5 Pasar Ini Aneh dan Anti Mainstream, Ada dari Indonesia!

Reporter : Magang Asik
Jumat, 24 September 2021 08:00
5 Pasar Ini Aneh dan Anti Mainstream, Ada dari Indonesia!
Pasar-pasar di beberapa negara ini sangat berbeda dari pasar pada umumnya.

Biasanya, pasar merupakan tempat untuk berjualan bahan-bahan kebutuhan seperti sayur, daging, baju, kain, dan masih banyak lagi. Tapi kalian tau nggak sih, ada beberapa pasar unik di belahan dunia yang ternyata sangat anti mainstream? Apa aja ya?

1 dari 5 halaman

1. Pasar Jodoh-Cina

Ilustrasi Pasar Unik di Dunia © Diadona

Pasar satu ini berlokasi di Shanghai, Cina. Sesuai namanya, di sini kalian bisa menemukan banyak orang tua yang mencarikan anak lajang mereka jodoh. Kalian bisa melihat banyak poster-poster data diri para pencari pasangan yang terpajang. Para orang tua nggak cuma menunggu orang-orang atau pengunjung yang tertarik pada anak mereka datang, tetapi mereka juga mengobrol dengan orang tua pencari jodoh lainnya supaya mendapatkan menantu yang cocok dengan anak mereka. 

Pasar ini diadakan di taman rakyat di Shanghai, Cina, dan buka pada Sabtu atau Minggu siang sampai pukul 5 sore. Wah, tertarik Diazens mengunjungi tempat ini? Siapa tahu bisa ikutan dapet jodoh juga, hihi.

2 dari 5 halaman

2. Pasar Moran, Korea Selatan

Ilustrasi Pasar Unik di Dunia © Diadona

Keunikan dari pasar ini adalah pasar terbesar yang hanya buka 5 hari sekali atau pada tanggal yang memiliki akhiran 4 dan 9, misalnya tanggal 4, 9, 14, 19, 24, 29. Lokasi pasar ini berada di  Duchon-daero, Jungwon-gu, Seongnam-si, Gyeonggi-do. Pasar ini menjual banyak kebutuhan seperti sayur mayur, pakaian, buah-buahan, bunga, hingga berbagai macam street food ada di sini. Kalian bisa mencicipi jajanan tradisional Korea seperti hotteok, patbingsoo, sampai sikhye bisa kalian temukan di sini. Kalian juga bisa menemukan jajanan tradisional Korea seperti keripik singkong, crepes, dan makanan ringan dari kacang-kacangan yang bentuknya mirip dengan jipang.

3 dari 5 halaman

3. Pasar Voodoo Lome, Afrika

Ilustrasi Pasar Unik di Dunia © Diadona

Pasar unik berikutnya adalah pasar Voodoo di Togo, Afrika Barat. Di sini, kalian bisa menemukan banyak sekali peralatan untuk melakukan ritual seperti hewan yang telah diawetkan hingga berbagai macam tulang hewan lengkap ada di sini. Di Afrika Barat sendiri memang masih kental dengan ritual-ritual di masyarakat, biasanya mereka melakukan ritual sebagai sarana pengobatan. Selain menjual tulang-tulang hewan, di sini kalian juga bisa membeli kerajinan tangan masyarakat setempat, loh. Wihh, Diazens tertarik gak mengunjungi pasar ini?

4 dari 5 halaman

4. Pasar Beriman Tomohon, Indonesia

Ilustrasi Pasar Unik di Dunia © Diadona

Nah, pasar unik satu ini berasal dari Indonesia nih, Diazens. Pasar Tomohon ternyata masuk dalam dokumnetasi dari Wildlife Photography Of The Year 2020, loh! Berlokasi di Sulawesi Utara, pasar ini sebenarnya hampir sama dengan pasar pada umunya. Namun yang bikin unik adalah, di sini kalian bisa menemukan berbagai daging tidak biasa ada di pasar-pasar pada umumnya, seperti ada daging tikus, daging ular, hingga kelelawar. Ternyata, mengkonsumsi daging hewan-hewan tersebut sudah menjadi tradisi masyarakat sekitar sehingga masih banyak orang yang mengonsumsinya sampai saat ini. Gimana nih, Diazens? Tertarik untuk menjelajahi pasar ini?

5 dari 5 halaman

5. Pasar Toyosu, Jepang

Ilustrasi Pasar Unik di Dunia © Diadona

Pasar unik ini menjual berbagai macam hasil laut terutama ikan tuna. Kalian bisa meihat lebih dekat ikan-ikan besar dan di sini juga terdapat semacam pelelangan ikan, loh. Selain melihat hasil tangkapan para nelayan, kalian juga bisa menikmati sajian seafood segar hingga berbelanja. Tidak cuma hasil laut nih, kalain juga bisa melihat distribusi sayur dan buah yang ada di pasar ini.   

Gimana nih pasar-pasar tadi? Mana yang paling ingin kalian kunjungi, Diazens?

 

(Penulis: Intan Rachma)

Beri Komentar