Lika Liku Manikliyu, Hutan Pinus di Bali yang Jarang Terjamah Wisatawan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Jumat, 18 Desember 2020 14:10
Lika Liku Manikliyu, Hutan Pinus di Bali yang Jarang Terjamah Wisatawan
Udah pernah kesini belum?

Pualu Bali memang selalu jadi salah satu tempat berlibur yang dipilih wisatawan lokal ataupun mancanegara. Pasalnya, di Bali terdapat destinasi wisata yang memiliki panorama alam yang indah. Nah, jika kamu melipir ke utara Pulau Bali, ternyata di sana terdapat tempat wisata dengan hawa pegunungan sejuk lho, yakni daerah Kintamani.

Di Kintamani, destinasi utama yang ramai dikunjungi ialah pemandangan Gunung Batur. Selain itu, ada juga atraksi wisata yang masih belum banyak terjamah di Kintamani, yaitu hutan pinus. Hutan pinus yang terletak di Desa Manikliyu ini menyimpan keindahan lain dari Pulau Bali.

1 dari 2 halaman

Hutan Pinus Manikliyu © Diadona

Bahkan, hutan yang terletak di kawasan Glagah Linggah Lestari, Kintamani, tepatnya di Desa Manikliyu ini menjadi salah satu kawasan desa yang kaya dengan situs bersejarah seperti sarkofagus dan neraca perunggu. Sehingga tak heran, jika rumah penduduk di Desa Manikliyu masih terkesan antik.

Begitu pula dengan Hutan Pinus Manikliyu yang masih terkesan mistis saat dilewati. Meski begitu, siapa sangka kalau pepohonan pinus yang umurnya sudah tua ini menyimpan keindahan alami karena hampir tidak ada pepohonan tropis di dalamnya. Ya, walaupun tidak terlalu ngehits seperti hutan-hutan pinus yang ada di luar Bali, namun Hutan Pinus Manikliyu kondisinya cukup terawat, kok. Apalagi pesona padang ilalang yang menambah kesan alami pada hutan tersebut.

2 dari 2 halaman

Hutan Pinus Manikliyu © Diadona

Saat berkunjung ke Hutas Pinus Manikliyu, nantinya akan ada spot foto ayunan yang akan membuat hasil foto berlibur kamu semakin cantik. Bahkan, saking menariknya, tidak jarang Hutan Pinus Manikliyu ini kerap dijadikan spot foto prewedding, lho. Selain itu, di sepanjang jalan berasapal ang seperti membelah hutan pinus ini juga bisa dijadikan spot foto.

Nah, untuk kamu yang menuju ke Hutan Pinus Manikliyu dari Denpasar, maka kamu bisa mengunakan jalan alternatif dari Payangan - Buahan - Kintamani. Tenang, di sini kamu tidak akan di minta untuk membayar tiket masuk alias gratis, guys! Sementara untuk rekomendasi kuliner, kamu bisa datang di Lake View Restaurant yang menyajikan aneka hidangan lokal hingga internasional dengan pemandangan Gunung Batur. Harga makanan dan minumannya pun mulai dari Rp25.000.

Ohiya, kamu juga bisa menginap di Lake View Hotel yang kamarnya langsung menghadap pemandangan Gunung Batur dengan harga per malamnya adalah Rp 720.000. Worth it, bukan? Setelah mengetahui informasi tentang Hutan Pinus Manikliyu, apakah kamu berniat akan mengunjungi tempat ini? Share di kolom komentar ya!

 

Beri Komentar