Saat Memilih Pasangan, Sebaiknya Berdasarkan Cinta atau Uang?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 2 Mei 2020 12:15
Saat Memilih Pasangan, Sebaiknya Berdasarkan Cinta atau Uang?
Keduanya sama-sama penting sih..

Memilh pasangan hidup memang nggak bisa sembarangan. Pepatah orang Jawa bahkan menyatakan bahwa bibit, bobot, dan bebet pasangan itu penting.

Tapi secara umum, ada dua hal yang seringkali jadi 'dasar' dari pemilihan pasangan yakni uang dan cinta. Menurutmu mana sih yang lebih penting?

1 dari 3 halaman

Merangkum dari Black Enterprise, Merrill Edge telah melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara uang dan cinta terhadap kriteria pemilihan pasangan hidup. Hasilnya, sekitar 56% responden lebih memilih pasangan yang aman secara finasial, sedangkan 44% lainnya memilih pasangan atas dasar cinta.

Penelitian ini juga mengungkap bahwa 63% responden lebih memilih pasangan yang berfokus pada kariernya. Sedangkan sisanya (37% responden) cenderung memilih pasangan yang peduli akan kehidupan sosialnya.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Pasangan Jatuh Cinta © Diadona

Aron Levine, kepala Consumer Banking & Merrill Edge mengungkapkan jika banyak orang beranggapan bahwa tabungan masa depan itu penting. Sehingga mereka cenderung memilih pasangan yang bisa menjaga dan mempertahankan kondisi keuangannya.

Meski demikian, membicarakan masalah keuangan dengan pasangan ternyata nggak mudah juga lho. 60% reseponden mengaku jika mereka jarang membicarakan soal utang kepada pasangan, 57% jarang membicarakan soal gaji, dan 55% jarang membicarakan tentang investasi.

3 dari 3 halaman

Memilih pasangan berdasarkan jaminan masalah ekonomi tentu aja nggak salah, tapi tentu aja ada beberapa hal yang tetap memerlukan keterbukaan. Para ahli menyatakan bahwa sebaiknya kamu dan pasangan tetap terbuka masalah utang ataupun rencana investasi di masa depan.

Apalagi dengan kondisi perekonomian di zaman sekarang ini, keterbukaan masalah ekonomi dengan pasangan itu sangat penting lho.

Beri Komentar