5 Negara yang Punya Salaman Unik Banget, Ada yang Saling Nempelin Jidat

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Senin, 4 Mei 2020 18:55
5 Negara yang Punya Salaman Unik Banget, Ada yang Saling Nempelin Jidat
Bagaimana pun tradisinya, kita tetap harus menghargai ya!

Berbagai negara yang ada di dunia tentunya memiliki tradisi dan keunikan tersendiri. Salah satunya dalam menyambut orang baru alias menyapa. Umumnya, kalau bertemu orang baru pasti akan membungkuk atau salaman untuk menunjukkan rasa hormat.

Namun, berbeda dengan negara-negara ini. Mereka justru punya cara menyapa yang unik dan super berbeda. Penasaran gimana cara salam orang dari berbagai dunia yang unik ini? berikut daftarnya dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Selandia Baru

Salaman unik © Diadona

Salah satu suku yang ada di daratan Selandia Baru yaitu suku Maori memiliki salam yang unik. Mereka meletakkan dahi masing-masing dan saling bernafas bersama. Walaupun kedengaranya agak aneh, tapi tradisi ini masih dijunjung tinggi loh oleh masyarakat setempat.

2 dari 5 halaman

Mongolia

Salaman unik © Diadona

Ada tradisi unik loh untuk menyambut orang baru di Mongolia! kali ini tanpa menyentuh bagian tubuh apapun untuk bersalaman. Tradisi ini bernama Hada, yaitu memberikan kain sutera kepada orang baru.

Nah, buat kamu yang mau berpergian ke Mongolia, jangan kaget ay kalau ada yang tiba-tiba ngasih kain sutera. Cara menyapa ini memiliki filsosopi seagai harapan dan ekspresi baik untuk orang yang ditemui.

3 dari 5 halaman

Tibet

Salaman unik © Diadona

Bukan lagi mengejek, di Tibet justru masyarakat lokal menyambut tamu dengan cara menjulurkan lidahnya. Walaupun hal ini di Indoesia gak umum dan malah dikateorikan sebagai tindakan gak menyenangkan, tapi makna berbalik justru berlaku di Tibet.

Menjulurkan lidah menunjukan bahwa masyarakat Tibet bukanlah reinkarnasi dari raja abad kesembilan yang memiliki karakter jahat dan berlidah hitam!

4 dari 5 halaman

Tuvalu

Salaman unik © Diadona

Pernah dengar negara Tuvalu? Ngara yang terletak di antara pulau Hawaii dan Australia ini punya cara menyapa yang unik. Bukan mencium pipi secara biasa, mereka justru mengendus pipi satu sama lain untuk menyapa.

5 dari 5 halaman

Uni Emirat Arab

Salaman unik © Diadona

Cara menyapa untuk warga UEA ini hampir mirip dengan Selandia Baru, yaitu dengan mengosokkan hidung satu sama lain. Hal ini ternyata ada filososfinya loh, bagi warga setempat hidung dan dahi merupakan simbol kebanggaan, serta martabat yang mereka letakkan di tanah saat berdoa.

Jangan heran ya kalau ketemu orang yang saling menggosokkan hidngnya di UEA.

Itu tadi cara salaman unik dari berbagai negara di dunia, mana nih yang paling unik menurutmu?

Beri Komentar