Intip Pesona Bhutan yang Dinobatkan sebagai Negara Paling Bahagia se-Asia

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 2 Desember 2020 09:10
Intip Pesona Bhutan yang Dinobatkan sebagai Negara Paling Bahagia se-Asia
Tertantang kesana nggak, nih?

Selain Indonesia, banyak sekali negara-negara di dunia yang menyuguhkan keindahan alam. Salah satunya adalah Bhutan. Negara yang letaknya berbatasan dengan China dan India ini masih termasuk ke dalam benua Asia, kok. Ya, kalau dihitung-hitung luasnya tak jauh berbeda dengan Provinsi Jawa Tengah.

Lantas, apa yang menarik dari negara tersebut? Eits, tunggu dulu. Negara yang mayoritasnya beragama Buddha ini dianggap sebagai negara paling unik dan bahagia se-Asia, lho. Pasalnya, kalau selama ini negara lain menghitung pertumbuhan ekonominya dengan Produk Domestik Bruto (PDB), Bhutan justru menggunakan Gross National Hapiness (GNH) dengan menyeimbangkan pembangunan ekonomi, pelestarian lingkungan, budaya, dan pemerintahan yang baik.

1 dari 2 halaman

Menyediakan Fasilitas Umum Gratis untuk Rakyatnya

Pesona Bhutan © Diadona

Tak hanya itu saja, melansir dari beberapa sumber menyebutkan bahwa GNH pernah mengukur tingkat kebahagiaan masyarakat, kualitas hidup, serta pembangunan spiritual dan material di Bhutan, mengungkapkan pada tahun 2015, 91,2 persen warganya merasa bahagia sebab perbaikan standar hidup, perawatan kesehatan serta partisipasi mereka dalam sebuah acara budaya. Hal ini disebabkan pemimpun Bhutan lebih memfokuskan untuk menciptakan kondisi supaya warganya selalu bahagia.  

Bahkan, pemerintah Bhutan juga selalu menjamin kesehatan warganya dengan gratis melalui perawatan media baik dengan cara modern ataupun tradisional. Tak lupa, masyarakat disana juga menanamkan nilai kemanusiaan sejak dini, dimana mereka dibekali pelajaran tentang pelestarian lingkungan, daur ulang serta sikap perhatian dengan orang lain. Ohiya, pendidikan di Bhutan pun juga gratis. Jadi, tak heran jika Bhutan dinobatkan sebagai negara paling bahagia se-Asia.

2 dari 2 halaman

Negara Pertama yang Karbonnya Negatif

Pesona Bhutan © Diadona

Menariknya lagi, dilansir dari India Times, pada tahun 2013 Bhutan mengumumkan kepada semua masyarakatnya untuk menanam tanaman organik dan selaras dengan alam. Langkah Bhutan rupanya membuahkan hasil, dimana negara ini dinobatkan menjadi negara pertama yang karbonnya negatif.

Sebab, Bhutan hanya menghasilkan emisi 1,5 juta ton karbon dioksida sementara 60% kawasan negara itu ialah hutan yang mampu menyerap 6 juta ton karbon dioksida. Wow! Bahkan, Bhutan juga memperhatikan penggunaan sumber energi yang tidak menyebabkan polusi serta kualitas udara, lho.

Selain dikenal sebagai negara paling bahagia, rakyat di negara tersebut pun juga dikenal sangat sopan, suka menolong, ramah, tidak materialistis dan lebih memilih hidup dengan ketenangan. Bahkan, pemerintah Bhutan juga menolak investasi yang akan menggangu keseimbangan alam, karena dikhawatirkan akan mengganggu kebahagiaan rakyatnya.

Wah, sepertinya kamu harus mencoba mengunjungi negara tersebut biar otak kalian kembali fresh. Gimana, tertarik untuk kesana? Share di kolom komentar ya!

Beri Komentar