Sepi Penjahat, Penjara-Penjara di Belanda ini Akan Tutup?

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 17 Februari 2020 17:29
Sepi Penjahat, Penjara-Penjara di Belanda ini Akan Tutup?
Gimana ya kalau dalam suatu negara tingkat kriminalitasnya bener-bener sedikit?

Penjara memang digunakan untuk menampung para narapidana karena telah melakukan tindak kriminalitas. Namun, di Belanda malah kosong. Kok bisa kosong?

Ternyata, di Belanda tingkat kriminalitasnya sangat rendah. Saking rendahnya, Belanda sudah menutup 28 penjaranya sejak tahun 2013 lalu. Ini berita baik atau buruk nih?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Penjara Kosong © Diadona

Ini memang bisa berita baik tapi juga berita buruk. Berita baiknya, Belanda menjadi negara dengan tingkat kriminalitas paling rendah di dunia. Dilansir dari berbagai sumber, tahun 2018 lalu saja Belanda mehyebut jika di negaranya tidak ada lagi penjahat dan kasus kriminalitas.

Saking Sepinya, Belanda sampai menerima kiriman tahanan dari Norewegia. Alasanya adalah agar Belanda ingin tetap sistem penjara tetap berjalan di negaranya dan pekerja di penjara bisa tetap bekerja. Dilansir dari Daily Mail, beberapa penjara seperti Zoetermeer, Zeist, Almere dan Zwang, semuanya telah ditutup.

 

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Penjara Kosong © Diadona

Berita buruknya, dengan ditutupnya lembaga pemasyarakatan ini maka akan banyak juga bekerja yang kehilangan pekerjaanya. Di satu sisi pemerintah mendapat prestasi namun dibaliknya banyak orang kehilangan pekerjaanya.

Kalau menurut kamu gimana? Silahkan tulis di kolom komentar, ya.

Beri Komentar