Cara Izin ke Orangtua biar Dibolehin Jalan hingga Liburan Bareng Teman, Cobain deh!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 28 April 2021 20:05
Cara Izin ke Orangtua biar Dibolehin Jalan hingga Liburan Bareng Teman, Cobain deh!
Auto dapet izin dah!

Mau liburan, tapi takut buat izin kepada orangtua? Maunya seneng-seneng dulu, tapi kok takut ya dengan anggapan buruk mereka?

Eits nggak perlu berkecil hati. Kamu bisa kok memberikan pemahaman secara baik-baik kepada mereka bahwa kamu sedang ingin rileks dari segala rutinitas baik sekolah dan pekerjaan. Yap, jangan sungkan untuk meminta izin kepada orangtua perihal rencana liburanmu bareng teman.

Tapi ingat, sebelum meminta izin, alangkah baiknya kamu memahami dulu keadaan serta situasi yang sedang terjadi di rumah ya. Jangan langsung minta izin juga, berikut ini beberapa tips berbicara baik-baik kepada orangtua untuk meminta izin liburan bareng teman.

1 dari 7 halaman

Ciptakan image baik pada dirimu jauh-jauh hari

Jauh hari sebelum pergi, kamu harus jadi anak baik di rumah, Girls. Misalnya bantu-bantu ibu untuk melakukan pekerjaan rumah, atau menemani ayah nonton bola dan membuatka kopi di sore hari.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan kebiasaan dirimu yang baik selama di rumah agar nanti saat minta izin orangtua mereka tak segan mengiyakan. Yap, lakukan kebiasaan ini dengan rutin dan terus menerus sehingga kesan anak baik melekat pada dirimu. Bisa jadi, perbuatan baikmu selama ini bisa jadi pertimbangan untuk orangtua.

2 dari 7 halaman

Jelaskan seputar rencana liburanmu dan siapa saja yang ikut pergi

orangtua remaja © Diadona

Sebaiknya, jelaskan pada orangtua secara detail rencana liburanmu. Beritahu mereka tempatmu menginap, wisata yang akan dikunjungi serta nomor kontak temanmu yang ikut pergi. Ingat, jangan sesekali berbohong, dengan demikian orangtua nggak bakap was-was lantaran mengetahui jelas rencana perjalanan liburan kamu.

3 dari 7 halaman

Yakinkan orangtua kalau pergi liburan bisa membuat dirimu jauh lebih baik

Tak sekedar liburan semata, kamu bisa banget tuh meyakinkan orangtua bahwa liburan yang akan kamu lakukan bisa menjadi obat mental serta merilekskan pikiran yang kalut karena urusan sekolah atau pekerjaan. Tak hanya itu, dengan liburan kamu juga akan dihadapkan dengan kedewasaan yang secara tak langsung akan kamu lalui.

Kamu akan dihadapkan dengan situasi yang berbeda dan belajar menemukan solusi saat masalah terjadi. Selain mandiri, kamu juga belajar bagaimana caranya bekerja sama dengan baik.

4 dari 7 halaman

Perhatikan situasi dan kondisi sebelum minta izin

Saat akan meminta izin, pastikan dulu kalau mood orangtua mu lagi baik. Yap, pastikan dulu kalau kondisi rumah sedang ceria dan gembira. Perhatikan mood orangtua supaya izin pergi bisa didapat dengan mudah.

Jelaskan dengan baik alasan kamu ingin liburan. Harus diingat, jangan pernah merengek ya. Kalau minta izin dengan merengek, bukan restu yang di dapat, tapi malah omelan dari mereka.

5 dari 7 halaman

Jaga kepercayaan ortu yang telah diberikan

Ilustrasi orangtua dan anak remaja © Diadona

Ini yang paling penting, semua adalah perihal menjaga kepercayaan. Ingat, kamu adalah anak perempuan, nasihat dan wejangan orangtua pasti lebih panjang daripada anak cowok. Jangan sesekali menyalahgunakan kepercayaan orangtua yang sudah diberikan, supaya mereka tahu kalau kamu memang anak yang amanah dan nggak neko-neko.

6 dari 7 halaman

Bawa oleh-oleh untuk orangtua saat pulang ke rumah

Saat tiba waktunya pulang, jangan lupa bawa oleh-oleh untuk orangtua ya. Setidaknya kamu bisa membagi rasa senang selama liburan dengan bawa buah tangan untuk mereka. Jadi kalau kedepannya ingin minta izin lagi, kamu bisa lebih mudah mendapatkannya. Simple bukan?

Semoga kamu segera dapat izin orangta biar bisa merasakan nikmatnya liburan yak! Semangat!

 

7 dari 7 halaman

Beri Komentar