ghulam Yassin yang sudah melalui 28 negara lintas benua untuk menuju ke tanah suci.

Menurut info dari laman Arab News (1/8/2020), Yassin sebenarnya sudah tiba di Arab Saudi sejak 7 bulan lalu setelah bertahun-tahun mengayuh sepedanya sejak tahun 2017 silam.

"Saya menghabiskan 4 tahun perjalanan menggunakan kaki hanya untuk menuju Mekah agar saya bisa menunaikan haji," kata Yassin seperti dikutip dari laman Arabnews.

Setelah tiba di Arab Saudi, Ghulam Yassin tinggal di di kediaman Abdulrahman Al-Mutairi, seorang personal media di Arab Saudi. Al-Mutairi sangat membantu Yassin saat berada di ARab Saudi.

Sebelumnya, Yassin diketahui sering kali tinggal di suatu tempat dengan mendirikan tenda. Namun ketika di Saudi, Al Mutairi menjadim Yassin bisa hidup dengan nyaman.

Bahkan sebiah kelompok 'Arabic Coffee' juga menyambut Yassin dengan tari-tarian dan nyanyian tradisional. Mereka juga mendokumentasikan perayaan kedatangan Yassin ke Arab Saudi.

1 dari 3 halaman

Tak Bisa Tunaikan Ibadah Haji karena Pandemi

Sayangnya, Ghulam Yassin tak bisa menunaikan ibadah haji meski dia sudah tiba di Arab Saudi sejak 7 tahun silam. Penyebabnya adalah adanya regulasi haji yang berubah karena pandemi.

" Kerajaan (Saudi) membatasi jumlah jamaah ibadah haji tahun ini untuk melindungi kesehatan kita," terang Yassin.

" Jadi saya memutuskan untuk menuju ke arah selatan dan menikmati waktu saya dengan cuaca yang sangat indah. Saya tak mengira, cuaca (Saudi) akan seindah ini," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ka'bah Kosong © Diadona

3 dari 3 halaman

Tunaikan Haji Tahun Berikutnya Bersama Sang Ibu

Kabar Ghulam Yassin yang bersepeda dari Maroko ternyata sangat terkenal. Kisahnya membuat banyak masyarakat Arab Saudi tersentuh dan ramai-ramai ingin membantunya, agar bisa tunaikan ibadah haji.

" Saya punya kabar luar biasa untuk anda. Teman-teman saya dari Saudi akan mengurus seluruh keperluan haji anda tahun depan," kata Yassin ketika sampaikan kabar ke Ibunya di Maroko.

Meski tahun ini masih belum terlaksana, Ghulam Yassin akhirnya tetap mendapat hikmah dengan mendapat bantuan dari rekan-rekannya di Arab Saudi untuk laksanakan ibadah haji tahun depan.

Boleh nih diambil pengajarannya, yakni jangan mudah menyerah dalam mencapai sebuah tujuan.

Beri Komentar