Pulau Ini Berbentuk Mirip Sidik Jari, Apakah Ini Sentuhan dari Tuhan?

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 6 Mei 2020 08:20
Pulau Ini Berbentuk Mirip Sidik Jari, Apakah Ini Sentuhan dari Tuhan?
Pulau di Kroasia ini punya garis-garis yang mirip dengan sidik jari jika dilihat dari atas.

Sebuah pulau unik berada di kawasan perairan Kroasia dan membentang di sektiar laut Adriatik. Pulau ini terbilang unik karena memiliki bentuk motiv seperti sidik jari manusia jika dilihat dari atas.

Seperti apa ya detail dari pulau unik yang satu ini? Kita simak yuk!

1 dari 3 halaman

Pulau Baljenac

Pulau Baljenac © Diadona

Tempat ini bernama pulau Baljenac. Garis-garis yang menyerupai sidik jari ini ternyata adalah artefak dinding-dinding batu yang dikelilingi pepohonan. Ternyata, dinding ini adalah tanda batas di stiap lahan perkebunan.

Uniknya lagi, dinding batu ini tidak dibangun menggunakan mesin melainkan manual menggunakan tenaga manusia. Lalu bagaimana sejarah terciptanya pulau sidik jari ini?

2 dari 3 halaman

Sejarah

Pulau Baljenac © Diadona

Satu abad yang lalu, Pulau Baljenac merupakan lahan kosong yang diubah menjadi kawasan perkebunan. Penduduk pria dari pulau Kaprije setiap hari mengantar istri mereka berladang menuju pulau tersebut. Lalu pada malam hari, mereka akan dijemput kembali.

Sayangnya, aktivitas bercocok tanam di Pulau Baljenac tidak bertahan lama. Hal ini desebabkan penduduk Kaprije merasa kesulitan dalma mengelola tanaman di pulau tersebut. Akhirnya, pulau ini menjadi pulau tak berpenghuni hingga saat ini.

3 dari 3 halaman

Menjadi Jujukan Wisata

Pulau Baljenac © Diadona

Karena kawasan ini hanya menyisakan artefak berupa dinding batu bekas pembatas lahan perkebunan, agen wisata setempat memanfaatkannya untuk membuka aneka tur perjalanan menuju Pulau Baljenac.

Perjalanan menuju pulau ini juga cukup mudah. Pengunjung berkumpul di Zagreb. Kemudian bertolak dari Zagreb menuju pulau ini menggunakan Speedboat. Lama perjalanan menuju pulau ini sekitar tiga jam saja.

Tertarik mengunjungi pulau ini?

Beri Komentar