Punya Pemandangan Indah, Pulau Tak Berpenghuni Ini Justru Terlarang untuk Manusia!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 10 September 2020 18:20
Punya Pemandangan Indah, Pulau Tak Berpenghuni Ini Justru Terlarang untuk Manusia!
Pulau ini sempat menjadi tempat pembuangan mayat karena wabah Pes.

Sebuah Pulau memang memiliki keindahan tersendiri yang membuat manusia ingin menjejakinya. Meskipun begitu, beberapa pulau yang ada di dunia ini ternyata memiliki misteri tersendiri. Bahkan beberapa pulau justru memang terlarang untuk manusia.

Salah satu pulau yang berbahaya dan terlarang untuk manusia adalah Pulau Poveglia. Seperti apa seramnya pulau ini? Yuk kita simak!

1 dari 4 halaman

Pulau Poveglia

Pulau Poveglia © Diadona

Pulau Poveglia ini berada di Italia. Pulau ini dibangun oleh pemerintah Venesia. Ternyata, pulau ini memang sudah digunakan oleh pemerintah Venesia untuk tempat mengarantina penderita wabah.

Melansir dari atlas obscura, pada tahun 1793 hingga 1814, pulau ini digunakan sebagai lokasi karantina yang menampung lebih dari 160 ribu jiwa yang terinfeksi wabah pes. Bahkan mereka menghabiskan sisa hidup mereka di sana.

2 dari 4 halaman

Tempat Pembuangan Mayat

Pulau Poveglia © Diadona

Selain itu, warga Italia yang panik dengan wabah yang merenggut ribuan nyawa tersebut juga membawa mayat-mayat tersebut menuju pulau Poveglia. Ada yang membakar mayat di sana, ada juga yang membuat lubang-lubang dan membuang mayat begitu saja.

Karena pulau menjadi tempat pembuangan mayat yang terkena wabah, banyak nelayan yang menolak mencarai ikan di sekitar pulau tersebut. Hal ini karena para nelayan kerap mendapati mayat di sekitar pulau Poveglia.

3 dari 4 halaman

Dibangun Rumah Sakit Jiwa yang Mengerikan

Pulau Poveglia © Diadona

Setelah wabah Pes berakhir, pulau tersebut tetap menjadi tak berpenghuni. Lalu pada tahun 1922, sebuah rumah sakit jiwa dibangun di pulau ini. Dari kabar yang beredar, penduduk mengatakan jika sang dokter itu gila dan jahat karena kerap menyiksa dan membunuh pasiennya.

Pulau Poveglia © Diadona

Hingga akhirnya dokter tersebut tewas melompat dari menara lonceng. Beberapa rumor mengatakan jika dokter tersebut dilempar oleh seseorang dari menara lonceng.

Pulau Poveglia © Diadona

Akhirnya rumah sakit tersebut ditutup tahun 1968. Namun, reruntuhannya masih ada hingga saat ini dan tertutup oleh tanaman hijau yang memberikan kesan mencekam bagi siapa saja yang melihatnya. Dengan keadaanya saat ini, banyak yang meyakini jika Pulau Pveglia sangat berhantu.

4 dari 4 halaman

Akses Masuk Ketat

Sampai saat ini, pulau Poveglia tetap terlarang untuk pengunjung yang tanpa izin. pada tahun 2016, lima orang dari Colorado mendapat izin untuk bermalam di tempat tersebut. Namun, ketika malam, mereka berteriak minta tolong dan akhirnya diselamatkan oleh para pemadam kebakaran di lokasi tersebut.

Saat ini Pulau Poveglia hanya menjadi tempat pengasingan saja. Bahkan tempat ini tidak pernah dijadikan tempat tinggal.

Tur hanya dilakukan untuk mengeksplor laguna di sekitar pulau ini saja menggunakan boat dan dipandu oleh pemandu wisata. Tertarik untuk berkeliling di pulau ini?

Beri Komentar