5 Fakta Unik Tradisi Barapen Papua, Ritual Masak Besar Pakai Batu yang Dibakar!

Reporter : Nasa
Senin, 27 Juli 2020 00:00
5 Fakta Unik Tradisi Barapen Papua, Ritual Masak Besar Pakai Batu yang Dibakar!
Baparen ini bukan ritual biasa, memasaknya pun dipenuhi atraksi!

Papua miliki sebuah tradisi unik yang hingga kini masih diestarikan. Tradisi tersebut adalah ritual barapen, yang berarti memasa menggunakan batu yang dibakar.

Menariknya, ritual barapen ini sebenarnya bukan sekadar ritual memasak. Namun juga terdiri dari berbaga ritual adat yang semakin memupuk tali kebersamaan antar warga.

Tradisi unik ini, lazim ditemui di Lembah Baliem, Panial, Nabire, Pegunungan Tengah, Pegunungan Bintang dan sejumlah daerah lain di Papua. Konon, tradisi ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun loh.

Nah, berikut ini adalah 5 fakta unik barapen yang merupakan ritual masak besar pakai batu yang dibakar :

1 dari 5 halaman

1. Diikuti Oleh Masyarakat Secara Masal

Barapen Papua © Diadona
Barapen biasanya akan diikuti oleh seluruh masyarakat di sekitar lokasi penyelenggaraan ritual tradisi tersebut. Baik pria maupun perempuan, semuanya turut andil dalam tradisi itu.

Mereka biasanya mengenakan pakaian tradisional Papua, kemudian berkumpul mengitari bebatuan yang sebelumnya sudah dibakar menggunakan kayu dan juga arang. Untuk memasak bahan makanan yang sudah disiapkan.

2 dari 5 halaman

2. Batu Tak Hanya Digunakan Untuk Masak

Barapen Papua © Diadona

Menariknya, makanan yang mereka masak tentunya adalah bahan-bahan alam yang lazim ditemui di sana. Seperti halnya umbi-umbian, keladi, pisang, daging, dan juga sayuran.

Bahan makanan itu biasanya dibungkus dengan daun keladi atau juga bisa menggunakan daun sapiai. Semua bahan yang sudah disiapkan itu kemudian dimasak dengan batu yang sudah di bakar.

Tapi ternyata, batu panas itu tak hanya digunakan untuk memasak loh. Tapi juga sebagai sarana atraksi yang lazim dilakoni saat menjalankan tradisi barapen ini.

3 dari 5 halaman

3. Atraksi Manusia Api

Barapen Papua © Diadona

Cara memasak barapen biasanya sebenarnya sangat unik. Mulanya mereka lebih dulu membuat lubang. Lalu ditelakkan kayu sebagai landasan, yang kemudian nanti akan dibakar. Di atas kayu itu, akan diberi batu.

Sedang batu yang sudah disusun akan diletakkan bahan makanan yang sudah dibungkus daun. Lapisan batu dan makanan itu dilakukan secara berulang. Lalu kayu dibakar, sehingga bisa memanaskan seluruh batu.

Nah, setelah proses memasak selesai, biasanya batu juga akan digunakan sebagai media atraksi. Jadi batu yang sudah panas akan disusun memanjang. Lalu masyarakat akan melewati batu pana itu bak 'manusia api.

4 dari 5 halaman

4. Perkuat Hubungan Antar Masyarakat

Barapen Papua © Diadona

Karena tradisi barapen Papua ini melibatkan seluruh masyarakat, tak heran kalau ritual itu sekaligus menjadi sarana untuk memperkuat hubungan antar warga masyarakat.

5 dari 5 halaman

5. Makan Bersama

Barapen Papua © Diadona

Setelah serangkaian proses panjang yang dipenuhi ritual dan tradisi cukup panjang, mereka tentu akan melaksanakan tradisi makan bersama di sekitar lokasi ritual barapen.

Tradisi tersebut masih terus lestari sampai sekarang. Kebayang deh rasanya kalau ikut ritual itu, pasti seneng banget ya. Memasak bersama, menari bersama, dan melakukan atraksi seru bersama.

Seru banget kan, gimana nih menurut kamu tentang tradisi unik Papua ini?

Beri Komentar