Unik, Sebuah Kota Bawah Tanah ini Dibangun untuk Melindungi Warga dari Panas yang Menyengat

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 6 Juli 2020 22:31
Unik, Sebuah Kota Bawah Tanah ini Dibangun untuk Melindungi Warga dari Panas yang Menyengat
Berani ke sana?

Berbagai keunikan di dunia mungkin tidak akan habisnya. Luasnya bumi membuat keunikan suatu tempat di daerah seakan tidak ada matinya.

Salah satu keunikan yang ada di dunia adalah adanya kota bawah tanah yang berada di Australia. Ya, kota tersebut bernama Coober Pedy. Seperti apa kota ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Coober Pedy

coobery pedy © Diadona

Dilansir dari Business Insider, Coober Pedy terletak di bagian utara Australia Selatan, tepatnya 850 kilometer dari Adelaide.

Kota ini menjadi viral karena memang berada di bawah tanah. Namun, tidak semua bagian kota ini berada di bawah tanah. Hanya saja, setengah penduduk memutuskan untuk hidup di bawah tanah, di gua-gua yang luas dan terowongan yang mereka sebut dugouts.

Ternyata, ada alasan di balik pindahnya penduduk ke bawah tanah. Hal ini karena suhu ekstrem di kota ini yang sangat menyengat. Bahkan, suhu di kota ini dikabarkan mencapai 40 derajat celcius.

coobery pedy © Diadona

Karena alasan itulah Coober Pedy membangun kota mereka di bawah tanah. Tapi jangan salah, meskipun kota ini berada di bawah tanah, tempat ini juga punya fasilitas umum yang cukup lengkap seperti perpustakaan, tempat ibadah, hotel, restoran, dan tempat olahraga.

Selain itu, tempat ini tentu saja juga didukung oleh akses internet, ari bersih dan juga listrik.

2 dari 2 halaman

Jadi destinasi wisata

coobery pedy © Diadona

Jangan khawatir, meskipun berada di bawah tanah, semua ruangan telah diberi ventilasi untuk menjaga suhu agar tetap teratur.

Karena berada di bawah tanah, kota ini memang menjadi penghasil permata. Kota Coober Pedy bahkan memiliki lebih dari 70 lahan pertambangan batu permata terbesar di dunia.

Keunikannya inilah yang menjadikan Coober Pedy menjadi salah satu tujuan wisata populer. Pengunjung bisa mengikuti room tour yang telah disediakan oleh operator tur setempat. Bagi kamu yang ingin menginap, telah tersedia hotel juga yang nggak kalah menarik.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

Beri Komentar