15 Tips Jika Kamu Jatuh Cinta dengan Pacar Orang

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 3 April 2024 09:49
15 Tips Jika Kamu Jatuh Cinta dengan Pacar Orang
Perasaan memang nggak bisa dikendalikan, makanya sangat mungkin kamu jatuh cinta dengan pacar orang. Tapi kamu punya kendali atas tindakan kamu tentang perasaan tersebut.

Perasaan dan ketertarikan yang kita punya kepada orang lain memang nggak bisa dikontrol. Tapi bagaimana bila cinta tersebut jatuh pada pacar orang?

Dilansir dari laman web Marriage, jatuh cinta dengan seseorang adalah hal yang normal dan nggak berbahaya dalam kehidupan. Namun, kalau orang yang kamu cintai ternyata sudah punya pacar, ingat kalau kamu bisa mengganggu hubungan mereka dan perlu menghindari perasaan ingin merebut orang itu.

Penting buat memahami kalau jatuh cinta dengan pacar orang adalah situasi cukup rentan. ‘Hanya’ karena jatuh cinta dengan pacar orang, jangan sampai kamu melakukan tindakan yang tidak benar dan nggak menghormati batasan dengan orang yang kamu cintai beserta pacarnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Diadona kasih tips saat jatuh cinta dengan pacar orang.

 

1 dari 7 halaman

Tips saat Jatuh Cinta dengan Pacar Orang © Diadona© 2024 shutterstock.com/KUNG MIN JU

Pahami Apa yang Kamu Rasakan

Ketika kamu jatuh cinta dengan pacar orang, kamu perlu paham kalau kamu sedang menyukai orang yang sudah memiliki sosok spesial di hatinya. Tanyakan pada diri sendiri apa saja hal yang membuat kamu cinta padanya.

Kamu juga perlu memikirkan risiko yang kamu dapat ketika jatuh cinta dengan pacar orang. Patah hati? Tentu. Selanjutnya, pertimbangkan apakah kamu mau tetap memendamnya dalam hati atau coba untuk berhenti move on.

Jangan Salahkan Dirimu Sendiri

Terkadang cinta bisa datang dalam waktu yang nggak tepat. Jadi, jangan salahkan dirimu sendiri kalau bisa jatuh cinta dengan pacar orang, ya!

Kamu nggak bisa memilih dengan siapa kamu punya perasaan cinta. Walau demikian, kamu bisa mengontrol tindakan kamu terhadap rasa cinta tersebut.

2 dari 7 halaman

Tips saat Jatuh Cinta dengan Pacar Orang © Diadona© 2024 shutterstock.com/Setthawuth

Bersikap Realistis Tentang Orang Itu

Hal yang umumnya dilakukan seseorang ketika jatuh cinta adalah mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan orang itu. Mungkin dia punya beberapa tingkah atau kebiasaan yang buruk dan bikin kamu nggak nyaman, tapi kamu nggak pedulikan karena kamu cinta sama dia.

Maka dari itu, kamu bisa coba untuk bersikap realistis tentang orang itu. Memikirkan hal-hal yang bisa bikin kamu anggap dia bukanlah orang baik dan sempurna bisa bantu kamu untuk mencoba menghadapi rasa cinta yang kamu punya.

Hindari Interaksi yang Nggak Perlu

Ketemu sama dia membuat kamu kemungkinan mengalami penderitaan emosional yang nggak bisa kamu hindari. Kamu akan merasa sakit tiap mengingat kalau doi sudah jadi pacar orang.

Nah, tips selanjutnya adalah dengan sebisa mungkin menghindari bertemu dengannya. Kalau memang terpaksa, hindari berdekatan sama dia. Tetap bersikap seperti biasa tapi nggak seramah biasanya bisa jadi cara kamu untuk menjaga jarak secara halus.

3 dari 7 halaman

Tips saat Jatuh Cinta dengan Pacar Orang © Diadona© 2024 shutterstock.com/Structuresxx

Kurangi Stalking di Media Sosialnya 

Melihat update postingan atau story orang yang kamu cintai akan bikin kamu semakin sedih karena tahu kalau ada pacar yang selalu setia bersamanya. Kamu bisa coba untuk membatasi interaksi kamu dan dia di media sosial.

Nggak perlu cut off secara langsung dengan unfriend, unfollow, atau block dia, kamu bisa berhenti untuk membuka akun media sosialnya. Fitur mute yang ada di media sosial bisa kamu gunakan untuk mengurangi stalking sosmednya, lho!

Alihkan Perhatianmu dengan Menyibukkan Diri 

Kalau orang yang kamu cintai masih ada dalam circle atau grup yang sama, kamu pasti akan menahannya demi pertemanan atau persahabatan kalian. Namun, lama kelamaan kamu akan merasa sakit sendiri karena emosi dan batinmu akan jadi kacau.

Nah, kamu bisa coba untuk menyibukkan dirimu dengan melakukan banyak hal dengan teman-temanmu. Lakukan apapun agar kamu bisa menganggap kalau dia bukan satu-satunya orang yang bisa bikin kamu bahagia.

4 dari 7 halaman

Tips saat Jatuh Cinta dengan Pacar Orang © Diadona© 2024 shutterstock.com/TORWAISTUDIO

Terima Kenyataan Kalau Dia Sudah Ada yang Punya

Kalau kamu sering melihat film romantis, terkadang ada suatu karakter yang menghalangi dua karakter utama agar bersatu. Namun, dalam kehidupan nyata, pacar dari orang yang kamu cintai bukanlah tokoh antagonis dan bukan penghalang.

