Menyusuri Kawasan Lembah Harau, Secuil Surga di Ujung Timur Sumatera Barat

Reporter : Novi Hardita Larasati
Minggu, 20 Desember 2020 08:10
Menyusuri Kawasan Lembah Harau, Secuil Surga di Ujung Timur Sumatera Barat
Kamu udah pernah kesini, belum?

Wisata alam di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari Sabang hingga Merauke kamu akan dibuat takjub dengan keindahannya yang tak kalah dari tempat wisata di luar negeri. Salah satunya ialah kawasan di Lembah Harau, Sumatera Barat.

Lembah Harau sendiri ialah kawasan hutan alam yang terdiri dari lembah, air terjun, serta tebing tinggi yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Bahkan, keindahan alamnya berada di dua nagari yakni Nagari Harau dan Nagari Tarantang yang sering dikunjungi para wisatawan lokal maupun macanegara.

1 dari 2 halaman

Hidden Gems di Kawasan Lembah Harau © Diadona

Keindahan panorama kawasan Lembah Harau ini terbentuk oleh tebing terjal di bukit-bukit yang mengelilinginya, seolah seperti dinding raksasa yang mengepung lembah di bawahnya. Menariknya lagi, dinding mahakarya Sang Pencipta Semesta ini menjulang setinggi kurang lebih 200-400 meter dengan menciptakan pola bayangan yang menarik untuk disaksikan pada pagi dan sore hari.

Bahkan, saat mengunjungi kawasan Lembah Harau kamu juga bisa eksplor beberapa spot sebagai momen liburan yang tidak bisa dilupakan. Nah, spot pertama yang tidak banyak diketahui orang luar ialah Ngalau Seribu. Namun, untuk datang ke sini kamu harus membuat janji dulu dengan juru kuncinya yang bernama Tuar Suar, sebab ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan di tempat tersebut, salah satunya yaitu dilarang berbicara kotor.

Perlu diketahui bahwa spot Ngalau Seribu bukanlah lokasi yang menawarkan air terjun seperti banyak dikenal wisatawan, melainkan spot ini menampilkan view Lembah Harau dari ketinggian. Dengan begitu, kamu akan melihat hamparan sawah membentang di tengah kawasan Lembah Harau yang dibelah sungai di tengahnya dan atap-atap rumah gonjong.

2 dari 2 halaman

Hidden Gems di Kawasan Lembah Harau © Diadona

Untuk spot berikutnya ada Sarasah Murai. Buat kamu yang pernah ke Lembah Harau pasti tidak asing lagi dengan Sarasah atau Sarosah yang merupakan sebutan lain dari air terjun. Contohnya seperti, Sarasah Bunta, satu diantara tempat yang terkenal oleh turis.

Ohiya, Sarasah Murai dan Sarasah Bunta ini teryata spot yang berbeda. Perbedaannya hanya terletak pada lokasi dan bentuk lembahnya. Di mana Sarasah Murai berada sekitar 11 km dari gerbang masuk Lembah Harau. Namun dikarenakan tempat ini bisa dibilang sedikit pelosok, maka sebaiknya kamu menyewa jasa guide di loket pembayaran Harau supaya tidak tersesat.

Selanjutnya ada Sarasah Donat. Disebut demikian sebab air terjun ini turun dari tebing yang memiliki lubang sehingga jatuhnya air menyerupai donat. Untuk datang ke sini, kamu harus mengeluarkan ekstra tenaga karena harus berjalan kaki kurang lebih 25 menit dari loket masuk Harau dan menyisir gua.

Nah, itulah beberapa tempat tersembunyi yang ada di kawasan Lembah Harau, yang berada di Kecamatan Harau, tepatnya di Nagari Tarantang dan Nagari Harau sendiri. Untuk ke sini, kamu harus menempuh jarak sekitar 15-20 km dari Kota Payakumbuh, ya. Cus, jadwalin liburanmu ke kawasan Lembah Harau sekarang juga!

Beri Komentar