Pulau Ini Disebut Sebagai Lokasi Terbaik untuk Isolasi Diri Selama Pandemi

Reporter : Riza Umami
Kamis, 11 Maret 2021 12:17
Pulau Ini Disebut Sebagai Lokasi Terbaik untuk Isolasi Diri Selama Pandemi
Pulau apa tuh?

Pulau Wilhelmstein adalah sebuah pulau buatan yang letaknya berada di Danau Steinhude, Hanover, barat daya Jerman. Pulau ini pun diklaim sebagai tempat yang sangat sempurna untuk mengisolasi diri selama pandemi Covid-19.

Dilansir dari laman liputan6.com (10/03), kisah tentang Pulau Wilhelmstein ini dimulai sejak tahun 1761 di mana saat itu Pangeran Wilhelm von Schaumburg Lippe yang merupakan penguasa daerah Schaumburg-Lippe-Buckeburg sekaligus komandan militer penting di Perang Tujuh Tahun ini, memerintahkan untuk membangun benteng militer di tengah Steinhude Meer yang merupakan danau terbesar di Jerman Utara.

1 dari 3 halaman

Dikutip dari odditycentral.com (10/03), kompleks militer itu awalnya terdiri dari 16 pulau yang memang dibangun di atas fondasi batu besar. Batu-batu itu sengaja diangkut ke tengah-tengah danau dengan menggunakan perahu oleh nelayan setempat.

Benteng militer berbentuk bintang pun dibangun di tengah pulau utama yang kemudian dijadikan sebagai perguruan tinggi militer dan dirancang sebagai tempat untuk melatih para pemimpin untuk generasi mendatang.

2 dari 3 halaman

Pulau Wilhelmstein © Diadona

Sebagai sebuah benteng, Pulau Wilhelmstein ini hanya diuji satu kali yaitu pada tahun 1787 ketika pengepungan Hessian. Militer pun berhasil menahan pasukan Duke of Hessen-Kassel yang mengepung ke sana.

Usai kematian Wilhelm dan sekolah militer dipindahkan ke daratan, benteng pulau ini pun diubah menjadi penjara negara yang anti-pelarian. Di awal abad ke-19, 16 pulau asli kemudian digabungkan menjadi satu pulau dengan bentuk persegi panjang. Hal ini untuk meningkatkan ruang yang tersedia di sana dan membantu agar pulau buatan ini pun lebih tahan dengan unsur alam.

3 dari 3 halaman

Di tahun 1867 pun, semua tahanan sudah dipindahkan ke penjara lain dan pulau ini kemudian mulai dijadikan sebagai objek wisata. Hanya butuh beberapa dekade saja, Pulau Wilhelmstein ini pun menjadi salah satu pulau buatan yang populer untuk pengunjung dari seluruh Jerman dan juga sekitarnya.

Pernikahan pertama pun diadakan di pulau ini karena saat itu popularitasnya sedang berada di titik tertinggi sepanjang masa yang terjadi pada tahun 1900. Pulau Wilhelmstein pun saat ini menjadi salah satu tempat terindah di Jerman.

Beri Komentar