Kenapa ya Penumpang Pesawat Dilarang Tidur Saat Lepas Landas dan Landing?

Reporter : Nasa
Selasa, 25 Agustus 2020 08:35
Kenapa ya Penumpang Pesawat Dilarang Tidur Saat Lepas Landas dan Landing?
Apa sih penyebabnya?

Buat kamu yang sudah pernah atau bahkan sering naik pesawat, pasti gak asing deh dengan aturan larangan naik pesawat saat lepas landas dan landing. Tapi kira-kira kamu udah pada tahu belum sih alasannya?

Ya pastinya, aturan ditegakkan karena ada sebab musababnya kan ya. Padahal biasanya, para penumpang pesawat cenderung lebih mudah tertidur sebelum pesawat lepas landas. Nah, ternyata itu sangat berbahaya loh.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi penumpang pesawat tertidur © Diadona

2 dari 4 halaman

Imbauan Untuk Tidak Terlelap

Baik sebelum lepas landas maupun sesaat sebelum landing, biasanya kru pesawat akan memberi informasi pada para penumpang untuk mempersiapkan diri. Mulai dari duduk dengan nyaman dan mengencangkan sabuk pengaman.

Imbauan tersebut memang ditujukan untuk memberi perlindungan bagi para penumpang. Selain mengantisipasi adanya goncangan, imbauan untuk bersiap dan berjaga saat lepas landas dan landing ternyata juga berhubungan dengan kesehatan telinga.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Telinga Kemasukan Air © Diadona

4 dari 4 halaman

Demi Kesehatan Telinga

Menurut info dari laman MedlinePlus, para penumpang sangat diimbau untuk tidak tertidur saat lepas landas maupun landing, agar mereka bisa secara sadar melindungi telinga mereka dari tekanan udara yang sangat tinggi.

Karena saat tertidur, penumpang tidak bisa menyesuaikan tekanan udara tersebut secara maksimal. Makanya potensi gangguan telinga akan sangat besar. Dan hal seperti itu tentu sangat tidak nyaman jika dialami oleh penumpang.

Nah, itu dia alasannya. Mulai sekarang patuhi imbauan untuk tidak tertidur saat lepas landas dan landing ya.

Beri Komentar