Ada Desa Unik yang Hampir Semua Penduduknya Lahir Kembar, Kok Bisa?

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 10 Desember 2021 16:20
Ada Desa Unik yang Hampir Semua Penduduknya Lahir Kembar, Kok Bisa?
Mayoritas penduduk di desa ini lahir kembar, loh.

Jika bicara soal Desa, yang terbayang oleh kita adalah sebuah peradaban yang jauh dari hiruk pikuk ibu kota. Namun, pernah terbayangkan gak sih, kalau ada sebuah desa yang mayoritas warganya kembar?

Ternyata desa ini beneran ada, loh. Di mana itu? Yuk kita lihat!

1 dari 4 halaman

Desa Kodinhi

Desa Kodinhi © Diadona

Ya, namanya adalah Desa Kodinhi. Melansir dari Conde Nast Traveler, Desa Kodinhi berada di wilayah Distrik Malapur, Kerala, India.

Pada tahun 2017 lalu, setidaknya ada 400 penduduk kembar yang lahir dari desa yang dihuni sekitar 2.000 keluarga ini. Jumlah ini terus meningkat menjadi 280 pasang ke tahun-tahun berikutnya. Rata-rata jumlah kelahiran anak kembar dalam rasio tertinggi mencapai 45 dari seribu kelahiran.

2 dari 4 halaman

Masih jadi Misteri

Desa Kodinhi © Diadona

Fenomena ini pun masih menjadi misteri bagi para peneliti, mengapa desa ini kerap melahirkan anak kembar hingga saat ini. Bagaimana desa ini bisa melahirkan banyak anak kembar?

Tahun 2016, peneliti mencoba untuk menelusuri fenomena kelahiran anak kembar di Desa Kodinhi ini. Beberapa peneliti dari berbagai institusi seperti CSIR-Centre for Cellular and Molecular Biology, Hyberabad, Kerala University of Fisheries and Ocean Studies (KUFOS) di India, sampai Universitas dari London dan Jerman pun turun tangan.

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan sampel air liru dan juga rambut dari mereka yang terlahir kembar. Namun, para peneliti belum menemukan hal yang pasti terkait fenomena kelahiran kembar di desa Kodinhi ini. Para peneliti hanya berhasil menyimpulkan beberapa spekulasi saja. Bahkan hingga saat ini fenomena kelahiran kembar di desa itu masih menjadi misteri.

Beberapa spekulasi menyebut hal ini bisa saja terjadi karena genetik para orang tua. Namun, ada juga yang menyebut jika situasi di daerah tersebut yang menjadi faktor utama seperti udara atau air. Namun, hal ini masih belum bisa dibuktikan secara pasti.

3 dari 4 halaman

Memiliki Sistem Pendataan yang Unik

Desa Kodinhi © Diadona

Karena mayoritas penduduknya adalah kembar, maka akan sangat sulit untuk membedakan wajah masing-masing pasangan kembar. Untuk membedakan antara satu dan yang lainnya, para penduduk di desa Kodinhi punya cara yang berbeda. Nama mereka akan diidentifikasi berdasarkan tanda lahir dan penampilannya.

Melansir dari Brut, beberapa orang harus membedakan gaya rambut untuk bisa berbeda dengan saudara kembarnya.

" Saya menyisir rambut saya ke kiri, sedangkan kembaran saya menyisirnya ke kanan," kata Abhi Bhaskar, warga setempat.

4 dari 4 halaman

Desa Kodinhi © Diadona

Desa Kodinhi sama halnya desa-desa lain yang ada di India. Namun, kamu akan menemukan hal yang unik sebelum masuk ke desa ini.

Di pintu masuk desa Kodinhi terdapat sebuah papan bertuliskan " Selamat datang di Desa Kembar Pemberian Tuhan, Kodinhi" , yang akan menyambut para pengunjung.

Sebenarnya, Kodinhi bukanlah satu-satunya desa kembar yang ada di dunia ini. Ada beberapa desa yang dihuni oleh masyarakat kembar seperti Hung loc Commune di Vietnam, Igbo-Ora di Nigeria, dan Candido Godoi di Brasil. Igbo-Ora disebut-sebut sebagai ibu kota kembar di dunia karena menjadi kota dengan anak kembar terbanyak yang ada di dunia.

Beri Komentar