Pesona Gurun Namib, Tempat Ombak Samudera dan Panasnya Padang Pasir Bertemu

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 19 Maret 2020 17:44
Pesona Gurun Namib, Tempat Ombak Samudera dan Panasnya Padang Pasir Bertemu
Bagaikan dua hal yang sulit dipertemukan, namun ini nyata adanya.

Gurun adalah dataran pasir yang gersang dan panas. Biasanya kamu akan sulit menemukan air di sana. Kalau pun ada pasti hanya oasis dan sangat sulit ditemukan. Namun, sebuah gurun yang ada di Negara Namibia, Afrika ini sangat unik. Gurun ini langsung berbatasan dengan Samudera Atlantik. Bahkan bersentuhan langsung dengan laut. Seperti apa ya? Yuk kita lihat!

1 dari 2 halaman

Gurun Namib

Gurun Namib ini adalah satu-satunya gurun yang bersentuhan langsung dengan air laut. Luas gurn sebelah barat-timurnya mencapai 50 hingga 160 kilometer. Gurun ini bahkan diklaim sebagai gurun pasir tertua di dunia. Gurun Namib ini juga masuk dalam catatan wilayah yang dilindungi oleh UNESCO.

Selain menjadi satu-satunya gurun yang langsung bersentuhan dengan air laut. Gurun ini juga menjadi satu-satunya gurun pasir yang berkabut. Kabut ini berasal dari perairan Samudra Atlantik. Interaksi antara udara bermuatan air laut lewat angin selatan dan udara kering dari gurun menyebabkan banyaknya kabut yang beraliran kuat.

2 dari 2 halaman

Letak

Gurun pasir yang langsung bertemu dengan air laut ini berada di bagian selatan Skeleton Coast. Apabila dilihatnya dari atas, pertemuan antara laut dan gurun pasir ini semakin menakjubkan. Nggak heran sih kalau panorama di Namibia ini dianggap sebagai pemandangan paling indah di dunia. Berikut adalah pemandangan gurun Namib jika dilihat dari luar angkasa:

Gurun Namib © Diadona

Beri Komentar