Pesaingnya Niagara, Argentina Ternyata Punya Air Terjun Terbesar di dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 1 Desember 2020 15:45
Pesaingnya Niagara, Argentina Ternyata Punya Air Terjun Terbesar di dunia
Air terjun ini sangat lebar dan mirip dengan air terjun Niagara.

Air terjun Niagara dikenal sebagai air terjun paling besar di dunia. Berada di perbatasan antara Canada dan Amerika Serikat, Air Terjun Niagara ini memiliki pesona luar biasa dengan kemegahan dan juga keindahannya. Lebih dari 6 juta kubik air per menit dijatuhkan dari air terjun ini. Tak heran jika Niagara menjadi air terjun terlebar dan terbesar di dunia.

Namun, air terjun terbesar di dunia tak hanya dimiliki oleh Niagara saja. Ternyata, di Argentina juga ada air terjun terbesar di dunia. Namanya adalah Mocona Falls. Seperti apa sih Mocona Falls ini? Yuk kita simak!

1 dari 4 halaman

Mocona Falls

Air Terjun Mocona © Diadona

Mocona Falls terletak di Argentina tepatnya terletak di Provinsi Misiones. Melansir dari Amusing Planet, Air Terjun Mocona bisa dianggap mirip dengan Air Terjun Niagara. Hal ini dilihat dari geografisnya, Air Terjun Mocona juga berbentuk memanjang dan melebar.

Tak hanya menjadi sungai yang lebar, Air Terjun Mocona ini memiliki keunikan lain. Ya, Air dari Mocona Falls tak langsung terjun ke sungai Uruguay di bawahnya, namun mengalir bersama aliran sungai.

Mocona sendiri memiliki arti. Nama Mocona diambil dari bahasa Guarani yang memiliki arti menelan segalanya. Sementara di Brasil, air terjun ini dinamakan air terjun Yucuma yang berarti kejatuhan besar.

2 dari 4 halaman

Melintasi Dua Negara

Air Terjun Mocona © Diadona

Sama halnya dengan air terjun Niagara, Air Terjun Mocona juga melintasi dua negara. Yakni Brasil dan Argentina. Hal inilah yang menyebabkan air terjun Mocona memiliki nama ganda.

Diperkirakan, air terjun ini sudah ada sejak zaman es.

3 dari 4 halaman

Air Terjun yang Bisa Menghilang

Air Terjun Mocona © Diadona

Air Terjun Mocona ini memang air terjun yang punya banyak keunikan. Selain lebar dan punya dua nama, Air Terjun Mocona ini juga dikenal bisa menghilang. Mocona hanya terlihat selama 150 hari setiap tahun.

Rupanya, Ketinggian air terjun ini tak selalu sama. Tergantung dari banyaknya air yang mengalir. Terkadang, Air Terjun Mocona ini terlihat seperti pusaran air yang sangat besar ketika sungai yang ada di bawahnya meluap dan menutupi seluruh air terjun.

Nah, ketika air sungai kembali surut, air terjun ini bisa terbentuk sampai 18 meter.

4 dari 4 halaman

Jadi Destinasi Wisata

Air Terjun Mocona © Diadona

Keunikan Air Terjun Mocona membuatnya menjadi destinasi wisata untuk para wisatawan. Masyarakat yang berlibur ke Air Terjun Mocona ini biasa melakukan berbagai olahraga ekstrem seperti berkano ataupun Kayak.

Selain itu, air terjun Mocona ini juga punya pemandangan indah yang dikelilingi perbukitan hijau. Tempat inilah yang biasa dibuat spot berkemah untuk para wisatawan.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke tempat ini?

 

Beri Komentar