Usia Bukan Jaminan, Ini 7 Ciri Seseorang Dikatakan Dewasa Secara Emosi

Reporter : Yoyok
Selasa, 31 Mei 2022 06:50
Usia Bukan Jaminan, Ini 7 Ciri Seseorang Dikatakan Dewasa Secara Emosi
Kalau ngomongin pendewasaan, gak bisa dikur hanya dengan usianya aja lho.

Usia bisa menjadi penanda atau tolak ukur seseorangf sudah bisa dikatakan dewasa atau belum. Pendewasaan memang akan datang secara otomatis, tanpa perlu berbuat apapun.

Namun, kenyataannya, usia tidak bisa menjadi tolak ukur mutlak seseorang dikatakan usia lho. Kalau dari usiua bisa dikatakan matang, belum tentu sikap, sifat, atau emosinya mencerminkan kedewasaan.

Berikut ini adalah ciri-ciri seseorang dikatakan dewasa secara emosi.

1 dari 8 halaman

Merasa Tidak Selalu Benar

Orang yang sudah dewasa secara emosi tidak akan selalu merasa dirinya benar. Manusia adalah makhluk tidak sempurna, dan orang dewasa sepatutnya mengerti hal itu.

Bahkan, bisa saja hal yang mereka anggap benar, berbeda pandangan bagi orang lain. Orang dewasa akan selalu menerima ide baru dan memiliki pemikiran terbuka.

Ilustrasi Wanita Dewasa © Diadona

2 dari 8 halaman

Tanggung Jawab

Berikutnya pastinya orang dewasa akan bertanggung jawab atas setiap perbuatannya. Jika salah, maka mereka siap untuk menerima konsekuensinya.

Setelah berbuat salah, mereka akan fokus untuk mencari solusi. Mereka tidak akan mencari " kambing hitam" ataupun alasan untuk membenarkan perbuatannya.

3 dari 8 halaman

Gak Gampang Nyerah

Semua manusia pastinya pernah merasakan kecewa, penolakan, ataupun pengkhianatan. Namun, yang terpenting adalah bagaimana bisa bangkit dari kondisi terpuruk tersebut.

Orang dewasa tidak akan berlarut-larut dalam kondisi terpuruk tersebut. Orang yang dewasa secara emosi juga akan gigih dan gak mudah menyerah.

ilustrasi wanita kerja © Diadona

4 dari 8 halaman

Selalu Berkembang

Orang dewasa juga tidak akan cepat puas akan kondisinya sekarang ini. Mereka akan selalu berusaha untuk berkembang dan belajar terus.

Tidak jarang juga orang dewasa untukj mengambil pelajaran dari sebuah kejhadian dan menjadikannya pengalaman.

5 dari 8 halaman

Tahu Waktu Untuk Serius

Orang dewasa akan tahu kapan harus serius, dan kapan bisa bercanda. Mereka akan tahu kondisi mana saja yang bisa dibuat serius ataupun bercanda.

Seperti halnya saat kerja, mereka akan serius. Begitu pula ketyika santai, mereka bisa bercanda.

Ilustrasi Wanita Berkacamata © Diadona

6 dari 8 halaman

Paham Kapan Harus Diam dan Mendengarkan

Dalam komunikasi, orang yang dewasa akan memiliki etika yang baik. Mereka tahu kapan harus bisa dan kapan harus diam dan mendengarkan.

Saat ngobrol, mereka tidak akan memotong pembicaraan. Mereka juga mampun untuk mendengarkan saat ngobrol.

7 dari 8 halaman

Tahu Diri

Orang yang dewasa mengerti kualitas dirinya. Mereka tidak akan terlalu merendahkan diri, namun juga tidak meninggikannya.

Dengan begini, orang dewasa sepatutnya tetap membumi dan tidak sombong.

Ilustrasi Wanita Karier © Diadona

Beri Komentar