Madinah Ditetapkan Sebagai Kota Tersehat di Dunia oleh WHO!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 25 Januari 2021 11:26
Madinah Ditetapkan Sebagai Kota Tersehat di Dunia oleh WHO!
Beberapa kriteria menjadikan Madinah sebagai kota tersehat di dunia.

Kita pasti udah nggak asing lagi dengan Madinah. Kota yang berada di Arab Saudi ini memang syarat akan sejarah besar negeri Arab. Tak heran jika Madinah juga menjadi salah satu destinasi wisata bagi para pelancong yang melakukan Umrah ataupun ibadah Haji.

Nah, melansir dari Arab News, Minggu (24/1) Madinah dinobatkan sebagai Kota Tersehat di dunia oleh WHO.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Kota Madinah © Diadona

Madinah disebut sebagai kota dengan populasi lebih dari dua juta orang pertama yang dinobatkan sebagai kota sehat oleh WHO.

Lalu, apa sih definis kota sehat?

Mengutip dari situs resmi WHO, kota sehat didefinisikan sebagai sebuah wilayah yang terus menciptakan dan meningkatkan lingkungan fisik dan sosial, serta memperluas sumber daya komunitas untuk menjalankan fungsi kehidupan dan berkembang secara maksimal.

Kriteria-kriteria tersebut ternyata dinilai terpenuhi oleh kota suci ini. Bahkan, kota Madinah juga telah memenuhi tujuan yang diteteapkan proyek strategi wilayah Madinah dan juga adanya peluncuran program Kota Manusiawi.

Program penobatan akreditasi ini ternyata juga melibatkan Universitas Taibah yang sangat berperan dalam mencatat tercapainya persyaratan dalam nominasi kota sehat di dunia. Karena hal ini juga, WHO mengimbau agar uuniversitas memberikan pelatihan kepada kota-kota lain yang ada di Arab Saudi yang berminat untuk mengikuti program Kota Sehat itu.

2 dari 2 halaman

Desinasi wisata Kota Madina

Ilustrasi Kota Madinah © Diadona

Selain menjadi kota suci, Madinah juga memiliki beberapa tempat wisata yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Quba.

Masjid Quba dibangun pada tahun 1 Hijriah oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid Quba merupakan salah satu masjid bersjearah yang ada di Kota Madinah.

Kemudian Masjid Nabawi. Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid ikonik yang ada di Madinah. Bahkan, bisa dibilang ini adalah masjid tebersar yang ada di dunia dan menjadi tempat paling suci kedua bagi umat islam setelah Masjidil Haram.

Selain dua masjid di atas, kita juga bisa mengunjungi Jabal Uhud. Jabal Uhud disebut-sebut sebagai bukit yang dijanjikan kelak akan ada di surga. Berdiri setinggi 350 meter di utara Kota Madinah. Tempat ini merupakan saksi terjadinya pertempuran antara umat Muslim dan pasukan Mekah pada 23 Maret 625 masehi.

Gimana? Tertarik untuk mengunjungi kota paling sehat di dunia ini?

Beri Komentar