Tak Selamanya Jadi Bumerang, 9 Hal Ini Justru Bikin Pertengkaran dengan Pasangan Lebih Sehat

Reporter : Arifina
Senin, 12 Desember 2022 08:00
Tak Selamanya Jadi Bumerang, 9 Hal Ini Justru Bikin Pertengkaran dengan Pasangan Lebih Sehat
Bertengkar itu wajar kok, malah ada yang lebih sehat nih!

Menjalani biduk rumah tangga itu tidak mudah. Biasanya, pertengkaran akan mulai terjdi ketika memiliki anak nih!

Tapi, bertengkar dengan pasngan tidak selamanya menjadi bumerang, lho! Perbedaan pendapat justru menjadi bumbu-bumbu hubungan lebih langgeng.

Bahkan, pertengkaran dengan pasangan yang sehat bisa terjadi. Kok bisa? Berikut 9 hal yang bisa membuat pertengkaran dengan pasangan menjadi lebih sehat!

1 dari 9 halaman

1. Beri Jeda

Jika kamu sudah mulai bertengkar dengan pasangan, jangan langsung berapi-api hingga memberikan tudingan macaam-macam. Tariklah napas sejenak, dan beri waktu untuk diri sendiri terlebih dulu.

Jika perasaan lebih tenang, maka kamu akan bisa berbicara dengan kata-kata yang lebih tepat tanpa harus memberikan tudingan kepada pasangan akan masalah yang terjadi. Dengan menunda bentakan juga bisa membuat pertengkaran batal lho!

2 dari 9 halaman

2. Jangan Ragu Meminta Maaf

Ilustrasi Pasangan Minta Maaf © Diadona

Kalau memang salah, segeralah minta maaf dan hindari kata “ tapi”. Sebab kata “ tapi” justru membuat minta maaf terasa tidak tulus.

Akui sja kesalahanmu, jika ada unek-unek yang ingin disampaikan, sampaikan di saat terpisah. Lewat chat atau saat pillow talk misalnya. Awali dengan kalimat yang lembut, seperti “ maaf ya aku salah, tapi aku juga sedih lho kamu …” (ungkapkan alasannya).

3 dari 9 halaman

3. Hindari Menerka-Nerka Keadaan

Sudah ada pertengkaran, kamu justru menerka-nerka keadaan? Maka itu wajib dihilangan. Lebih baik, jangan menerka-nerka apa yang psanganmu sedang rasakan.

Kalimat seperti “ kamu pasti …” itu bentuk menuduh. Sebaiknya, tanya apa yang ia rasakan “ jadi kamu kenapa?”. Itu salah satu menjadikan pertengkaranmu lebih sehat.

4 dari 9 halaman

4. Fokus Pada masalah Pertengkaran

Biasanya, pertengkaran utu juga akan memunculkan hal-hal lama untuk diungkit. Nah, hal seperti ini harusnya dihindari ya!

Kamu justru perlu mengulangi pada fokus masalah yang jadi bahan pertengkaran. Misal “ jadi ini masalahnya tentang kamu yang nggak mau bantu cuci botol ya!” hindari perdebatan soal lainnya.

5 dari 9 halaman

5. Selesaikan Masalah Satu Per Satu

Ilustrasi Pasangan Bertengkar © Diadona

Jika tengah berada dirundung masalah, alangkah lebih baiknya jika kamu dan pasangan bisa menyelesaikan masalah satu per satu. Hal ini agar tidak melebar ke mana-mana lalu fokus mencari solusi untuk masalah itu.

Kalau memang sudah terlalu lelah, berhenti saja dulu dan lanjutkan untuk membahasnya lain kali.

6 dari 9 halaman

6. Gantian Bicara

Perdebatan antar pasangan kadang kala membuat egois dan menang sendiri. Hal ini perlu untuk dipahami ya!

Namanya berdebat, maka kamu dan pasangan perlu bergantian bicara. Beri kesempatan pada pasanganmu untuk mengungkapkan juga isi hatinya dan jangan mendominasi perdebatan.

7 dari 9 halaman

7. Hindari Saling Menyalahkan

Biasanya pertengkarn dalm rumah tangga itu terjadi karena hal sepele. Misal, perkara bersih-bersih rumah atau penatan tempat.

Nah, dalam hal ini kamu jangan terus menerus saling menyalahkan. Hindari kalimat semacam “ oh menurut kamu aku nggak bener beresin rumah? Kamu pikir kamu rapi banget kalau beresin rumah?”

Kalau seperti itu justru akan membuat masalah tidak selesai. Klian sebagai pasangan malah akan terus menerus saling membalikkan masalah saja, lho!

8 dari 9 halaman

8. Berpelukan

Ilustrasi Pasangan Berpelukan © Diadona

Ini bisa jadi salah satu cara termpuh untuk meredkan masalah dengan pasangan, lho! Berpelukan di tengah pertengkaran akan membuat jeda ketika kamu dan pasangan sedang di fse tinggi-tingginya dalam pertengkran.

Bagaimana pun, bertengkar itu melelahkan kan. Buang gengsi satu sama lain, cobalah berpelukan dan setelah tenang mulailah untuk berbicara dengan perkataan yang lebih baik ya!

9 dari 9 halaman

9. Akhiri dengan Pertanyaan "Masih Ada yang Mau Disampaikan?"

Pertanyaan “ masih ada yang mau disampaikan?” ini bisa menjadi cara jika pertengkaran sudah terlalu memanas. Setidaknya, dengan begitu kamu dan pasangan akan melakukan jeda sejenak.

Karena, pertengkaran itu membuang waktu dan energi. Simpan saja untuk hal yang lebih penting.

Seperti mode bahagia yang menular, proses menyampaikan pendapat lebih kalem dalam menghadapi masalah juga menular. Ketikalebih santai dalam menghadapi konflik, pasangan kita lama kelamaan juga bisa ikut santai, kok!

Beri Komentar