Fakta Bendungan Engehalde, Punya Fungsi Pembangkit Listrik hingga Penyaring Sampah yang Tak Sembarangan Orang Bisa Masuk

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 10 Juni 2022 11:47
Fakta Bendungan Engehalde, Punya Fungsi Pembangkit Listrik hingga Penyaring Sampah yang Tak Sembarangan Orang Bisa Masuk
Berikut fakta Bendungan Engehalde, tempat ditemukannya jasad Emmiril Khan Mumtadz putra dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jenazah Eril putra Ridwan Kamil akhirnya berhasil ditemukan oleh kepolisian Swiss. Dikabarkan bahwa jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde yang jaraknya kurang lebih 5,1 kilometer dari Sungai Aare.

Bendungan Engehalde pun menjadi perbincangan publik di dunia maya. Seperti apa sih Bendungan Engehalde yang menjadi lokasi ditemukannya jasad Eril? Yuk kita ulas.

1 dari 7 halaman

1. Lokasi

Bendungan EngehaldeBendungan Engehalde © youtube.com/Bayu Wiro

Melansir dari berbagai sumber, Lokasi Bendungan Engehalde berada di jalan Stauwehrsteg, 3014 Bern Swiss. Jika dilihat dari Google maps, jaraknya dari sungai Aare mencapai 5,1 kilometer.

Butuh waktu sekitar 16 menit bila naik mobil untuk bisa ke lokasi ini dari sungai Aare.

2 dari 7 halaman

2. Berusia 113 Tahun

Melansir dari rowing.ch bendungan ini dibangun pada 1 November 1909. Bendungan ini kini sudah berusia 113 tahu.

Ternyata, Bendungan Engehalde ini jadi lokasi pertama kali kegiatan klub dayung di Bern. Namun, karena peristiwa Perang Dunia I membuat aktivitas klub dayung harus berhenti di lokasi tersebut.

3 dari 7 halaman

3. Pembangkit Listrik

Bendungan EngehaldeBendungan Engehalde © youtube.com/Bayu Wiro

Bendungan Engehalde merupakan pembangkit listrik Felsenau (Krafwerk Felsenau) berlokasi di Felsenaustrasse 47, 3004 Bern, Swiss. Posisi Bendungan Engehalde dengan pembangkit listrik Felsenau dibuat sedemikian rupa dengan memanfaatkan kontur dari Sungai Aare yang berkelok di Semenanjung Enge.

Bendungan ini dibuat guna menahan aliran Sungai Aare dan airnya di salurkan ke turbin listri di Felsenau melalui Smeenanjung Enge. Di tahun 1912, pembangkit listrik Felsenau memasok 64 persen listrik yang dikonsumsi di Kota Bern.

4 dari 7 halaman

4. Tempat Menyaring Sampah

Bendungan EngehaldeBendungan Engehalde © youtube.com/Bayu Wiro

Selain menjadi pembangkit listrik, Bendungan Engehalde ini punya fungsi untuk menyaring sampah yang terbawa arus dari Sungai Aare. Sampah plastik dan organik akan disaring di bendungan Engehalde melewati saringan di sisi bendungan.

Sampah itu kemudian diambil menggunakan mesin dan dikeluarkan dari bendungan supaya tak mengotori sungai. Sampah organik maupun non-organik akan terjaring di mesin.

5 dari 7 halaman

5. Tak Semua Orang Diizinkan Masuk

Karena memiliki saringan raksasa hingga alat pengangkut sampah, tak semua orang diizinkan untuk masuk ke wilayah ini.

Hanya petugas berwenang saja yang bisa masuk ke Bendungan Engehalde.

6 dari 7 halaman

6. Bersuhu Dingin

Air di Bendungan Engehalde memiliki suhu yang sangat dingin. Suhu air di Bendungan Engehalde ini dipengaruhi juga oleh suhu cuaca sekitar kawasan tersebut.

Beri Komentar