Bukan di Virginia, Pentagon Indah dan Bersejarah Ini ada di Banda Neira lho!

Reporter : Jossi Andriani Taswir
Senin, 13 April 2020 19:55
Bukan di Virginia, Pentagon Indah dan Bersejarah Ini ada di Banda Neira lho!
Ini lo The Pentagon of Indonesia!

Kalau kamu mengenal pentagon yang ada di Virginia, pastinya kamu bakal terkagum dengan pentagon yang ada di Indonesia ini. Yap namanya Benteng Belgica dan terletak di pulau Banda Neira, Maluku, Indonesia. Nggak salah kalau tempat ini dijuluki The Pentagon of Indonesia.

Nggak berbentuk gedung, bangunan ini merupakan benteng yang berdiri kokoh sejak jaman belanda. Dalam situs Banda Neira, tempat ini bukan berfungsi sebagai gedung militer, melainkan benteng peninggalan VOC yang bernama Benteng Belgica.

Salah satu keunikan dari tempat ini ialah, jika dilihat dari luar ia mempunyai empat sisi. Namun, jika dilihat dari ketinggian benteng ini punya lima sisi! Ajaib kan?

1 dari 3 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram

It's kind of fun to do the impossible. -Walt Disney ?????? . . ???? Benteng Beligica, Banda Naira, Maluku Tengah . . #throwback #visitbanda #exploremaluku

Sebuah kiriman dibagikan oleh sylviantomasila (@sorayatomasila09) pada

Memiliki 10 ruangan yang berukuran 8,5 x 5,5 meter dan 6,5 x3 meter dengan pintu yang mengarah kedepan, konon menggambarkan tujuan dari benteng ini. Nggak lain yaitu untuk menghadapi perlawanan masyarakat Banda yang menetang monopoli perdagangan pala dari VOC.

Kalau kamu berkunjungg ke benteng ini, pastinya akan melihat bangunan hitam yang sangat luas dan memiliki 5 menara yang berada di sudut bangunan. Di pintu masuk, kamu akan dibuat bingug karena terdapat pintu berliku yang semua bentuknya hampir serupa!

Jika ingin menikmati pemandangan dari atas juga bisa, cukup menaiki tangga yang berada di sudut -sudut benteng. Selain itu, kamu jua bisa naik ke menarananya loh!

2 dari 3 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram

Perfect sunset at the Indonesian Pentagon, Fort Belgica . . Built by Portuguese, taken and reconstructed by VOC then, all because of aromatic spices, nutmeg and clove. . . ???? By @fransbudi . . ???? Fort Belgica Banda Naira Central Maluku Indonesia . . #ucokboro #ucokbanda #bandanaira #tollaut #menstraveller #ship #boat #bluesky #instatraveler #explorebanda #bandaneira #sea #indonesiabackpacker #indonesiabagus #fortbelgica #belgica #bentengbelgica

Sebuah kiriman dibagikan oleh PencintaIndonesia (@ucokboro) pada

Dahulu, benteng ini merupakan bangunan terbaik yang berhasil dibangun oleh VOC. Di dalamnya bisa menampung 400 tetara dan menangani 58 persenjataan terasuk meriam.

Selain itu, beneteng ini juga pnya pertahanan ganda loh! Ia terdiri dari bangunan segi lima yang dilengkapi dengan lima menara runcing. Sisa kegagahan benteng ini bisa kamu lihat dari bangunannya yang kokoh dan beberapa meriam yag mengarah ke laut.

Di tengah bangunn juga nggak kalah keren, ada lubang yang berbentuk seperti sumur. Tapi faktanya, ini merupakan terowongan yang menghubungkan Benteng Belgica dengan Benteng Nassau. Jalurnya diperkirakan sepanjang 126 meter ini ternyata juga menghubungkan benteng dengan tepi pantai.

3 dari 3 halaman

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Arisandi kamaruddin (@arsandy_k) pada

Fakta unik lainnya, bangunan ini ternyata berada 30 meter di atas permukaan laut yang sekaligus menjadikannya bangunan teringgi di Banda Neira. Dari atas benteng ini, kamu bia melihat ke segala penjuru pulau! Nggak cuma itu, kamu juga bisa menyaksikan sunset indah di balik Gunung Api Banda.

Gimana, tertarik untuk lihat pentagonnya Indonesia nggak?

Beri Komentar