Labuan Bajo Sajikan Wisata Budaya Baru, Sepucuk Surga di Ujung Timur Indonesia Ada Apa Saja?

Reporter : Kurnia
Jumat, 1 Juli 2022 10:55
Labuan Bajo Sajikan Wisata Budaya Baru, Sepucuk Surga di Ujung Timur Indonesia Ada Apa Saja?
Sudahkah kamu ke Labuan Bajo?

Tak hanya sajikan wisata bahari, Labuan Bajo juga menawarkan berbagai destinasi wisata menarik loh di Flores. Salah satunya adalah wisata budaya yang tentu saja bakal bikin kamu semakin kagum dan terpesona dengan indahnya keanekaragaman Indonesia.

Terbaru nih, para pelancong yang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur bakal disuguhi wisata berbasis budaya. Khususnya buat kamu yang ingin menyisir segala sisi keindahan Labuan Bajo.

Ada Sanggar Kope Oles Todo Kongkol. Dikutip dari laman Kompas.com, Sanggar Kpe Oles Tondo Kongkol ini merupakan wisata kekinian berbasis budaya yang diresmikan pada Sabtu (25/6) lalu.

1 dari 5 halaman

Kenapa disebut wisata budaya kekinian?

Jadi, Sanggar Kope Oles Todo Kongkol merupakan tempat wisata baru yang diprakarsai dan melibatkan masyarakat khususnya generasi milenial di Kampung Kaper, Desa Golo Bilas, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. 

Di sana, masyarakat dan wisatawan bisa ikut terlibat bahkan bisa bergabung untuk menari dan nyanyi bersama loh, Diazens. Seru banget kan?

2 dari 5 halaman

Pulau Padar Labuan BajoPulau Padar Labuan Bajo © Shutterstock.com

Lokasi Wisata Budaya ‘Sanggar Kope Oles Todo Kongkol’

Saat kamu berkunjung ke Labuan Bajo, menyusuri pantai saja sepertinya tidaklah cukup. Cobalah bergeser sedikit di sekitar pinggir Jalan Trans Flores.

Tidak jauh dari pusat kota Labuan Bajo karena hanya berjarak sekitar 2,4 kilometer, Diazens. Sanggar Kope Oles Todo Kongkol sendiri dibentuk sebagai tanda persatuan seluruh masyarakat Kampung Kaper untuk melestarikan budaya di Labuan Bajo.

3 dari 5 halaman

Pulau Moyo Labuan BajoPulau Moyo Labuan Bajo © Shutterstock.com

Wah, pasti seru dan keren banget ya. Lantas, ada apa saja di sana?

Tidak hanya menawarkan keindahan budaya, seni, dan tradisinya, Sanggar  Kope Oles Todo Kongkol juga bakal mengajak wisatawan yang berkunjung untuk terlibat dan terjun mempersembahkan atraksi budaya bersama masyarakat Kampung Kape.

Eits, tak sampai di situ Diazens. Berbagai atraksi budaya yang cukup eksteram seperti tari perang orang Manggarai bernama tari caci (tari perang orang Manggarai) juga ada loh.

4 dari 5 halaman

Selain itu, permainan khas orang Manggarai bernama rangkuk alu, tari dan nyanyian Danding, serta tari kontemporer kreasi anak muda juga bakal menghibur dan mencuci mata sepanjang kamu berada di Sanggar Kope Oles Todo Kongkol.

So, sudahkan kamu siapkan budget untuk menikmati keindahan pantai dan budaya Labuan Bajo?

Beri Komentar