Menilik Air Terjun Sarang Burung, Si Tingkat Tujuh yang Menggoda di Sulawesi Selatan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 21 Desember 2020 08:10
Menilik Air Terjun Sarang Burung, Si Tingkat Tujuh yang Menggoda di Sulawesi Selatan
Keren nih air terjunnya.

Saat berkunjung ke Sulawesi Selatan, rasanya kurang afdol kalau belum menikmati wisata alamnya. Salah satunya ialah air terjun di daerah SulSel, tepatnya berada di Dusun Batu lappa, Desa Tompo, Kecamatan Barru. Air terjun ini dinamakan Sarang Burung oleh warga setempat karena kicauan burung yang sering terdengar di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Ya, walaupun saat datang ke tempat wisata ini kamu harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer, melewati jalur terjal dan menanjak, namun panorama yang menawan di sekitar air terjun dijamin tak akan bikin kamu menyesal.

1 dari 2 halaman

Air Terjun Sarang Burung © Diadona

Selain dikenal sebagai nama Sarang Burung, air terjun ini juga memiliki sebutan Batulappa, atau dalam bahasa Sulawesi Selatan artinya batu bersusun. Di mana sebutan tersebut sangat sesuai dengan kondisi fisik destinasi ini karena airnya mengalir deras dengan melewati tingkatan bebatuan alami.

Dengan suasanya yang sejuk, menyegarkan, dan ditambah kicauan burung yang merdu, tentunya hal ini membuat kamu merasa begitu senang saat berada di sini.  Ditambah lagi dengan lokasi air terjun Sarang Burung Tujuh Tingkat yang masih tersembunyi, kamu akan serasa menemukan hidden treasure berupa kekayaan alam yang tidak akan membuat kamu menyesal mengunjunginya, deh.

Pemandangan sekitarnya juga menjadi lebih elok, lantaran terdapat ribuan burung yang memiliki sangkar di daerah sekitar air terjun. Dengan begitu, kamu akan mendengarkan kicauan burung yang merdu, serta juga suara gemuruh air terjun membentuk sebuah harmoni alam. Maka tak heran jika hal-hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler lokal maupun mancanegara.

2 dari 2 halaman

Untuk bisa mencapai Air Terjun Batulappa, kamu harus melakukan perjalanan ke Kabupaten Barru terlebih dulu. Nah, dari situ kamu mencari Jalan Pahlawan dan meluncur ke Desa Tompo. Taraa, kamu akan sampai di Dusun Batulappa, tempat air terjun itu berada.

Serunya lagi, saat berada di kawasan air tersebut kamu juga bisa berenang sekaligus berkemah selama beberapa hari di air terjun Sarang Burung Tujuh Tingkat ini. Dengan bermalam disana, kamu akan bisa menikmati suasana air terjun di malam hari yang menenangkan. Menarik, bukan?

Ohiya, jika kamu tertarik berkunjung ke Air Terjun Sarang Burung Tujuh Tingkat ini sebaiknya datang di awal musim kemarau atau musim hujan, ya. Sebab, debit airnya akan cukup deras serta cukup aman saat bermain. Selamat berlibur di akhir pekan!

Beri Komentar