Menjadikan pacar orang yang kamu cintai sebagai perebut akan membuatmu semakin kepikiran dengan orang itu. Bisa jadi, kamu malah jadi halu bahwa kamu sebenarnya masih bisa mendapatkan hati orang yang kamu cintai itu. Nah, lebih baik kamu menerima bahwa orang yang kamu cintai sudah punya sosok spesial di hatinya terlepas kalau kamu mencintai orang itu. 

Janji Kalau Kamu Nggak Mau Jadi Orang Ketiga

Terkadang ada perasaan yang akan membuatmu tergoda untuk menjadi orang ketiga dari orang yang kamu cintai itu. Kamu harus berjanji pada diri sendiri kalau kamu nggak mau dijadikan orang ketiga meskipun kamu cinta dengan dia.

Meskipun orang itu nggak selingkuh denganmu, tetapi bisa jadi perasaan ini muncul ketika dia dan pacarnya ada masalah atau sering menjelek-jelekkan pacarnya. Tahan dirimu agar nggak jadi cikal bakal perusak hubungan orang lain.

5 dari 7 halaman

Tips saat Jatuh Cinta dengan Pacar Orang © Diadona© 2024 shutterstock.com/aslysun

Ingat Karma yang Ada

Kalau kamu punya pikiran untuk mengungkapkan cintamu pada orang itu, sebaiknya kamu pikir-pikir terlebih dahulu.

Kamu bisa memikirkan bagaimana kalau orang tersebut akan tetap menerima perasaanmu meskipun sudah punya pacar. Ingatlah kalau karma itu benar-benar ada yang bisa saja kamu dapatkan dari pacar orang itu.

Lagipula, bagaimana bila kondisinya dibalik? Pacarmu disukai oleh orang lain dan orang tersebut mengungkapkannya kepada pacarmu, entah dengan tujuan apa.

Jangan Memendam Perasaan Terlalu Lama

Nggak semua orang bisa berakhir bahagia dengan orang yang dia cintai, apalagi kalau dia sudah jadi pacar orang. Hal ini bisa membentuk serangkaian emosi yang bikin kamu merasa sakit karena kamu mungkin sudah mencintainya sejak lama.

Maka dari itu, lebih baik kamu coba untuk melupakan orang itu. Kalau kamu sudah yakin nggak akan bisa berakhir bahagia dengan orang yang kamu cintai, hilangkan pikiran imajinasimu tentang berpacaran dengannya atau tetap berteman dengannya seperti dulu.

6 dari 7 halaman

Tips saat Jatuh Cinta dengan Pacar Orang © Diadona© 2024 shutterstock.com/Kmpzzz

Pahami Kalau Rasa Cintamu Cuma Sementara

Rasa cinta yang dimiliki seseorang terutama ketika hanya sebatas naksir tentunya nggak akan bertahan lama. Terlebih lagi kalau orang yang kamu cintai sudah jadi pacar orang.

Kamu bisa yakinkan dirimu sendiri kalau kamu akan segera move on. Sebesar apapun rasa sakit yang kamu punya, ketahuilah kalau rasa cinta yang kamu punya nggak akan bertahan selamanya.

Carilah Dukungan Emosional dari Orang Terdekat

Untuk mengobati rasa sakit yang kamu rasakan ketika jatuh cinta dengan pacar orang, kamu bisa cari dukungan emosional dari orang terdekat. Hubungilah teman dekat atau keluargamu agar kamu nggak memendam rasa sakitmu seorang diri.

Nah, orang-orang tersebut bisa memberi kamu nasihat, sudut pandang yang berbeda, atau sekadar jadi pendengar yang baik. Dukungan itu bisa bantu kamu memproses emosi yang kamu rasakan.

 

7 dari 7 halaman

Tips saat Jatuh Cinta dengan Pacar Orang © Diadona© 2024 shutterstock.com/Have a nice day Photo

Fokus Pada Perbaikan Diri

Kamu bisa mengisi waktumu untuk melakukan hal-hal produktif yang bermanfaat. Menjalankan aktivitas yang bisa membuat kamu lebih baik bisa membantu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri kamu.

Setelah kamu disibukkan dengan hal-hal produktif itu, hal ini bisa jadi pengalih perhatian kamu dari orang yang kamu cintai dan mendorong pengembangan dirimu sendiri menjadi sosok yang lebih baik.

Belajar untuk Menerima yang Terbaik

Kamu pasti menginginkan untuk mendapatkan yang terbaik bagi dirimu sendiri. Namun, ketika kamu jatuh cinta dengan pacar orang, kamu nggak boleh egois pada dirimu sendiri.

Kamu bisa coba untuk melupakannya dan move on atau tetap berhubungan dengannya sebagai teman biasa. Kalau kamu tetap egois dan berharap orang yang kamu cintai itu akan meninggalkan pacarnya demi kamu, hal itu nggak akan baik buat dirimu sendiri.

Tanamkan Kesabaran Dalam Dirimu

Kamu perlu memahami kalau menyembuhkan rasa sakit karena jatuh cinta dengan pacar orang tentunya perlu waktu. Bersabarlah dengan diri sendiri dan percaya bahwa seiring berjalannya waktu, emosi dan rasa sakit yang kamu punya akan menjadi lebih baik.

Meskipun saat ini mungkin rasanya menyakitkan, tetapi hanya bersifat sementara, kok! Kamu bisa fokus melakukan hal-hal lain yang kamu suka dan percaya kalau kamu akan menemukan kebahagiaanmu sendiri.

Ketika kamu jatuh cinta dengan pacar orang, rasanya akan berbeda ketika kamu merasakannya dengan orang yang masih single. Kamu perlu berhati-hati dengan sikap yang akan kamu ambil dengan mempertimbangkan perasaan orang yang kamu cintai dan pacarnya. Stay strong and good luck, Diazens!

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar