Menyusuri Curug Cibaliung, Pesona Air Sebening Kristal di Daerah Bogor

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 17 Desember 2020 16:29
Menyusuri Curug Cibaliung, Pesona Air Sebening Kristal di Daerah Bogor
Air di Curug Cibaliung begitu jernih dengan warna biru toska yang memanjakan mata.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki banyak tempat wisata tersembunyi yang patut untuk dikunjungi. Terdiri dari negara kepulauan dan juga dikelilingi oleh gunung berapi aktif, Indonesia menawarkan berbagai macam keindahan mulai dari pantai, air terjun, hingga pegunungan.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang curug atau air terjun. Bukan air terjun biasa, namanya adalah Curug Cibaliung. Seperti apa keindahan curug ini? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 4 halaman

Curug Cibaliung

Curug Cibaliung © Diadona

Curug Cibaliung berada di Desa Cibadak, Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tak seperti air terjun yang memiliki ketinggian tertentu curug ini terlihat cukup pendek. Meskipun tak terlalu tinggi, namun debit airnya cukup deras.

Nah, yang menjadi keistimewaannya adalah airnya yang sangat jernih. Jika dilihat dari dekat, warnanya biru toska dan akan terlihat lebih jelas dan jernih ketika musim panas. Benar-benar bagaikan surga tersembunyi ketika kamu memasuki wilayah Curug Cibaliung ini.

Namun, disarankan untuk tak mengunjungi curug Cibaliung ketika musim penghujan. Pasalnya, area tracking yang licin sangat berisiko untuk para wisatawan tergelincir. Selain itu, hal ini juga untuk mengantisipasi adanya banjir bandang.

2 dari 4 halaman

Fasilitas di Curug Cibaliung

Curug Cibaliung © Diadona

Karena masih sangat baru, fasilitasnya juga tak begitu banyak dan tergolong masih minim. Ada beberapa petunjuk jalan dan juga area parkir di sekitar Curug Cibaliung.

Selain itu, kamu juga masih bisa bersantai dan mengisi perut di beberapa warung di sekitar lokasi wisata. Tenang saja, meskipun fasilitasnya masih minim, namun di wisata Curug Cibaliung ini masih terdapat tempat penitipan barang, tempat ganti dan kamar mandi di area Leuwi Hejo. Sayangnya tempatnya sedikit jauh dari lokasi Curug Cibaliung.

3 dari 4 halaman

Rute Menuju Curug Cibaliung

Curug Cibaliung © Diadona

Curug Cibaliung tak begitu jauh dari kota Jakarta. Jika kamu mengendari dari Jakarta, maka kamu bisa mengambil jalur Tol Jagorawi dan keluar jalur Tol Sentul City. Ketika keluar tol, kamu bisa masuk ke Jungle Land, lalu belok kiri menuju Leuwi Hejo.

Kamu bisa menggunakan kendaraan mobil maupun motor. Namun, kamu hanya bisa memarkirkannya di tempat yang telah disediakan, kemudian berjalan sekitar 15 menit menuju lokasi.

4 dari 4 halaman

Tiket Masuk

Curug Cibaliung © Diadona

Untuk tiket masuknya, tergolong murah. Kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 20 ribu. Rp 15 ribu untuk tiket masuk dan Rp 5.000 untuk retribusi. Untuk parkir, kamu perlu membayar lagi Rp 5.000.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke tempat ini? Jangan lupa tetap menerapkan protokol kesehatan, ya.

Beri Komentar