Tak Selamanya Indah, Ini 4 Alasan Psikologis Cinta Bisa Memudar

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 27 Januari 2021 22:00
Tak Selamanya Indah, Ini 4 Alasan Psikologis Cinta Bisa Memudar
Alasan mengapa rasa cinta bisa memudar.

Kehidupan percintaan umumnya yang bisa terlihat adalah rona bahagia yang selalu mewarnai di setiap hari menghabiskan waktu bersama. Namun jangan salah, ada kalanya ungkapan 'tak selama kehidupan cinta selalu indah' mungkin saja terjadi.

Yap, adakalanya kita sebagai perempuan yang memiliki pasangan merasakan luka mendalam serta merasakan cinta perlahan memudar. Lalu, apakah penyebabnya? Dapatkah sikap ini dicegah? Melansir dari Hellosehat pada Rabu (27/1/2021), berikut ini adalah 4 alasan psikologis yang melatarbelakanginya.

1 dari 4 halaman

1. Kenyataan Hidup

Ilustrasi Perempuan Bekerja © Diadona

Menghadapi peliknya kenyataan hidup terjadang membuat kita jadi super sibuk. Berharap mampu memberikan yang terbaik buat pasangan, namun faktanya banyak pasangan yang tidak bisa membagi waktu dengan baik. Akibatnya, mereka merasa bahwa tidak memiliki pasangan untuk berbagi. Dari situlah timbul rasa curiga satu sama lain hingga memunculkan pemikiran-pemikiran negatif. Tentu, hal ini dengan mudah akan mengikis rasa cinta terhadap pasangan secara perlahan.

2 dari 4 halaman

2. Komunikasi

Ilustrasi Komunikasi dengan Pasangan © Diadona

Saking sibuknya, kita terkadang melupakan arti penting komunikasi dalam hubungan. Komunikasi sebagian besar menjadi masalah utama. Menurut ahli psikologi Will Meek komunikasi adalah hal yang paling penting tentang bagaimana kita membagi apa yang sedang kita fikirkan dan bagaimana kita memahami perasaan orang lain. Tak selalu harus bertemu, komunikasi adalah tentang bagaimana bertukar fikiran serta mengutarakan perasaan masing-masing. Lanjutnya, hal ini akan berpengaruh pada progres cinta pasangan.

3 dari 4 halaman

3. Waktu yang Kian Bergulir

Tambahan Waktu © Diadona

Faktor perasaan menjadi penentu paling pentiung dalam menjalin hubungan cinta. Menurut Lisa Firestone yang merupakan seorang ahli psikoterapi, cinta mungkin tidak menghilang dari kehidupan asmara, namun perasaan cinta terhadap pasangan bisa berubah seiring bergulirnya waktu. Yap, intensitas perasaan cinta akan sangat berbeda dari saat awal bertemu hingga waktu berjalan kian menjadikan cinta itu sendiri memudar dengan sendirinya.

4 dari 4 halaman

4. Perubahan dalam Diri

Ilustrasi Pasangan Bertengkar © Diadona

Alasan memudarnya perasaan cinta juga bisa datang dari perubahan diri pasangan. Tahu gak sih, kalau saat kamu jatuh cinta, hal itu akan menutup rapat semua sikap buruknya terhadapmu. Namun, setelah mengetahui tabiat asli dari pasanagn hal itu akan bisa berpotensi untuk melunturkan rasa cinta. Hal ini juga mengalihkan perasaanmu terhadap hal yang tidak disukai dari pasangan dan ini akan sangat berpengaruh pada hubungan cinta yang sedang terjalin.

Tentu, setiap pasangan akan memiliki cara yang berbeda dalam menghadapi masalah hubungannya. Semoga, kamu dan pasangan selalu diberikan jalan terbaik dalam menjalin hubungan asmara ini ya. Semangat!

Beri Komentar