Padahal Sudah Punya Pasangan, Kenapa ya Pria Kebanyakan Suka Lirik Perempuan Lain?

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 29 April 2021 19:00
Padahal Sudah Punya Pasangan, Kenapa ya Pria Kebanyakan Suka Lirik Perempuan Lain?
Sebel dong pastinya kalau pasangan suka main lirik-lirik perempuan lain.

Ada yang bilang kalau rasa ketertarikan terhadap orang lain akan lenyap begitu saja sejalan saat kita menjajaki sebuah komitmen, baik itu hubungan dengan pacar atau berumah tangga.

Namun kenyataannya tak demikian. Ketertarikan muncul karena naluri alami manusia yang akan tetap ada, terlebih pada setiap pria yang notabennya adalah makhluk visual.

1 dari 5 halaman

Saat kita melihat orang lain, otak secara alami ikut memproses informasi visual dan membuat penilaian berdasarkan daya tarik orang yang berada di hadapan kita. Uniknya, otak pria secara alamiah lebih peka terhadap keindahan dan kecantikan, terutama para perempuan.

Menurut Daniel Prager, akademisi dan presiden Prager University di Amerika Serikat, insting inilah yang mendorong pria lebih memilih untuk melirik perempuan lain. Ia juga mengungkapkan bahwa tak peduli seberapa kuatnya hubungan mu dan pasangan, saat ini pria heteroseksual memang dirancang secara naluriah untuk menginginkan lebih dari satu perempuan.

2 dari 5 halaman

Lho, kok bisa gitu ya? Emang gak cukup satu perempuan saja kah?

Mungkin ini menjadi tanda tanya besar bagi kita para kaum hawa. Mengapa hal ini bisa terjadi. Bisa dinilai sederhana, hal ini lantaran perempuan itu adalah " perempuan lain" . " Perempuan lain" di sini bukan berarti target potensial untuk berselingkuh ya, namun benar-benar dalam arti harafiahnya bahwa memang ada perempuan-perempuan lain di dunia ini selain kamu seorang.

Jadi, tak heran dong kalau pria, meski paham benar sudah punya pasangan, akan selalu tertarik atau mengagumi perempuan lain karena memiliki penampilan yang lain dari apa yang selalu ada di sampingnya.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasangan Marah © Diadona

Bahkan pria-pria yang dalam hubungan paling harmonis sekalipun tetap berpotensi untuk menemukan beberapa perempuan di luar sana lebih menarik dibanding pacar atau istri mereka sendiri, lho. Tapi catat dan ingat baik-baik! Ini bukan pertanda kalau dia ingin selingkuh lho ya.

Insting " lirik perempuan lain" akan terus melekat pada diri pria sampai kapan pun. Sama halnya seperti orang-orang yang menginginkan kebahagiaan yang tidak dapat mereka dapatkan sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Berapa lama seorang pria bisa tertarik pada perempuan lain?

Sebuah penelitian tahun 2009 terbitan Archives of Sexual Behavior mengemukakan bahwa durasi pria memandang perempuan bisa mengukur seberapa tertariknya ia pada perempuan tersebut. Periset menemukan bahwa rata-rata pria akan memandang wanita selama 8,2 detik jika ia benar-benar merasa tertarik dengannya, sementara mereka akan memandang kurang dari 4 detik jika tidak begitu terpesona.

5 dari 5 halaman

Umumnya dibutuhkan waktu rata-rata tujuh detik untuk otak memutuskan apakah kita tertarik pada seseorang ataukah tidak. Michele Barton, seorang psikolog kesehatan klinis di Psychology Life Well di Harrison, N.Y., menyarankan bahwa sangat biasa bagi pria untuk melirik perempuan lain sekitar lima sampai sepuluh detik sebelum perhatiannya teralihkan kembali ke tempat semula.

Jadi jika pasanganmu termasuk suka melirik perempuan lain, jangan terlalu mempermasalahkannya ya, karena itu bagian dari naluri. Begitu pula dengan kita para perempuan yang akan tertarik pada ketampanan sosok pria serta fisik yang melekat padanya walau dia bukanlah pasangan kita.

 

Beri Komentar