Gua di Cihuahua Meksiko Ini Dipenuhi Kristal Raksasa, Segede Apa nih Bongkahannya?

Reporter : Nasa
Minggu, 3 Mei 2020 15:35
Gua di Cihuahua Meksiko Ini Dipenuhi Kristal Raksasa, Segede Apa nih Bongkahannya?
Selain dipenuhi bongkahan kristal, gua tersebut juga dipenuhi dengan misteri.

Cueva de los Cristales atau Gua Kristal ini terletak di bawah gunung Naica, Cihuahua, Meksiko. Yap, sesuai dengan namanya, gua tersebut memang dipenuhi dengan bongkahan-bongkahan kristal dengan ukuran besar di hampir seluruh bagiannya.

Melansir dari laman National Geographic, gua unik ini berada 300 meter di bawah gunung Naica. Di dalamnya terdapat bongkahan kristal dengan berbagai ukuran. Kristal di dalam Gua Krital ini bahkan ada yang mencapai panjang 30 meter!

Wahh ini mah namanya gua yang isinya penuh harta karun. Kabarnya, Gua Kristal ini menjadi satu-satunya di dunia loh. Masih belum ditemukan lokasi lain yang memiliki kandungan mineral tinggi sehingga bisa menghasilkan kristal seperti di Gua Kristal, Cihuahua, Meksiko ini.

1 dari 2 halaman

Gua Kristal Cihuahua Meksiko © Diadona

2 dari 2 halaman

Menurut para ilmuan, kristal yang terdapat di gua tersebut terbentuk akibat adanya aktivitas vulkanik gunung Naica yang terjadi sekitar 26 milyar tahun silam. Sayangnya, keindahan kristal di dalam gua tersebut tidak bisa dinikmati oleh sembarang orang loh.

Karena letaknya yang berada jauh di bawah gunung Naica, hanya profesional saja yang bisa masuk turun ke dalam gua tersebut. Bahkan katanya nih ya, gua kristal tersebut hanya bisa dimasuki oleh manusia jika air di dalamnya dipompa terlebih dahulu.

Meskipun ternyata banyak yang pro kontra terkait dengan pemompaan air di dalam gua tersebut agar bisa dimasuki. Ada yang memberi argumen, bahwa sebaikny gua tersebut dibiarkan alami seperti sedia kala agar tidak rusak oleh tangan manusia.

Wahh gimana nih pendapatmu tentang Gua Kristal di Cihuahua ini?

Beri Komentar