Pusun Sembalun Lombok, Menikmati Pemandangan Taman Asri dengan Background Gunung Rinjani

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 2 Februari 2021 11:03
Pusun Sembalun Lombok, Menikmati Pemandangan Taman Asri dengan Background Gunung Rinjani
Pemandangannya bikin mata nggak bisa kedip!

Bagi penikmat alam, Lombok merupakan destinasi yang wajib disambangi. Bukan hanya alam baharinya yang menawan, namun juga tentang Gunung Rinjani yang mengagumkan. Tidak harus puncaknya, Rinjani juga indah dinikmati di kaki gunungnya.

Jika tertarik, cobalah berkunjung ke Desa Wisata Senaru. Atau, bisa juga ke Desa Adat Beleg dan melebar ke Taman Wisata Pusuk Sembalun. Secara administratif, objek wisata alam ini bisa dikunjungi di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Tertarik untuk mengunjungi taman wisata alam di Lombok yang sedang populer ini? sebagai persiapan, mari kita lebih dekat mengenalnya melalui artikel ini. Perihal pesona atau daya tariknya, fasilitas wisata yang tersedia. Juga, tentang harga tiket masuk dan rute perjalanan yang ditempuh hingga tiba di lokasinya.

1 dari 4 halaman

Daya Tarik Wisata Pusuk Sembalun

Pusun Sembalun Lombok © Diadona

Menempati wilayah dataran tinggi pada ketinggian sekitar 1000 mdpl, taman wisata ini menawarkan lanskap molek perlembahan Taman Nasional Gunung Rinjani. Komposisi alam dengan dominasi warna hijau demikian baik mencipta keindahan yang sedap di pkamung mata. Suhu udaranya pun melengkapi dengan kesejukannya.

“ Pusuk” adalah bahasa lokal untuk menyebut “ puncak“ . Sedangkan Sembalun adalah nama desa dan juga kecamatan tempat puncak tersebut berada. Oleh karena semakin banyak yang mengunjungi dan mengagumi, pada akhirnya disediakanlah area khusus semacam view point sebagai spot terbaik untuk menikmati pemkamungan.

2 dari 4 halaman

Di spot tersebut, di sekujur pkamungan telah tersaji keindahan alam lestari melalui tebing-tebing curam dari perbukitan yang seolah sambung menyambung. Lebatnya kehijauan senantiasa segar memanjakan mata siapa saja. Termasuk juga lembah yang berhias pemukiman dan juga peternakan melengkapi panorama indah pegunungan.

Spesies Monyet Pusuk Sembalun Lombok © Diadona

Daya tariknya itulah yang membuat wisatawan berbondong-bondong mengunjungi objek wisata alam ini. Bahkan diberitakan, meski masih dalam transisi masa “ kenormalan baru“ , di akhir pekan ratusan kendaraan tumpah ruah memadati Jalan Kawasan Wisata Pusuk Sembalun ini. Mereka rindu alam setelah cukup lama tertahan di rumah.

Jika sobat ingin berkunjung, satu hal yang perlu diperhatikan. Taman Wisata Pusuk Sembalun juga merupakan rumah bagi monyet-monyet liar dengan jumlah yang sangat banyak. Cenderung usil dan suka mengganggu sehingga perlu berhati-hati. Pastikan setiap bekal perlengkapan kamu aman dari gangguan monyet-monyet tersebut.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Pusun Sembalun Lombok © Diadona

Untuk bisa mampir beristirahat atau memang bertujuan untuk menikmati liburan di taman ini, kamu cukup membayar tiket retribusi sebesar Rp 5.000 saja. Biaya retribusi ini akan dipergunakan untuk pengadaan fasilitas yang lebih lengkap, perawatan tempat wisata, serta penjagaan kebersihan. Dengan dana yang sangat terjangkau ini, kamu sudah bisa menikmati keindahan taman wisata yang sangat unik ini.

Di Pusuk Sembalun telah dibangun beberapa spot untuk menikmati pemkamungan yang juga berfungsi sebagai spot foto bagi penggemar selfie. Seiring dengan lonjakan wisatawan yang datang, fasilitas yang ada pun kini diperlengkap, termasuk area parkir, warung makanan, toilet umum, petugas keamanan dan lain sebagainya.

4 dari 4 halaman

Lokasi & Rute Wisata Pusuk Sembalun

Seperti tertulis di awal, Taman Wisata Pusuk Sembalun berlokasi di Jalan Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kondisi jalan sampai di lokasi pun sudah bagus dan lebar. Objek wisata ini terbuka 24 jam, sehingga Anda bisa menyesuaikan jadwal kunjungan.

Untuk rute, sebenarnya selalu bergantung dari mana arah kedatangan Anda. Jika dari Mataram, jaraknya sekitar 80 km dengan perjalanan berkendara kurang lebih 2 jam. Melalui Jl. Raya Mataram – Labuhan Lombok/Jl. Raya Mataram – Sikur dan Jl. Segara Anak ke Jl. Wisata Gn. Rinjani. Lihat Peta Lokasi dan Rute, di sini.

Nah, jadi kapan kesini nih guys?

Beri Komentar